Solusi “abnormal program termination”

Pernah mengalami error dengan pesan kesalahan “abnormal program termination” saat menjalankan suatu program di Windows? Baru – baru ini saya diminta tolong solusi memperbaiki game Modoo Netmarble yang rusak karena error ini.

Secara lengkap pesan kesalahannya adalah seperti berikut:
Microsoft Visual C++ Runtime Library
Runtime Error
Program: C:\CJ Netmarble\ModooMarble\ModooMarble.bin
abnormal program termination

Masalahnya tidak ada kode error yang menemani pesan kesalahan seperti biasanya (contohnya R6002). Nah… ada beberapa cara umum yang bisa anda coba untuk mengatasi hal ini, silahkaan dipilih yang paling mudah menurut anda dan tidak harus urut:

  • Bersihkan seluruh Microsoft Visual C++ Runtime Library dan install ulang seluruhnya. Kadang ada file dari sistem operasi Windows yang korup atau rusak dan perlu diganti yang baru.
  • Install atau update Microsoft .NET Framework. Karena program di Windows biasanya menggunakan rangka kerja dari Microsoft untuk pengembangannya kalau ada perbedaan versi maka bisa menjadi penyebabnya.
  • Install ulang aplikasi yang mengalami error tersebut, kadang ini hanya masalah proses instalasi yang tidak berjalan sempurna. Jangan lupa restart komputer setelahnya.
  • Cari alternatif lain dari software yang bermasalah, ini bisa mencari versi terbaru atau malah yang sebelumnya.

Masih tidak berhasil mengatasi error “abnormal program termination” ini? Maka sepertinya anda memerlukan solusi spesifik tergantung program anda. Contohnya seperti game Modoo Netmarble ini tidak bisa dibetulkan dengan cara diatas, kita malah mengganti setting Internet Explorer sebagai solusinya dengan mengaktifkan TLS versi 1.0 di Internet Explorer: Internet Explorer > Tools > Internet Option > Advanced > Security > Beri centang pada Use TLS 1.0. Saya sendiri cukup heran dengan solusinya yang tampaknya tidak berhubungan, kalau tidak mencoba sendiri apakah ternyata berhasil atau tidak malah tidak akan percaya saya.

Kalau anda mengalami kesulitan dalam mengatasinya dan cara – cara diatas tidak berhasil maka silahkan:

  1. Tuliskan apa nama programnya.
  2. Kode error bila ada.
  3. Versi berapa program yang mengalami masalah.
  4. Lokasi lengkapnya di komputer (seperti contoh pesan kesalahan di awal artikel).

Semua informasi harap selengkap mungkin dan isikan didalam form komentar dibawah. Nanti akan saya coba mendapatkan solusinya untuk kasus anda secepat mungkin.

53 pemikiran pada “Solusi “abnormal program termination””

    • Selamat malam Kaffa, wah selain cara itu saat ini saya tidak tahu. 🙁 Sudah coba scan antivirus? Siapa tahu diinfeksi oleh virus sehingga tidak bisa berjalan normal.

    • Selamat pagi Saleh, sebenarnya bisa satu – satu dicoba mana yang menjadi penyebabnya. Tapi kalau malas repot diinstall saja semuanya mas. Bisa didownload satu persatu disini, atau menggunakan VCRedist.

    • Halo Tony, kalau anda mengalami error Abnormal Program Termination pada Windows Explorer (explorer.exe) ini biasanya disebabkan oleh program lain yang aktif atau ada file yang korup sehingga prosesnya dimatikan oleh Windows.

      Saran saya karena penyebabnya bisa sangat banyak dan saya tidak bisa mengeceknya sendiri adalah untuk menguninstall software – software yang tidak dibutuhkan. Scan menggunakan antivirus dan bersihkan file – file sampah pada komputer anda.

  1. modoo marble ini memang program teraneh, masa antara lpgin dikik sama login enter hasilnya bisa sangat berbeda, jika ada eror banyak solusi yang secara logika ga ada hubungannya dengan program modoo sendiri, satu lagi sumber instaker yang sama di instal di beberapa pc dengan speck software dan hardware yang sama bisa berbeda hasil.

    Balas
  2. bang, mohon pencerahannya! saya dulu menginstal aplikasi AVS video editor, dan bisa dijalankan. tapi setelah sekian lama tidak di pakai pas saya buka kembali aplikasinya tidak bisa di buka dan muncul pesan “abnormal program termination” kira2 saya harus instal microsoft visual c++ yang mana? saolnya banyak. makasih sebelumnya

    Balas
    • Selamat malam Ahmad, semuanya diinstall tidak ada ruginya kok mas. Malah lebih baik begitu supaya lengkap dan saat menjalankan program yang membutuhkan bisa segera digunakan tanpa muncul error.

  3. Permisi mau tanya error yg diatas, saya ada bermasalah sama game Lost Saga, awalnya gk error, tpi pas update, lngsung error kyk yg di atas T_T

    Runtime Error!

