XVI32 : Aplikasi Hex Editor gratis dengan banyak fungsi

Hex Editor adalah jenis program yang digunakan untuk memanipulasi data dari suatu suatu file binary di komputer dan merupakan software penting dalam mempelajari alur kerja suatu program bila tidak memiliki source code-nya. Secara fundamental aplikasi seperti XVI32 adalah wajib digunakan dalam reverse engineer.

Apabila anda penasaran bagaimana orang membuat crack, patch, dan keygen maka tool seperti inilah yang digunakan. Dengan hex editor anda akan melihat data dari suatu file ditampilkan dalam format hexadecimal. Bila anda sudah mendownload XVI32 (lokasi downloadnya terletak di paling bawah) dan menjalankannya akan ditampilkan alamat hexadecimal di sebelah kiri (hex area) dan isi dari alamat tersebut di kotak sebelah kanan (text area).

xvi32

Data yang muncul dalam bentuk heksadesimal di sebelah kiri dan terjemahannya dalam bentuk teks di sebelah kanan kalau anda ingin tahu cara membacanya.

Untuk mengubah isinya anda cukup memilih kotak yang mana dan langsung ketikkan saja tulisan apa yang ingin anda masukkan. Anda juga bisa melakukan konversi bilangan dari tipe – tipe yang umum digunakan dalam komputer, anda bisa menemukannya dalam menu Tools dan pilih Encode Number, sedangkan Decode Number difungsikan membaca konversi nilai dari berbagai tipe angka.
xvi32-encode-number

Perhitungan CRC (Cyclic Redundancy Check) juga disediakan dalam menu Tools dan klik CRC. Anda akan melihat berapa nilai hash CRC dari file yang dibuka dalam format CRC16 dan CRC32, ini untuk mengetahui apakah edit yang anda lakukan telah mengubahnya.
xvi32-crc

Masih banyak fitur – fitur yang bisa anda coba dan manfaatkan, anggap saja sebagai target pembelajaran di waktu liburan untuk menguasai hex editing dan memahami kerja para ahli keamanan dalam membedah virus. Ukurannya tidak sampai 1 MB dan bersifat portable, anda cukup mengekstraknya dan langsung jalankan, bahkan juga tersedia file help yang sudah diintegrasikan.

3 pemikiran pada “XVI32 : Aplikasi Hex Editor gratis dengan banyak fungsi”

Tulis komentar...