WikidPad: Wiki pribadi untuk segala jenis catatan

Ingin membuat wiki untuk kebutuhan pribadi di komputer? Maka anda bisa menggunakan WikidPad untuk itu. Menyimpan informasi atau catatan dalam bentuk wiki akan membantu kita dalam organisasi data dengan menuliskan catatan didalamnya. Kasarnya seperti buku catatan atau diary tapi lebih jelas penataan informasinya dan mudah pencarian data didalamnya.

Sebelumnya saya menggunakan notepad untuk menuliskan rencana kegiatan saya dan sekaligus melacak progress pekerjaan saya. Ini tidaklah praktis kalau jumlahnya cukup banyak dan cukup sering berubah kebutuhannya.

Apa kelebihan mencatat menggunakan sistem Wiki? Yang paling membantu adalah sistem integrasi antar dokumennya, jadi seperti di Wikipedia maka setiap kata atau kalimat bisa menuju dokumen baru yang berisi informasi lebih lanjut. Kita cukup mengklik linknya saja, tentunya setelah anda membuat dokumen yang menjelaskan kata kunci tersebut.

Karena itulah saya mulai mencari – cari cara alternatif menyimpan catatan pribadi saya dalam komputer dengan syarat bisa digunakan secara offline dan portable bisa dibawa kemana – mana. Dan yang saya gunakan saat ini adalah WikidPad, memang agak perlu usaha untuk membiasakan diri menulis dalam format wiki tapi hasilnya cukup setimpal (bagus) kok.
wikidpad-editor-mode

Kalau anda merasa tampilan editor WikidPad kurang indah memang seperti itu, tapi kalau dikonversi menjadi tampilan Wiki akan tampak ringkas dan bersih, bahkan anda menyimpannya sebagai HTML supaya bisa dibaca – baca tanpa perlu software khusus apapun.
wikidpad-preview-mode

Dibandingkan dengan sistem pencatatan menggunakan notepad yang berbasis teks polos atau memakai dokumen Word maka ini akan lebih praktis karena semua informasi dan referensi bisa diakses dari satu tempat.

Cara kerja saya adalah dengan mengombinasikan sistem penyimpanannya dengan Dropbox sehingga dimanapun saya berada asalkan ada internet maka akan bisa membacanya dan mengupdate catatan yang ada. Bahkan draft untuk blog (uTekno) pun saya buat menggunakan wiki supaya tidak ada yang terlewat dan semua referensi tidak terpisah – pisah lokasinya.

Tulis komentar...