Sumatra PDF: Aplikasi PDF reader kecil dan cepat

Last Updated on Juni 12, 2014

Muak dengan Adobe PDF Reader yang lambat dan ukurannya besar? Sebenarnya sudah banyak sekali program pembaca dokumen PDF dan dilengkapi fitur – fitur editing sederhana, tapi belum tentu kita membutuhkan semua fungsi tambahan ini. Dari pengalaman saya lebih sering membuka file PDF daripada melakukan modifikasi, jadi saya membutuhkan suatu software PDF reader yang cepat dalam membukanya.

Sumatra PDF sebuah aplikasi pembaca file PDF yang kecil dan sangat cepat, saya sendiri kagum akan kecepatan membuka filenya dan kemudahan dalam navigasi dalam file PDF. Ya nama dari program ini anda tidak salah baca memang pembuatnya memberikan namanya berdasarkan salah satu pulau di Indonesia.
sumatra-pdf
Selain membaca file PDF, program ini juga mendukung file dengan format ePub, Mobi, XPS, DjVu, CHM, CBZ dan CBR. Dengan menggunakan Sumatra PDF saya bisa menggantikan beberapa aplikasi yang spesifik membaca jenis – jenis file tertentu menjadi satu aplikasi saja, bagi saya yang tidak menyukai kalau ada program dengan fungsi yang sama ini merupakan suatu keuntungan.

Salah satu fitur menarik dari Sumatra PDF adalah kemampuannya menyimpan atau mengkonversi file PDF menjadi teks, jadi kalau anda ingin mendapatkan tulisan yang ada dalam dokumen PDF maka tinggal Save As > Text saja dan selesai prosesnya. Tapi saya belum mencobanya pada file PDF yang diproteksi dengan enkripsi atau password, kemungkinan besar sih gagal.

Kesimpulannya? Sumatra PDF merupakan program wajib yang selalu saya install di setiap komputer, kalau hanya dibandingkan kemampuannya dalam membuka file PDF maka saya berani klaim kalau ini adalah aplikasi terbaik di bidangnya.

Tinggalkan komentar