Apa perbedaan antara Windows 32-bit dan 64-bit?

Pertanyaan di atas sering kali di tanyakan terutama ketika akan membeli laptop baru atau saat menginstall windows/driver. Dari segi tampilan windows berbasis 32-bit dan 64-bit sama persis tidak ada perbedaan, hal yang membedakan terletak pada kemampuan dalam mengolah RAM. Jika RAM yang terpasang ?4GB windows 64-bit mampu mengolah lebih efektif daripada windows 32-bit. Hal ini menyebabkan windows 64-bit bekerja lebih baik dalam hal multitasking (menjalankan beberapa program secara bersamaan).

Cara membedakan Windows 32-bit dan 64-bit

Sebelum menginstall Windows anda dapat membedakan edisinya dengan melihat kode yang mengikuti nama sistem operasi seperti x86 untuk Windows 32-bit dan x64 untuk 64-bit. Jadi harap dikenali terlebih dahulu kemampuan komputer anda sebelum menginstall versi Windows yang sesuai. Jangan sampai sebuah netbook dengan memori hanya sebesar 2 Gigabyte diinstall Windows 64-bit, karena akan percuma.

Kalau di komputer anda sudah diinstall Windows maka untuk mengecek perbedaan tersebut bisa dilihat dalam System (tekan tombol windows >> klik kanan pada Computer >> klik Properties). Contoh seperti pada gambar di bawah ini, RAM terpasang 4GB jika menginstall windows 64-bit maka RAM yang terbaca (usable) sekitar 3.7GB keatas. Apabila menggunakan windows 32-bit yang terbaca mungkin hanya sekitar 3GB.

windows-7-system-information-installed-memory

Jadi pastikan dulu versi Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8 apakah bisa dimaksimalkan dengan baik sebelum menginstallnya.

Bagaimana cara mengetahui hardware kita cocok untuk windows 64-bit?

Cara ini hanya berlaku untuk Windows 7. Masuk di control panel >> kemudian di search box kanan atas ketik Performance informatian and tools pada hasil yang keluar klik Performance informatian and tools.

windows-7-control-panel-performance-information-and-tools

Setelah itu klik View and print detailed performance and system information. Jika unit tersebut bisa untuk windows 64-bit maka akan muncul 64-bit capable Yes seperti pada gambar. Apabila unit sudah terinstall windows 64-bit maka 64-bit capable tidak akan muncul.

windows-7-performance-information-and-tools-64-bit-capable

Untuk unit yang terbaru baik pc maupun laptop seharusnya sudah mendukung untuk Windows 64-bit. Dan disarankan sebaiknya juga menginstall windows 64-bit untuk performa yang lebih maksimal kalau memang RAMnya bisa diupgrade lebih dari 4 Gigabyte. Karena ada beberapa jenis PC yang membatasi jumlah RAM (biasanya netbook) yang bisa digunakan secara hardware, jadi tidak ada cara untuk memaksa komputer tersebut menggunakan lebih dari 4GB RAM.

Jadi sebenarnya apa perbedaan antara Windows 32-bit dan 64-bit?

Pertama adalah kemampuan menggunakan RAM yang lebih besar (lebih dari 4GB) bila menggunakan sistem operasi 64-bit. Kalau suatu program membutuhkan RAM dalam jumlah besar (biasanya game, program desain atau editing video) dan digunakan secara intensif maka sebaiknya menggunakan Windows 64-bit.

Untuk program yang sama di Windows 64-bit akan lebih besar penggunaan memorinya dibanding di Windows 32-bit. Ini dikarenakan aplikasi tersebut memesan alamat memori yang lebih banyak (64-bit) dibanding di sistem operasi 32-bit. Jadi walau prosesor anda mampu menggunakan fitur 64-bit bukan berarti anda harus menggunakan sistem operasi 64-bit juga, pertimbangkan jumlah RAM yang anda miliki atau upgrade di kemudian hari.

Apa yang terjadi apabila Windows 64-bit di install Windows 32-bit?

Hal ini juga sering kali di lakukan banyak kalangan, dan penyebab utama karena program yang dibutuhkan hanya support dengan 32-bit. Yang pasti kemampuan mengolah RAM berkurang (terutama RAM yang terpasang 4GB keatas), harus mencari driver laptop/pc lagi yang support dengan 32-bit. Selain itu seharusnya tidak ada masalah berarti.

Saya sudah terlanjur menginstall Windows 32-bit dan ingin menggunakan RAM lebih dari 4GB.? Apa yang bisa saya lakukan?

Sebenarnya ada satu fitur Windows yang bisa membuat sistem operasi 32-bit menggunakan memori lebih dari 4 Gigabyte, tapi tidak ada jaminan berhasil. Nama fitur ini adalah Physical Address Extension (PAE), silahkan anda coba terlebih dahulu. Kalau gagal, maka sebaiknya anda install ulang sistem operasi anda menjadi 64-bit.

Semoga Bermanfaat.

31 pemikiran pada “Apa perbedaan antara Windows 32-bit dan 64-bit?”

    • Selamat sore Indra,

      Haha.. kaya tugas sekolah saja mas. ๐Ÿ˜€ Jawabannya adalah bisa, tapi ini juga tergantung apakah CPU anda mendukung arsitektur 64-bit. Cari saja informasi mengenai prosesor di notebook anda di Google mengenai dukungan 64-bit. Tapi saya hampir yakin 100% kalau CPU di laptop sekarang malah rata – rata bisa 64-bit, jarang yang murni 32-bit. Tidak ada salahnya dipastikan dahulu mas.

