WizTree: Mencari file atau folder terbesar di komputer

Penasaran kenapa harddisk anda kok tiba – tiba penuh? Muncul peringatan?Low disk space pada salah satu partisi harddisk atau SSD di komputer? Memang dengan menghapus beberapa file atau folder bisa mengatasinya, tapi akan lebih cepat dan mudah kalau anda tahu file atau folder apa saja yang memakan habis kapasitas harddisk anda.

Anda bisa menggunakan program bernama WizTree yang akan membantu anda mencari tahu folder atau file besar apa saja yang menggunakan disk space. Cukup jalankan aplikasinya, pilih drive atau partisi yang diinginkan, dan kemudian klik Scan untuk memulai pelacakan file dan folder berukuran besar di harddisk tersebut. Tunggu sebentar, prosesnya tidak lama kok, kurang lebih 10 detik saat saya coba.

wiztree-tree-view

Hasilnya akan ditampilkan secara default dalam bentuk diagram pohon (Tree View) untuk mempermudah kita memahami struktur file dan folder yang, hasilnya juga akan diurutkan dari yang terbesar sampai terkecil.
wiztree-top-1000-largest-files

Tentu kalau kita cek satu per satu dari hasil WizTree masih bisa memakan waktu lama. Karena itu percepat prosesnya dengan memindahkan tab ke Top 1000 Largest File, disini anda akan mengetahui 1000 file terbesar yang berhasil ditemukan WizTree dari proses scannya tadi. Kalau ada file besar yang disembunyikan (biasanya sih… video 😛 ) maka anda akan dapat melacaknya dengan mudah.

Saya sendiri cukup sering memakai aplikasi ini untuk melacak user bandel yang menyimpan file musik dan video di komputer kantor, kebijakannya tidak boleh ada hiburan dari sang juragan. Haha… 😀

Tulis komentar...