Antara Shopee dan asuransi pengiriman barang

Advertisements

Sering belanja di Shopee belum tentu memahami segala kebijakan dan detail sistemnya. Hal ini baru saya pahami saat melihat sharing teman yang jualan di Shopee, dimana barang pesanannya dinyatakan hilang oleh ekspedisi.

Harapannya, solusi win-win itu uang buyer refund karena pesanan gagal disampaikan dan tentunya seller mendapatkan ganti rugi sesuai nilai barang yang dihilangkan.

shopee opsi pengiriman

Kenyataannya yang terjadi adalah uang pembeli dikembalikan penuh, tapi si penjual gigit jari karena harus mengurus klaim ganti rugi sendiri ke pihak ekspedisi.

Advertisements

Disini terlihat betapa pentingnya ada asuransi apalagi untuk barang-barang mahal, selain melindungi buyer juga seller apabila terjadi masalah dalam proses pengiriman paket oleh kurir.

Terus kalau mau asuransi di Shopee bagaimana caranya? Saya kutip dulu dari sumber resminya: https://help.shopee.co.id/s/article/Apakah-produk-pesanan-saya-dilindungi-oleh-asuransi

Apakah produk pesanan saya dilindungi oleh asuransi?

Asuransi pengiriman digunakan untuk melindungi transaksi Anda. Layanan ini akan melindungi produk dari kendala seperti barang hilang dan/atau rusak selama proses pengiriman oleh pihak jasa kirim.

Ongkos pengiriman yang tertera di aplikasi Shopee belum termasuk biaya asuransi. Apabila Anda ingin menggunakan asuransi, silakan menghubungi Penjual dan Anda mungkin perlu membayar biaya tambahan.

Ya, kita harus koordinasi ke penjual agar nanti saat menyerahkan barang ke ekspedisi agar ditambahkan biaya asuransi. Apapun jasa pengiriman yang disediakan Shopee: J&T Express, JNE, AnterAja, ID express, Standar Ekspres, Sicepat, Ninja Xpress, Shopee Express dan sebagainya.

Berapa biaya asuransi pengiriman? Cukup murah sebenarnya, jadi jangan menganggap sekian ribu rupiah itu boros karena apa yang dijamin nilainya jauh lebih besar lagi. Secara umum dikenakan tarif 0.4% dari harga barang, misalkan barangnya Rp. 1.000.000 maka perlu membayar Rp. 4.000 saja.

Memang agak repot dibandingkan Tokopedia yang bekerjasama dengan Tokio Marine, tinggal aktifkan saja pada saat checkout dan fee akan otomatis ditambahkan. Tapi jasa asuransi mereka bukan dari ekspedisi, klaimnya via marketplace langsung.

Sekarang bagaimana nasib teman saya? Ya masih repot followup dari JNE. Tahu sendiri lah proses komplain dan klaimnya bisa lama balasnya. Sudah berjalan 2 minggu sejak melaporkan masalahnya walau bukti-buktinya sudah dikirimkan lengkap. Yang ditakutkan teman saya cuma ditanggung 10 kali lipat ongkos kirimnya, jelas rugi bandar ini.

Jadi tulisan ini sekadar peringatan saja bahwa selama ini lancar bukan berarti tidak akan mengalami. Bukan masalah kemungkinan terjadi, tapi cuma kapan terjadinya.

Advertisements

Tinggalkan komentar