Menghapus malware di Windows dengan Malwarebytes Anti-Malware

Kemarin malam saat saya mencoba sebuah program baru tidak disangka menjadi musibah setelah proses instalasi, walau pada proses instalasi seluruh opsi yang akan menginstall program lain dan toolbar sudah tidak dicentang. Ternyata installer program ini disisipi malware untuk membajak komputer yang akan langsung aktif saat anda menginstall program yang ditumpanginya.

installer-trap-toolbar-malware

Anda bisa melihat bahwa persetujuan pada installer software ini sangatlah menjebak, walau anda tidak mencentang produk yang ditawarkan ternyata ada pilihan lain yang patut diwaspadai. Terdapat tulisan yang menyatakan kalau anda menekan tombol “I Accept” maka anda telah setuju untuk menginstall toolbar untuk browser, pilihan ini bila tidak anda baca dengan baik maka kita bisa mengasumsikan bahwa tombol ini untuk melanjutkan proses instalasi program. Saya sendiri terkena jebakan installer software ini, pilihan yang benar adalah dengan menekan tombol “I Decline” untuk menolak instalasi toolbar browser, pilihan ini seakan – akan kita akan membatalkan proses instalasi. Tentu kebanyakkan orang akan memilih “I Accept” apalagi pada saat itu kita membutuhkan program tersebut.

Malware yang diinstall disini berbentuk toolbar di Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer dan browser populer lainnya. Masalah seperti ini membuat saya menyadari bahwa komputer kita selalu dalam resiko terjangkit malware seperti worms, trojans, rootkits, rogues, dialers, spyware, toolbar dan banyak lagi. Apalagi kalau kita terbiasa mencoba program baru dan bajakan dengan crack, patch dan keygennya tanpa melakukan verifikasi aman tidaknya file tersebut.

Untunglah Malwarebytes Anti-Malware (MBAM) bisa menyelamatkan komputer anda dari serangan software pengganggu ini. Versi gratis dari program ini sudahlah cukup untuk mengatasi masalah malware di Windows.

malwarebytes-anti-malware-choose-version

Tampilan program ini sederhana dan tidak bertele – tele, scan malware bisa langsung dilakukan dari interfacenya.

malwarebytes-anti-malware

Saya sarankan anda mengupdate definisi malware terlebih dahulu untuk meningkatkan akurasi penghapusan software yang tidak diinginkan, pilih tab Update untuk melanjutkan.

malwarebytes-anti-malware-update

Klik pada tombol “Check for Updates” untuk melihat apakah MBAM perlu melakukan update program, bila iya maka anda bisa mengupdatenya.

malwarebytes-anti-malware-updating

Melakukan scan yang cepat bisa dilakukan dengan memilih “Perform quick scan” dan klik tombol Scan. Tipe pencarian cepat sebenarnya sudah cukup untuk mencari dan menghapus software yang memiliki tujuan dan fungsi jahat di komputer anda, partisi harddisk yang menjadi tujuan quick scan ini adalah drive C saja. Bila anda ingin scan malware secara menyeluruh pada semua partisi harddisk silahkan pilih “Perform full scan”.

malwarebytes-anti-malware-scanning

Bila proses scan malware selesai anda bisa melihat laporannya. Anda bisa melihat hanya dengan salah memilih opsi di installer saya mendapatkan kejutan hadiah toolbar, trojan, file registry yang dimodifikasi dan entah apa lagi sebanyak 117 buah. Sungguh merupakan harga yang mahal untuk kesalahan kecil dan ini hanya dari satu program, apalagi kalau kita sering mencoba – coba program baru.

malwarebytes-anti-malware-scanning-result

Sekarang anda saatnya menghapus malware yang terdeteksi, sebaiknya anda pastikan juga dengan melihat satu – satu file apa saja yang dikenali untuk mencegah salah hapus. Beri centang pada setiap malware, dan klik “Remove Selected” untuk menghapusnya dan memperbaiki komputer anda dari malware. Biasanya proses penghapusan ini tidak bisa dilakukan saat itu juga, maka anda akan diinformasikan untuk merestart PC anda untuk melanjutkan proses penghapusan nanti karena malware tersebut sekarang sedang aktif.

