VirusTotal: Cek keamanan file dan situs komplit

Kadang saya mendapatkan pertanyaan mengenai download program untuk bermain curang (cheat) pada game online. Yang saya perhatikan dari link – link downloadnya selain menggunakan survey juga sangat sering adalah aplikasi palsu, parahnya juga kadang disisipi virus atau keylogger yang jelas membahayakan keamanan data pribadi kita. Walau banyak software antivirus gratis tapi belum tentu ampuh dalam mendeteksi apakah program atau situs yang anda akses adalah aman.

Antivirus berbayar bisa memberikan perlindungan lebih tapi anda harus mengeluarkan uang untuk membeli lisensinya. Solusi alternatifnya anda bisa menggunakan layanan antivirus online gratis seperti VirusTotal untuk mengecek file atau url website apakah aman atau tidak. Bagusnya lagi ini menggunakan banyak software antivirus dan termasuk yang premium.
virustotal
Yang perlu kita lakukan hanyalah mengupload file yang anda curigai atau mengisikan alamat website yang tampaknya meragukan kedalam VirusTotal, dan kemudian langsung saja klik Scan it. Proses scan akan berlangsung sesaat dan anda akan dialihkan ke halaman hasil pengecekan file atau situsnya.

Anda bisa melihat dari layanan keamanan apa saja (ada lebih dari 50) file atau situs anda dicek isinya. Ini menjamin apakah suatu file benar – benar aman karena prosesnya akan secara menyeluruh dilakukan.? Misal hasilnya hijau semua maka besar kemungkinan tidak ada bahayanya. Sedangkan bila ada beberapa yang berwarna merah bisa jadi ada malwarenya atau cuma false-positive karena pendeteksian yang terlalu agresif.
virustotal-antivirus-scan
Setelah itu keputusan ada ditangan anda apakah akan mempercayai hasil VirusTotal atau tidak. Saya anjurkan gunakan sebagai referensi sebelum membuka file atau website secara sembarangan, terutama untuk download file.

Satu pemikiran pada “VirusTotal: Cek keamanan file dan situs komplit”

Tulis komentar...