Cara membuat file .htaccess

Dalam membuat website menggunakan CMS (Content Management System) seperti WordPress, Joomla, Drupal dan masih banyak lagi maka fitur SEO (Search Engine Optimization) seperti Friendly URL atau nama lainnya Permalink ini sudahlah menjadi hal wajib. Karena kita bersaing dengan ribuan situs sejenis maka setiap kelebihan akan menjadi faktor penentu peringkat anda di hasil pencarian.

Nah… karena kebanyakan server hosting menggunakan Apache atau LiteSpeed untuk shared hostingnya maka untuk mengubah url dibutuhkan sebuah file .htaccess yang menginformasikan bagaimana sebuah pola alamat website akan diubah menjadi lebih ramah dan mudah dibaca.

Banyak orang yang menanyakan ke saya bagaimana cara membuat file .htaccess ini. Sebenarnya kita tidak perlu bingung karena file ini adalah file teks biasa dengan ekstensi lain.

Jadi yang perlu dilakukan sebenarnya adalah membuat file kosong melalui Notepad dan disave sebagai htaccess.txt. Jangan mencoba disimpan sebagai .htaccess di Windows karena tidak bisa dilakukan, nanti akan muncul error karena setiap file harus memiliki nama di Windows.
cpanel-file-manager-public-html

Selanjutnya silahkan upload ke hosting situs anda dan baru ganti namanya melalui File Manager cPanel menjadi .htaccess. Nanti CMS anda akan langsung mengenalinya dan menuliskan kode – kode yang dibutuhkan untuk situs anda seperti fitur Friendly URL tadi.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...