    • Kuat kok mas, tapi sayang kurang optimal nanti performa komputernya. Kalau dalam waktu lama cuma terpasang 2GB RAM maka sebaiknya yang 32-bit saja. Menurut saya yang terbaik adalah 64-bit.

    • Hmm… mau tahu apanya ya mas? Soalnya keseluruhan sudah seperti yang ditulis diatas mengenai keunggulan sistem operasi 64-bit. Sisanya sama saja dengan yang 32-bit.

  1. saya ingin bertanya
    saya pengguna PC, PC saya menggunakan ram 2GB dan windows 7 64 bit. saya baru install kemarin dan hasilnya sangatlah buruk dan PC saya menjadi lemot. ada solusi?

    Balas
    • Selamat malam Angga, macam – macam sih mas solusinya:
      1. Paling mudah tambah RAMnya, saya anjurkan minimal 4GB kalau bisa lebih.
      2. Matikan service – service tidak penting apalagi program yang ikut startup. Silahkan baca: http://utekno.com/mempercepat-booting-windows-11156
      3. Antivirus cukup satu saja. Jangan gunakan AVG dan Avira apalagi Norton karena beratnya.
      4. Matikan efek visual Windows 7 yang tidak perlu. Buka Control Panel > System > Advanced system settings. Klik Settings di bagian Performance, pilih opsi Adjust for best performance.
      Sementara ini dulu mas, kalau ada pertanyaan yang spesifik silahkan diajukan lagi.

    • Langsung ditanyakan disini saja mas biar bisa membantu pengunjung lainnya kalau ada masalah serupa. ๐Ÿ™‚

  2. saya punya pc dengan prosesor 64-bit dam Meggunakan ram 2GB,
    dan saya sudah menginstal windows 7 32-bit,
    ketika bermain game, game terkadang lengket,
    apa itu salah satu kelemehan juga jika prosesor 64-bit di instal windows 32-bit ?

    Balas
    • Halo Riza, ini lengket seperti apa ya? Lag maksudnya? Yang pasti RAM anda jelas sangat kurang mas, minimal 4GB karena nanti semua prosesnya akan kekurangan memori kalau dijalankan bersamaan. Saya yakin ini masalahnya besar RAM daripada jenis prosesornya.

  3. Malem mas bro.. saya mau tanya nihh.. saya beli laptop asus dengan spek ram 2 gb rekomendasi windows 8.1, 64 bit. Bisa gak klo saya isi windows 7, klo bisa saya isi pake yg mana nih 32 bit atau 64 bit ? Mks

    Balas
    • Halo Oji, boleh tahu ini ASUS tipe apa laptopnya mas? Kalau diinstall Windows 7 jelas bisa tapi biasanya yang jadi masalah adalah tidak ada drivernya.

      Kalau tidak ada rencana upgrade RAM lewat dari 4GB maka pakai yang 32-bit aman mas, tapi kalau mau lebih besar lagi ya sebaiknya yang 64-bit.

    • Halo Leonardo, saya yang bingung mas. Haha. ๐Ÿ˜€ Ini mas downgrade atau mengganti Windows yang digunakan dari 64-bit menjadi 32-bit? Secara konsumsi memori perbedaannya sendiri tidak signifikan kok mas, selisih 3-10% lah kalau dilihat dari task manager. Tapi kalau jumlah memori anda cuma 2GB memang lebih baik pakai yang 32-bit mas.

  4. permisi gan saya mau tanya saya pengguna acer 4739 ram bawaan 2gb dan saya tambah 2gb lg external,nah saya instal win 7 64 bit tetapi setelah d instal malah cpu usage nya jd hampir 100%,mohon pencerahanya

    Balas
  5. Om, mau Tanya. Laptop saya awalnya OS bawaan windows 7 Ultimate 32-bit, saya upgrade ke win 10 pro 64-bit. setelah upgrade, kenapa terasa agak berat ya kadang suka nge-hang dan lag gitu kalo mau jalanin suatu program (cuma app garena+ doang mau main PB :’v ). Saya juga udah browsing tentang cara mengatasi lemot pada OS win 10, om. Tapi tetap aja… Padahal Laptop saya speknya Cpu Intel Core i5, RAM 4gb, Vga gtx 525M. Mohon bantuannya om ๐Ÿ™‚

    Balas
  6. Malam gan, saya coba mengisntal laptop saya dengan win OS 64 bit, sebelumnya yang sudah terinstal adalah 32 bit. Nah sebelumnya laptop saya mati dan gk bisa start, cuma sampe di tampilan windows aja.. saya mencoba untuk menginstal ulang menggunakan win 7 64 bit, semua setting BIOS nya saya pikir udah fix, tapi gk berhasil gan, kadang dia start biasa aja, trus berhenti pas di tampilan windows, kadang ada peringatan ” Sandisk has been block by the privacy policy”, itu gimana ga?,
    1.Apakah itu masalahnya ada master yang saya pakai atau pengaturan nya aja.
    Soalnya saya coba di laptop lain, peringatan “has been bloknya” udah gk ada, cuman dia restart biasa aja, gak ada proses instalasi.. padahal Flashdrive nya terbaca di BIOS..
    ..
    Mohon ilmunya gan

    Balas

Tulis komentar...