TinyPNG: Mengoptimalkan gambar PNG secara online

Saya kemarin membutuhkan software untuk mengkompresi ulang dan mengoptimalkan sebuah gambar PNG untuk logo hasil kreasi di Paint.net karena walaupun ukurannya cuma 1,4KB tapi ingin tahu apa bisa diperkecil lagi tanpa kehilangan kualitas. Kriteria lainnya adalah saya ingin menggunakan tool online karena tidak ingin mendownload dan menginstall program yang diperkirakan sangat jarang dipakai.

Pilihan saya jatuh pada TinyPNG sebuah layanan online untuk mengkompresi gambar dalam format PNG tanpa berkurang detailnya dan bahkan transparansinya pun masih ada. Bahkan TinyPNG juga mendukung file dengan format JPG tapi nanti hasilnya akan otomatis juga dikonversi ke format PNG.
tinypng
Cara menggunakannya sangatlah mudah, tinggal anda letakkan saja file png-nya pada kotak yang tersedia dan proses upload kemudian kompresi akan berjalan otomatis. Maksimal 20 gambar sekaligus dengan ukuran 5MB masing – masing.

Anda bisa lihat bahwa dari sebuah file PNG dengan besar 1,4KB masih bisa diperkecil kembali menjadi 770B, sehingga berhasil dioptimalkan 45% dari ukuran aslinya. Langsung saja anda download untuk membandingkan hasil kompresinya dengan file aslinya, yakin tidak ada perbedaan yang bisa dilihat.

Dari ujicoba saya TinyPNG memberikan kompresi terbaik untuk gambar PNG. Tapi kalau anda ingin mengoptimalkan seluruh gambar di komputer anda maka lebih baik menggunakan tool offline seperti PNG Gauntlet atau Caesium, repot kalau harus mengupload semuanya secara massal dan kemudian mendownload ulang kembali file – filenya.

Sungguh mudah bukan prosesnya? 🙂

Tulis komentar...