Transfer antar bank tanpa biaya

Last Updated on Januari 31, 2021

Transaksi dengan bank berbeda itu urusan gampang sebenarnya, cuma butuh kode banknya dan transfer seperti biasanya. Yang memberatkan kalau kena biaya Rp. 6500, lumayan kerasa kalau kirim dananya nominal kecil juga. Kalau jarang dilakukan mungkin terima saja, tapi kalau lebih dari beberapa kali per bulan maka sebaiknya dihemat saja apabila bisa.

Solusi paling jelas ya pinjam ATM teman yang banknya sama dengan tujuan, atau setor sendiri ke banknya. Kadang masalahnya sungkan atau repot, jadi lebih baik mandiri saja. Dan ini cuma opini saya selama mencari celah gratisan. 😀

Sekarang modus operasi saya dalam transfer uang beda bank itu 2 jenis:

  1. Utamakan pakai Jenius karena dapat jatah free transfer per bulannya yang cukup untuk penggunaan pribadi. Tergantung saldo tabungan ya berapa kuotanya.
  2. Sedangkan dari BCA (rekening utama saya) ke Jenius atau bank lainnya memanfaatkan Flip.id.

Tapi sejak BTPN Jenius menerapkan iuran bulanannya per Januari 2021 ini kemungkinan saya berhenti jadi nasabah karena benefitnya sudah sama saja dengan bank lainnya, malah feenya bisa lebih mahal mereka. Mau pindah ke TMRW UOB Buana, OCBC Nyala, dbs Digibank atau Octo CIMB Niaga rasanya bakal sama saja nasibnya. Bakal dikenai fee juga.

Jadi ingat OVO dulu yang memberikan gratis transfer juga, tapi sekarang kena biaya kalau Rp. 2500 ya 3000. Dan anehnya, walau sudah siap bayar fee saya coba kirim uang malah gagal. Solusi CSnya tunggu saja, tidak ada masalah katanya. Tapi untuk pembayaran transaksi Tokopedia dan Grab misalnya bisa tanpa kendala. Kapok jadinya.

Sekarang cukup Flip.id atau layanan sejenis untuk transfer antar bank. Yang saat ini mendukung bank-bank berikut:

  • BCA
  • BRI/BRI Syariah
  • Bank Mandiri/Syariah Mandiri
  • BNI/BNI Syariah
  • BTPN/Jenius
  • CIMB/CIMB Syariah
  • Bank Muamalat
  • Bank Permata/Permata Syariah
  • DBS/Digibank

Sistemnya sendiri cukup sederhana tapi memang ga seinstan langsung transfer, jadi siapkan waktu tunggu 15 menit dari anda mengirim uangnya ke rekening Flip.id (PT FLIPTECH LENTERA IP) di bank asal. Kemudian akan diverifikasi oleh sistemnya dan kemudian diteruskan ke bank tujuan dari rekening mereka sendiri di bank tujuan.

Jadi bisa dikatakan karena kebutuhan transfer antar bank saya rendah, maka kuota Jenius dan Flip.id sudah mencukupinya. Tapi kalau tingkat bisnis jelas menyentuh limitasinya, ini perlu dinegokan ke layanan aplikasi masing-masing.

Apabila berminat menggunakan Flip.id bisa menggunakan link download berikut untuk mendapatkan bonus saldo Rp. 20.000: https://flip.id/

Tinggalkan komentar