Tes fitur gamepad di Windows

Akhirnya saya kemarin baru beli sebuah gamepad Welcom yang mirip milik XBOX 360, yang murah saja (Rp. 70.000) dan sudah cukup buat bermain game RPG dan emulator. Repot kalau pakai keyboard dan sayang laptopnya kalau dihajar habis – habisan buat bermain. Terus terang saat dipasang sih langsung dikenali sebagai Generic USB Gamepad pada Windows 7, 8.1 dan 10. Kebetulan ada 3 laptop di rumah jadi bisa dicek semuanya. 🙂

Saya tes buat bermain Counter Strike: Global Offensive dan Pro Evolution Soccer 2016 juga sebenarnya lancar – lancar saja, tapi vibrasinya mati dan kemudian jadi ingin tahu aslinya tombol – tombolnya ini normal tidak. Jadi terbalik sebenarnya, seharusnya dites dulu baru dicoba main. 😛

Langsung saja ya. Silahkan akses Control Panel dan buka Devices & Printers, didalamnya anda akan menemukan Generic USB Joystik. Klik kanan dan pilih Game controller settings kemudian klik Properties. Alternatifnya adalah lewat run dialog (Windows+R) dan isikan joy.cpl dan ENTER, jendela yang sama akan muncul.

windows-7-devices-and-printers-game-controllers

Pada jendela Generic USB Joystick Properties silahkan anda tes semua tombol yang ada dalam gamepadnya, tekan satu – satu dan perhatikan apakah angka – angkanya menyala. Juga putar – putar analog juga akan terlihat akurat tidaknya.

windows-7-generic-usb-joystick-properties-test

Sebenarnya didalam pengujian ini akan muncul tab Vibration untuk menguji getaran stiknya, dibedakan kiri dan kanan juga keduanya. Cuma baru akan muncul kalau anda telah menginstall drivernya, semestinya ikut disertakan dalam bentuk mini CD/DVD dalam kemasannya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...