Total Commander: File manager terbaik untuk Android

Saat saya menggunakan handphone Android pertama kali (Lenovo A369i) memang kita bisa melihat folder dan file yang ada dalam media penyimpanan menggunakan file manager bawaannya. Yang jadi masalah adalah saat saya ingin menggunakan kode curang (cheat) di PPSSPP yang ternyata harus membuat file teks dan mengedit kode – kodenya. Ternyata file managernya tidak ada kemampuan untuk itu.

Walau sebenarnya kita bisa membuat file cheatnya di komputer dan kemudian menghubungkan USB ke Android, tapi cara ini cukup merepotkan dan membuang waktu. Iya kalau hanya satu file saja, bagaimana kalau ada banyak? Apalagi kalau belum tentu berhasil dijalankan kode curangnya jelas kita perlu mengeditnya lagi. Bisa terbayang berapa lama kan kalau untuk memastikan semuanya berjalan sempurna?

Iseng – iseng mengecek Google Play Store saya menemukan nama lama dalam dunia file manager di Windows, dialah Total Commander. Terus terang dibanding aplikasi populer dalam kategori yang sama di Play saya lebih tertarik Total Commander karena dari pengalaman saya adalah kesederhanaan dan kemudahan cara penggunaannya.
android-total-commander

Dan memang benar, dari segi tampilan jelas kalah oleh saingan sejenisnya di Android tapi dari segi kemampuan dan kecepatannya benar – benar memuaskan dan saya berani mengatakan yang terbaik di Android. Selain memiliki fungsi standar untuk membuat folder dan file juga editing isinya menggunakan teks editor dengan mudah dalam satu tampilan. Apalagi bisa membaca file ZIP (juga membuatnya) dan RAR langsung. Proses copy – cut – paste pun juga mudah apalagi bisa lebih dari satu sekaligus memindahkannya.

Kalau ada fitur yang dirasa kurang bisa mencoba mencari pluginnya untuk menambahkan fungsi – fungsinya.

Tulis komentar...