    Program : D:\Gamez\LostSaga\lOSTSAGA.EXE

    Abnormal program termination

    kek gitu T_T
    File versionnya : 1.0.1.12
    Mohon bantuannya ^_^

    Balas
    • Selamat pagi Miko, silahkan dicoba dulu solusi yang saya tuliskan pada balasan untuk Bryan diatas. Semoga berhasil. 🙂

    • Halo Bryan, saya ga main LostSaga sih mas. Haha. 😀 Tanya keponakan dulu dan ujicoba. 😛

      Coba buka Control Panel > Region and Language > Administrative > Ubah System Locale ke Indonesia. Punya saya English (United States) dan di laptop keponakan entah kenapa isinya kok Japanese (Japan).

      Error game LostSaga diatas tampaknya karena programnya ditargetkan langsung ke sistem Windows dengan bahasa Indonesia, sehingga bahasa (locale) lain yang digunakan menjadi bermasalah karena tidak didukung.

    • Terimakasih mas.. work.. aku mirip ponakan mas si ya haha… mungkin update terbarunya gak support kali ya?..

      yah terpaksa jadi kalo setiap mau remix lagu japan (apalagi kalo nama filnya tuh kanji) harus gonta ganti lagi system locale lagi nih … 🙁

    • Haha… dulu juga saya ngefans sama yang Jepang – Jepang sih (Drama, Anime, J-Pop, Game), tapi karena kerja sudah ga bisa nikmatin lagi. Waktunya kurang. 🙁

      Soal masalah lainnya sudah coba pasang AppLocale? Jadi ga perlu ganti bahasa lagi setelahnya, tapi tidak semua aplikasi didukung sih.

  4. halo firdaus, ane dah masalah ma nii programm lostsaga.
    gini mulu “runtime error!
    C/program/Lostsaga/IOSTSAGA.EXE
    abnormal program termination”
    kira” tw solusi’y gg mohon di bantu trimakasih (_ _)

    Balas
    • Halo Fadlan, bacanya jangan terlalu cepat mas. 🙂 Sudah saya tuliskan kok solusinya pada balasan komentar untuk mas Bryan diatas: Buka Control Panel > Region and Language > Administrative > Ubah System Locale ke Indonesia.

  5. Bang chandra yang saya kok lagi mau instal RF katanya gratis private server gitu tiba” muncul runtime error!!
    program c:\users\….

    this applications has requested the runtime to the runtime to terminate it in an unsual way.
    please contact the application support team for more information

    Balas
    • Waduh… mas Riro, ini RF apa? Terus Windows ada kompatibel tidak dengan installernya? Saran saya install semua versi Microsoft Visual C++ Redistributable, Lengkapi Microsoft .NET Framework, dan install ulang DirectX untuk memastikan.

    • Halo Daffa, itu program apa ya mas? Di Windows apa? Kalau sudah dicoba dan tidak bisa semuanya, apalagi saya cek tidak ada yang mengalami kasus sama ya… saya tidak tahu mas.

  6. gan numpang tanya nih, saya juga punya kasus yg sama abnormal program termination tp pada sql pus, error lengkapnya
    abnormal program termination. An internal error has occured. please provide the following file to oracle support:
    “Unknown”
    “Unknown”
    itu knp ya gan, mohon pencerahannya, terimakasih

    Balas
    • Halo Basir, SQL Pus itu program apa ya mas? Manajemen SQL Server? Typo nama programnya kah? Ini di Windows apa mas? Pas ngapain errornya?

  7. Bro!! Sya ada masah pda waktu nginstal sofware borlan C++, di lngkh kedua penginstalan ada pemberitahuan “The system cannot find the path specified” tlong di bntu bro

    Balas
  8. aplikasi Smadav AVAST , aplikasi antivirus , dan juga saya jalnkan aplikasi VLC muncul pesan The Aplication was Unable to start Corectly 0xc00005 .. bahkan di Adobe Acrobat juga eror ,, ada solusinya ga ..

    Balas
  9. Kalo Microsoft C++ runtime eror
    abnormal program , itu cara atasinya gimana ya mas , udah pake cara ini itu ga work , itu terjadi setiap mau instal aplikasi …

    Balas
  10. kalau beigini
    Runtime Error
    Program:C/windows/explorer.exe
    this application has requested the runtime to terminate it in an un usual way
    pleas bla…bla…

    Balas
  11. microsoft visual C++Runtime Library. program :… tendance system abnormal program termination. ini program mesin absensi tidak bisa membuka

    Balas
  12. Saya coba install deep freeze standar 8.30.020.4627 pada win 10 education, namun keluar pesan error “wcscpy_s” dan “program abnormal termination”. Tolong mas solusinya

    Balas
  13. mohon bantuannya ini sy gk kelar-kelar mesti sehabis instal ulang windows pertama smadav bisa la terus sesudah d restart pa gk bisa d buka kembali

    Balas
  14. bagaimana kalau program borland c++ “abnormal termination program” sudah dilakukan semua cara masih tidak bisa. apa harus install microsoft visual c++ juga? saya paki windows 10 home

    Balas
  15. Untuk Xarla WebStyle 3.0, bisa dicoba jalankan aplikasi nya untuk ke dua kali TANPA MENUTUP error ynag pertama. Baru setelah aplikasi ke 2 muncul, bisa ditutup Aplikasi yang pertama

    Balas

Tulis komentar...