SoundAbout: Setel jalur audio Android anda

Beberapa kali saya mendapatkan kasus yang aneh pada audio yang dimainkan pada handphone Android. Bisa pada headset muncul suara statis seperti kehilangan sinyal, panggilan telepon lancar kalau mendengarkan tapi teman bicara tidak bisa menerima suara saya, internal speaker tidak ada suaranya, hanya salah satu dari headset atau speaker yang normal bunyinya dan masih banyak lagi.

Nah salah satu solusinya kalau sudah tidak ada alternatif lagi maka dengan memaksa Android menggunakan jalur audio tertentu tergantung jenisnya. Misal saat memainkan lagu atau menonton video akan keluar darimana suaranya. Bisa juga saat telepon disetting ke headset atau pakai yang normal lewat handphonenya. Ini semua bisa diatur lewat aplikasi SoundAbout.

android-soundabout

Saat dijalankan anda akan menemukan tampilan daftar audio dalam Android yang bisa diedit settingnya. Mulai dari pengaturan audio untuk media, panggilan telepon, ringtone, notifikasi, headset, text to speech, voice search dan sebagainya. Yang pasti layanan SoundAbout harus dalam keadaan aktif.

android-soundabout-choose-media-audio

Untuk menentukan kemana jalur outputnya langsung saja tap pada tipenya dan akan muncul daftar opsi perangkat audio yang bisa dipilih. Sudah, cuma itu saja. Mudah dan cepat kan? 🙂 Setelahnya coba tes setting baru anda, semestinya sudah akan mengikuti apa yang telah anda tentukan tadi.

Aslinya aplikasi SoundAbout lebih diarahkan membuat profil audio yang lebih canggih dan spesifik. Misal anda hanya ingin audio saat itu hanya dimainkan lewat bluetooth atau ringtone notifikasi bisa didengarkan lewat headset saja, masih banyak lagi tergantung kasus yang anda alami. Asalkan urusannya dengan suara maka app ini bisa dikatakan serba bisa. Oh ya, ini bukan equalizer jadi jangan salah paham fungsinya apa.

Semoga bermanfaat. 🙂

120 pemikiran pada “SoundAbout: Setel jalur audio Android anda”

  1. Mas.ini kan hape sy samsung tbtb dia ga ada suaranyaaa loudspeaker ga bisa headset ga bisaa.. tp mic nya bisa. Trus udah coba soundabout sy rada2 bingung tp tetep ga bisa jg itu kenapa yah?

    Balas
  2. Mas.. hp sy kan samsung tb tb dia ga ada suaranyaa. Loudspeaker ga bisa headset ga bisa. Tp mic bisa. Trus sy pake soundabout rada2 bingung tp tetep ga bisa ;( itu napa yah??

    Balas
  3. Mas.. hp sy kan samsung tb tb dia ga ada suaranyaa. Loudspeaker ga bisa headset ga bisa. Tp mic bisa. Trus sy pake soundabout rada2 bingung tp tetep ga bisa ;( itu napa yah??

    Balas
  4. Mas hp androit saya ilang suaranya vidio nggak bisa musik jga nggak bisa trus media itu garis orenge separo itu gmn ya mas..apa bisa pakek aplikasi ini trimakasih

    Balas

Tulis komentar...