Solusi “Cannot resume downloading the file” di Internet Download Manager

Gagal mendownload file menggunakan Internet Download Manager (IDM) bisa bermacam – macam penyebabnya, dan kadang cara mengatasinya cukuplah spesifik per kasus. Kali ini saya mengalami download putus untuk game dari Humble Bundle, dan berikut adalah solusi yang bisa anda coba.

Pesan error yang muncul akan seperti berikut:

idm-cannot-resume-downloading-the-file

Cannot resume downloading the file:
[Nama_file_yang_didownload]
It’s possible the address of the file is not valid anymore or your session has expired.

Please start the download of the same file from your browser manually, and IDM will try to capture a new address or new session data to resume this download.

Maksudnya adalah download anda tidak bisa dilanjutkan atau disambung oleh IDM, ini bisa karena koneksi anda ditolak atau server tidak mendukung download yang dipecah – pecah. Kadang pesan kesalahan yang muncul adalah Connection has been closed by server, dan cara memperbaikinya juga mirip. Biasanya masalah ini muncul pada file hosting yang memang dibatasi kemampuannya.

Ulangi kembali proses download

Coba klik kembali link downloadnya jadi bukan dicoba dari aplikasi IDM dengan opsi Redownload atau Resume. Kalau servernya mendukung menyambung download yang terputus maka akan otomatis dilanjutkan kembali.

Kurangi jumlah koneksi ke server

Kalau setelah beberapa lama gagal lagi maka anda perlu membatasi jumlah koneksi IDM ke server untuk mendownload file tersebut, anda bisa mengaksesnya melalui Downloads > Options > Connection.

idm-configuration-connection

Silahkan ubah nilai Max connection number menjadi lebih kecil, saya sarankan jadikan 1 saja untuk menjamin selesainya download.

Aslinya cuma mengurangi jumlah koneksi yang bisa memastikan unduhan anda selesai, yang lainnya belum tentu berhasil.

Tulis komentar...