Apa fungsi konfirmasi pembayaran?

Walaupun belanja online sudah cukup populer di Indonesia tapi belum tentu semuanya paham akan fungsi dari masing – masing tahap. Ini terbukti walaupun ada shopping cart masih banyak yang kontak langsung ke sellernya untuk transaksi. Juga terinspirasi dari salah satu pertanyaan pengunjung disini. 🙂

Salah satu hal yang kadang dilupakan pembeli setelah transfer uang adalah melakukan konfirmasi pembayaran dan ini yang bisa membuat lama proses transaksinya bahkan bisa batal kalau terlalu lama.

Sederhananya, kalau anda menggunakan metode pembayaran transfer bank maka fungsi dari konfirmasi/verifikasi pembayaran adalah memberi tahu kepada penjual/online shopnya bahwa anda telah mengirimkan uang untuk melunasi tagihan. Nanti setelahnya akan dicek secara manual atau otomatis oleh tim billing mereka apakah benar datanya. Baru setelah itu pesanan anda diproses dan semoga lekas dikirimkan menggunakan jasa ekspedisi yang dipilih pas order.

bukalapak-konfirmasi-pembayaran

Apabila frekuensi transaksi toko onlinenya cukup/sangat banyak kadang mereka menerapkan sistem kode unik/pembayaran (biasanya 3 angka) yang ditambahkan pada total tagihannya untuk mempermudah mengidentifikasi ini pembayaran yang mana. Contohnya BukaLapak menggunakan sistem ini dan merangkap sebagai biaya administrasi.

bukalapak-verifikasi-pembayaran-gagal

Yang repot itu pembayaran lewat setor tunai ke teller bank, apalagi kalau nominal tagihannya ga pas seperti Rp. 123.745. Mana ada kita uang receh 45 rupiah? Yang pasti jangan sampai kita bulatkan nilai setoran/transfernya menjadi 123.800 misalnya karena malah bisa memperlama proses verifikasi dan karena jumlah berbeda bisa dibatalkan juga.

Karena konfirmasi pembayaran sendiri merupakan proses yang bisa memakan waktu lama, minimal beberapa jam kalau dicek manual maka sudah mulai ada opsi – opsi baru yang menawarkan verifikasi pembayaran yang cepat atau bahkan instan. Beberapa diantaranya:

  • Kartu kredit
  • Virtual Account. Biasanya ditawarkan oleh BCA, Bank Mandiri, BRIVA. Ini sifatnya nomor rekening sementara dan unik, cuma berlaku untuk satu transaksi dan masa berlakunya 24 jam. Begitu ada dana yang masuk sesuai yang diharapkan sistemnya maka transaksi anda akan otomatis dikonfirmasi.
  • Indomaret atau minimarket semacamnya. Ini enak juga, tinggal datang ke minimarket terdekat dan bayar. Kurang bagusnya biaya administrasinya cukup besar, Rp. 6.500,- seingat saya.
  • Internet Banking.

Jadi saran saya kalau tetap ingin menggunakan transfer sebisa mungkin pakai sistem Virtual Account (kalau online shop/situs ecommerce yang digunakan mendukungna) karena tanpa biaya administrasi dan proses verifikasi pembayaran berlangsung seketika.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...