Anda bisa melihat malware yang belum berhasil dihapus akan diletakkan pada bagian “Quarantine”, hapus semuanya dengan menekan tombol “Delete All”, pilih “Restore” bila MBAM salah mengenali file malware.

malwarebytes-anti-malware-quarantine

Bila anda ingin melihat catatan untuk setiap proses yang diterapkan pada setiap malware yang berhasil dikenali bisa dilihat pada bagian “Logs”.

malwarebytes-anti-malware-logs

Pilih log pada waktu anda melakukan proses scan dan penghapusan malware, dan klik “Open”. Maka akan otomatis terbuka file log MBAM dengan format teks di notepad, anda bisa mempelajari lebih lanjut nasib setiap malware tersebut disini.

malwarebytes-anti-malware-log-file

Kesimpulannya Malwarebytes Anti-Malware ini benar – benar ampuh untuk mengatasi program yang bertujuan jahat di komputer anda, proses scan berlangsung cukup cepat dan akurasi deteksi malwarenya sangatlah baik. Cara? menghapus malware di komputer menggunakan Malwarebytes Anti-Malware ini berlangsung tanpa ada hambatan, tidak ada sisanya bila anda menghapus malware secara menyeluruh.

66 pemikiran pada “Menghapus malware di Windows dengan Malwarebytes Anti-Malware”

    • Kalau mas sudah niat install ulang ya ga perlu discan mas, langsung install ulang dan pasang antivirus yang jos seperti Avast atau Panda. Sayangnya MBAM ini untuk proteksi aktifnya harus berbayar.

  1. min , gw udh pake banyak anti-malware kaga ilang-ilang juga..
    laptop ane udah pernah kena malware ampe 3x… pertama n kedua beres gampang lah ga perlu pake anti-malware. eh yg ketiga kagak ngilang-ngilang.. pake malwarebytes yg terbaru jg ga bisa… itu gimana ya min? nama malwarenya yeabest.cc
    uninstall yeabestnya udah, reset setting udah, scan juga udah kurang apalagi ya min?

    Balas
    • Oh… ini bajak browser ya malwarenya.

      Mas sudah klik kanan dan cek Properties shortcut programnya apa tidak mengarah ke yeabestnya? Pada baris Target. Ini wajar tidak dianggap virus lagi karena cuma parameter menjalankan browser.

  2. Mas saya mau tanya kemarin kan udah pake aplikasi itu udah di scan trs di remove malwarenya kq laptop saya jdi gk bisa istal aplikasi trs control panel,task manager ga berfungsi file di local dicsk c juga ga bisa di hapus itu knapa ya tolong mas..

    Balas
  3. Mas mau nanya chrome saya kena search engine dari luckystart trus mau di ubah ke google ga bisa . Udah saya scan pake malwarebytes trus udh di karanyina tetapi masih tidak bisa di ubah ke chrome search engine nya

    Balas
    • Pakai Windows apa mas? Tidak dapat proses run ini maksudnya tidak bisa dijalankan scannya atau ada pesan error muncul?

    • Mas, mau tanya, di laptop saya kena virus, jdi ekstensinya kerubah semua, ketika diklik ngga bisa, ketika dicoba solusi lain, yaitu dirubah ekstensinya secara manual, tetap tidak berefek. Ada solusi ga mas utk yang seperti ini?

  4. min saya kan udh download udh scan mucul tuh sktr 400 an nah karna saya gk ngerti, saya hapus semua tp ada yg masuk ke karantuna juga. sudah saya restart dll tp malah lptop saya gajelas mas, kalo buat download sering jadi 0 byte disemua browser trs kadang muncul pesan rundll eror task apa gtu saya lupa, trs juga mesin lptop jdi kenceng suaranya gak kaya biasanya. gmana nih mas bisa bantu?

    Balas
    • Waduh… saran saya kalau sudah kaya gini, lebih baik mas install ulang Windowsnya. Dan wajib pakai antivirus setelahnya.

  5. scan malwarebytes paling lama berapa menit sih ? saya udah 4 jam ko blm selesai”.. item scenednya jga segitu” aja.. tolong pencerahannya ?

    Balas
  6. Alhmdulilah puji syukur punya saya aman2 saja dari dulu sampe skrang pc saya baik2 saja semenjak pake malwarebytes setiap sudah terasa lemot 1 bulan se x coba di scan biar terdeteksi..jika terdeteksi biar langsung di hapus

    Balas
    • Memang ampuh Malwarebytes ini. Tapi kalau sudah diterinfeksi parah, sebaiknya data penting dibackup dulu. Kadang file sistem operasi akan ikut dihabisi juga.

  7. assalamualikum min. ini saya baru – baru ini uninstal malwarebytes 5, tapi saya lupa masih banyak fill saya yang belum ke restore, terus saya instal lagi lalu saya scan lagi tapi tidak terdeteksi sama sekali.
    mohon bantuan nya.
    trimakasih.!

    Balas
  8. laptop saya kena virus .karl setelah saya scan pake malwarebytes sebagian hilang, sebagian lagi masih ada. yang jadi masalah file saya ikut hilang

    Balas

Tinggalkan komentar