Satu trik membuat Android terasa lebih cepat

Advertisements

Kita tentu ingin handphone yang kita pakai lebih ringan, tapi kadang terbentur spesifikasi yang serba terbatas jadinya terima nasib saja. Tapi ada satu trik yang saya sendiri ga sengaja nemu untuk membuat Android terasa lebih ringan dan responsif.

Terasa lho ya, ini bukan solusi untuk mengoptimasi kinerja Android. Biar tidak salah paham kenapa cara ini bisa diterapkan akan dijelaskan di akhir, tapi metode ini selalu saya gunakan pada setiap handphone atau tablet Android yang saya miliki.

Mengatur kecepatan animasi Android

Advertisements
  1. Akses Developer Options/Opsi Pengembang. Kalau belum ada silahkan diaktifkan dulu.
  2. Kemudian cari ketiga opsi berikut: Window Animation Scale (Skala animasi jendela), Transition Animation Scale (Skala animasi transisi), dan Animator Duration Scale (Skala durasi animator).android opsi pengembang
  3. Ubah semua angkanya jadi 0.5x atau kalau mendukung perangkatnya bisa dicoba 0.25x.
  4. Selesai.

Apa yang dilakukan ketiga opsi tersebut? Secara tidak sadar setiap aktivitas aplikasi di Android ini bisa ada animasinya dan ini tidak ada pengaruhnya ke kecepatan prosesnya, cuma kita menunggu saja animasi respon atau loading padahal tidak sedang apa-apa. Jadi cuma kosmetik. Karena itu kita percepat lagi tampilan animasinya supaya tidak buang-buang waktu milidetik.

Kenapa tidak jadi 0x saja sekalian, kan tanpa loading? Betul, bisa dicoba tapi buat saya malah tidak terbiasa karena jadi terasa aneh. Begitu ditap langsung muncul, serasa patah-patah tapi cepat banget.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Advertisements

Tinggalkan komentar