Apa itu DOCSIS?

Di kota Malang baru saja masuk ISP First Media menyusul MyRepublic dan MNC Play Media dan dari membaca – baca brosurnya aslinya cukup murah juga dibandingkan sesepuhnya. Yang baru saya sadari ada biaya sewa modem – ini wajar – tapi di First Media dibedakan tarifnya berdasarkan DOCSIS 2 atau DOCSIS 3, selisih Rp. 20.000. Nah ini yang baru saya tahu istilahnya, jadi penasaran juga apa itu DOCSIS kok harganya lumayan juga.

Setelah baca – baca, DOCSIS adalah Data Over Cable Service Interface Specification atau kalau diIndonesiakan artinya spesifikasi internet lewat jaringan televisi kabel. Rasanya kalau ditawarkan tentu ada manfaatnya kan? Ternyata tidak juga, tergantung paket internet yang anda langganan ternyata.

brosur-first-media-biaya-tambahan

Jadi secara sederhananya DOCSIS 2 mampu mentransmisi bandwidth sebesar 38 Mbps untuk download dan 27 Mbps untuk upload. Sudah jauh lebih dari cukup, apalagi rata – rata para ISP Fiber Optic ini masih menawarkan kecepatan sekitar 10Mbps, jadi rasanya mubazir kalau menyewa modem WiFi dengan DOCSIS 3 kalau bandwidthnya masih dibawah 30 Mbps.

Lah terus apa keunggulan DOCSIS 3? Selain mendukung IPv6 terutama di bandwidthnya, sekarang sudah ada 4 channel dimana masing – masing mampu mentransfer 38Mbps/27Mbps juga. Jadi jelas diatas 100Mbps bisa. Dan karena ini ada hubungannya dengan TV Kabel, pemahaman saya semakin kecil pengaruh internet dengan tv kabel dan sebaliknya.

Yang pasti kalau anda cuma langganan dibawah batas kecepatan DOCSIS 2 maka jangan ambil yang lebih mahal, percuma soalnya.

Oh ya, sudah ada DOCSIS 3.1 yang katanya bisa mencapai 10000Mbps untuk download dan 1000Mbps untuk upload. Wih.. ngeri, tapi ISP di Indonesia siap tidak menyediakan bandwidth sekencang itu dengan harga ramah? 🙂

Tulis komentar...