Solusi “Attempt to reset the display driver and recover from timeout has failed.”

Pagi ini saya mendapatkan keluhan dari rekan kerja bahwa laptopnya setelah dipinjam dan kembali ternyata sering muncul error BSoD (Blue Screen of Death) saat bermain game atau memutar video. Dalam pesan kesalahannya ada tulisan “Attempt to reset the display driver and recover from timeout has failed.”, jadi dapat disimpulkan ini ada hubungannya dengan VGA di laptop.

Apalagi tepat di bagian bawah pesannya ada tulisan “nvlddmkm.sys”, ini adalah salah satu file dari driver GPU dari Nvidia. Jelas sudah penyebabnya apa. 😉
bsod-attempt-reset-display-driver

Solusinya termasuk mudah, singkatnya anda perlu menginstall ulang driver VGA anda, baik dengan merek Nvidia, Intel atau AMD. Tapi khusus notebook anda jangan mendownload driver dari situs pembuat VGAnya, melainkan dari situs resmi pembuat laptop anda. Jadi kalau merek laptop anda adalah ASUS maka anda harus mendapatkan drivernya dari halaman download driver ASUS dari tipe atau model laptop tersebut.

Tips lainnya adalah sebaiknya anda menghapus driver lama ini menggunakan Windows dalam keadaan Safe Mode, kemudian bersihkan dengan Display Driver Uninstaller, dan baru install driver terbaru VGA anda. Dalam percobaan saya cara inilah yang bisa diandalkan dalam mengatasi error tadi.

Semoga membantu. 🙂

Tulis komentar...