Cara mengatasi error driver NVIDIA “is not a valid Win32 application.”

Bagikan:

Melakukan update pada driver graphic card anda kadang perlu dilakukan untuk meningkatkan kestabilan, kompatibilitas dengan game, performa dan memanfaatkan fitur baru. Prosesnya sendiri tidaklah sulit cukup download saja driver terbarunya dan lakukan instalasi, tapi masalah bisa datang seperti error “not a valid Win32 application.”.

Masalah bisa terjadi saat anda menginstall driver NVIDIA atau saat berusaha uninstall driver NVIDIA, jadi maju salah mundur tidak bisa. Error ini biasanya muncul dengan pesan “%1 is not a valid Win32 application” dan mungkin ada variasi yang minimal pada pesannya – tapi semuanya mirip. Entah kenapa software tersebut tidak dianggap aplikasi Windows yang valid. Penyebabnya mungkin karena driver Nvidia yang didownload rusak atau Windows menggunakan referensi software Nvidia yang salah.

nvidia-is-not-a-valid-win32-application-error

Bila anda berusaha uninstall driver NVIDIA setidaknya anda bisa mencoba menggunakan Driver Sweeper untuk membersihkan driver lama atau Revo Uninstaller untuk melakukan uninstall software yang susah dihapus.

Lain halnya jika anda berusaha menginstall driver GPU NVIDIA, silahkan anda coba cara berikut untuk mengatasi error “is not a valid Win32 application.”.

Menghapus folder instalasi Nvidia

Cara mengatasi error “%1 is no a valid Win32 applciation.” ini adalah dengan menghapus seluruh komponen Nvidia yang terinstall.

  1. Pergi ke Program Files Windows dan hapus folder “Nvidia Corporation”. Lokasi defaultnya adalah di “C:\Program Files\NVIDIA Corporation”.
  2. Download ulang driver VGA Nvidia.
  3. Simpan semua pekerjaan anda dan tutup semua aplikasi.
  4. Jalankan installer driver Nvidia kembali.
  5. Jika installer crash atau komputer restart mendadak maka jalankan installer kembali.

Bila pada saat berusaha menghapus folder Nvidia muncul pesan “This folder cannot be deleted because the file or folder in it is opened in another program”, pastikan seluruh aplikasi Nvidia tidak berjalan dan cek services yang berjalan di Windows – matikan bila service Nvidia berjalan.

Mengganti nama folder instalasi Nvidia

Bila cara menghapus folder Nvidia tidak berhasil anda bisa mencoba cara alternatif berikut untuk memperbaiki error “is not a valid Win32 application.”, yaitu dengan me-rename folder instalasi Nvidia.

  1. Akses Program Files Windows dan rename folder “Nvidia Corporation” menjadi “BukanNvidia” atau apapun. Lokasi defaultnya adalah di “C:\Program Files\NVIDIA Corporation”.
  2. Download ulang driver dari situs Nvidia.
  3. Simpan semua pekerjaan anda dan tutup semua aplikasi.
  4. Jalankan instalasi driver Nvidia kembali.

Sebagai catatan untuk metode rename ini biasanya lokasi folder Nvidia bisa lebih dari satu, coba cek “C:/”, “C:/Program Files” dan “C:/Program Files(x86)/”

Semoga cara – cara diatas mampu membantu anda dalam memperbaiki error dalam proses install dan uninstall driver Nvidia.

Tulis komentar...

Read more:
the-google-sandbox
Cara mengetahui sebuah website di-banned oleh Google Adsense

whmcs-manage-nameservers
Cara mengatasi “Your domain is not pointing to our nameservers at the moment” di cPanel

Close