Kasus Android: Chatting bisa tapi browsing tidak?

Kali ini saya ingin share saja soal masalah unik yang terjadi pada handphone Android saya, sudah setahunan saya menggunakan Meizu M2 Note dan terpasang Android 5.1 Lollipop saat ini. Masalahnya adalah kalau saya menggunakan data seluler yang berfungsi normal adalah aplikasi chatting seperti BBM, WhatsApp, LINE, Telegram dan seterusnya. Tapi kalau dibuat browsing pakai Chrome atau browser apapun, juga aplikasi YouTube muncul error tidak ada koneksi internet. Heran kan?

Kasusnya terjadi setelah saya mengupdate (lewat OTA) dari sistem operasi Flyme 4.5.2 menjadi versi 5.6.0, tapi tidak langsung terasa masalahnya. Selain tetap bisa ngobrol juga kirim – kirim gambar, video dan file tetap lancar asalkan chatting. Karena saya cukup sering pakai WiFi (aktivitas mayoritas indoor) jadi cukup telat sadarnya.

Home Screen Meizu m2 note.
Home Screen Meizu m2 note.

Akhirnya saya cek ulang aplikasi – aplikasi apa saja yang terinstall. Ada Flash VPN dan DNS Changer, dan setelah saya baca – baca karena ini tidak butuh root maka keduanya akan menggunakan VPN lokal. Ternyata setelah saya uninstall keduanya koneksi internetnya bisa digunakan secara normal sesuai harapan. Dari sini bisa disimpulkan app yang tugasnya berhubungan dengan jaringan di Android ada kemungkinan mengganggu sistem kerjanya.

Sampai saat ini belum kumat lagi penyakitnya, tapi saya belum berani bilang ini adalah solusi pastinya karena kadang masih perlu direstart hpnya baru online sempurna. Yang pasti kondisinya lebih baik daripada sebelumnya yang cuma bisa dipakai chatting saja. Ya sekedar berbagi saja supaya anda memeriksa aplikasi yang terinstall di Android dan bersihkan yang tidak terpakai, siapa tahu ikut fix juga.

20 pemikiran pada “Kasus Android: Chatting bisa tapi browsing tidak?”

  1. Wah sama hp saya juga gitu. Hp saya sony xperia z1. Setiap saya pakai mobile data bisa chatting tapi ga bisa browsing. Kira2 kenapa ya? Bt, saya gapunya app vpn dsb. Mohon bantuannya

    • Cek aplikasi yang terinstall apakah ada yang berfungsi mengambil alih jaringan mas. Seperti VPN yang saya bahas diatas.

  2. hp saya xiomi mi4c ko sama saya ya ga bisa internetan instragram fecebok dan lain” yg bisa hanya whatshap saya mohon pencerahanya gmna terimakasih

    • Sudah cek apa pakai proxy mas? Atau VPN?

      Ini aplikasinya kan? Lihat di setting network/bandwidth apa ada pengaturan kuota yang aktif per aplikasi,

  3. Halo says laila, kasusnya juga hampir sama, cm says tidal installed apps apapun selain pake WiFi terakhir x Dan tidal update apps apapun…tau tau hanya bisa lake chatting tp tidal visa browsing. Belum dapat pencerahan no gan ?

  4. BG saya juga sama BG…
    Hp saya bisa chatingan!! Tapi tidak bisa buka google , YouTube , Instagram, dan lainnya
    Hp saya Himax H3plus..
    Bagaimana caranya BG??
    Mohon bantuannya BG??

  5. Wah belom ada solusinya ini gan? Hp saya Samsung Galaxy Note 4. cm bisa buat Whatsapp, browsing internetan, instagram facebook juga tidak bisa. tp anehnya kalo saya pakai Wifi bisa. hal ini tidak bisa kalo saya pakai paket data seluler, pdhl kalau pakai hp lain bisa… gimana gan, ada yang bisa ngasih solusi?
    Hp saya dpt dr Sodara di Taiwan, apakah karena hp luar negeri?

  6. Halo gan, sorry mungkin ini terlambat
    Saya pengguna sony m2 dual, kejadian persis seperti di atas
    Solusi saya menggunakan vpn, iya vpn nya d aktifin gitu, lancar deh browsingnya
    Buat hh jenis lain bisa d coba
    Kontak saya buat nanya2 gan silah kan

Tulis komentar...