LOADING

Type to search

Network

Trik limit banyak pemakai WiFi

Jadi saya punya sedikit kasus, akses WiFi saya kadang dipinjam oleh tetangga. Saya sih tidak masalah, kecepatan 30Mbps kalau dibagi orang 10 pun lancar – lancar saja kalau cuma browsing biasa. Tapi yang terjadi adalah kalau password hotpspotnya dibagikan entah keberapa orang dan membuat koneksi internetnya melambat dan ngelag kalau game online. Masalahnya pada modem FiberHome AN5506-04 FG dari MyRepublic ini tidak ada fitur bandwidth control maupun blacklist/whitelist MAC address.

Karena keterbatasan modem WiFi dan saat itu saya belum membeli router WiFi tambahan akhirnya saya pakai trik primitif. Yaitu dengan mengurangi jumlah pengguna WiFi dalam satu waktu.

Pertama dengan mengurangi kekuatan sinyalnya supaya hanya bisa disambungkan dari jarak dekat, dan di modem ini tidak ada. 🙁 Standarnya di modem lain ada fitur Transmit Power/Signal Power, ini kalau ada silahkan kurangi sampai nilai yang anggap cukup bagus kalau digunakan sendiri.
huawei-hg532e-basic-wlan

Tidak ada? Maka bisa pakai cara ndeso, tutupi dengan tupperware atau panci. Jeleknya ini bisa membuat sinyal hotspot mati total atau sedikit sekali karena tidak bisa diatur. Tidak bisa full bar nantinya. Jadi kadang harus tes posisi menutupinya.

Kedua adalah membatasi DHCP server memberikan alamat IP, jadi kalau sudah lebih dari batasnya maka perangkat setelahnya tidak bisa tersambung WiFi. Berhenti di proses Obtaining IP Address kalau di Android. Misal alamat IP akhir DHCP adalah 192.168.1.12 maka hanya 11 perangkat yang bisa terhubung.

fiberhome-an5506-04-fg-dhcp-server

Ini sebaiknya dikombinasikan dengan jumlah subnetnya. Misal 255.255.255.248 berarti cuma ada 6 perangkat yang bisa menggunakannya, jadi 255.255.255.240 maka jadi 14 perangkat. Sedangkan kalau defaultnya 255.255.255.0 akan bisa digunakan oleh 254 perangkat.

Semoga bermanfaat trik sederhana ini kalau modem anda terbatas seperti milik saya. 🙂

Tags

Tulis komentar...