Tips melindungi WordPress dari komentar spam

Sudah beberapa tahun saya menggunakan WordPress sebagai media situs dan blogging, dan cukup sering juga diserang oleh komentar – komentar spam yang tidak ada hubungan dengan topiknya tapi pasti disisipi link. Jenisnya sendiri bisa dipisahkan jadi 2: Spam dari bot atau manusia, kalau manusia masih bisa dicek manual tapi kalau bot sekali datang bisa langsung puluhan atau ratusan.

Bisa kewalahan kan? Takutnya ada komentar yang valid tapi ikut terselip dianggap spam.

Nah… untuk mengurangi beban kerja kita menangkal spam yang masuk di WordPress berikut adalah beberapa hal yang saya anjurkan:

  1. Wajib menggunakan plugin anti-spam. Cukup Akismet saja sih menurut saya, biasanya sudah cukup ampuh menangani komentar – komentar tidak jelas. Untungnya sudah terpasang sebagai defaultnya, tinggal aktifkan dan isikan API Keynya.
  2. Blokir komentar tanpa url asal. Bot akan langsung mengirimkan pesan ke halaman wp-comment.php dengan instruksi POST tanpa ada halaman asalnya. Ini tidak wajar karena kalau manusia yang membaca pasti ada url asalnya. Anda bisa memanfaatkan file .htaccess untuk ini dan isikan dengan kode:
    RewriteEngine On
    RewriteCond %{REQUEST_METHOD} POST
    RewriteCond %{REQUEST_URI} .wp-comments-post\.php*
    RewriteCond %{HTTP_REFERER} !.*nama-domain-anda.com.* [OR]
    RewriteCond %{HTTP_USER_AGENT} ^$
    RewriteRule (.*) http://%{REMOTE_ADDR}/$ [R=301,L]

    Jangan lupa gantikan nama-domain-anda.com menjadi alamat website anda sendiri.

  3. Terakhir untuk mengurangi minat spammer manusia adalah dengan menghilangkan baris link website.

Dulu saya cuma mengandalkan Akismet, tapi di blog teman saya tetap saja masuk di jenis Spam atau Ditangguhkan. Sejak saya memakai cara kedua diatas maka seluruh usaha komentar dari bot lenyap.

4 pemikiran pada “Tips melindungi WordPress dari komentar spam”

    • Halo Dedy, belum coba sih mas biasanya Akismet sudah cukup. Haha. 😀 Katanya Antispam Bee juga bagus, mungkin lain kali saya coba.

    • Halo Anjarkus, sangat relatif mas. Ada satu blog cuma Akismet sudah cukup, tapi yang satunya Akismet ga ampuh ya terpaksa metode ini. Plugin lainnya saya belum coba sih mas, cuma Akismet.

Tulis komentar...