Cara mengaktifkan Physical Address Extension di Windows 7 32 bit

Kalau anda menggunakan sistem operasi Windows 7 32 bit (x86) dan memiliki jumlah RAM lebih dari 4 GB maka tidak akan dikenali selebihnya. Ini karena memang batasan jumlah alamat memori yang mampu dibaca oleh sistem operasi 32 bit, tapi bukan berarti tidak ada cara lain memanfaatkan kapasitas memori yang lebih besar dari 4 Gigabyte, disinilah letak peran Physical Address Extension (PAE) di Windows untuk mendeteksi dan menggunakan RAM yang lebih besar tadi.

Kalau anda mengaktifkan fitur PAE di Windows 7 ada kemungkinan bisa mengenali memori sampai ukuran 8 GB, tapi saya tidak menjaminnya pasti berhasil. Silahkan dicoba dan diuji kestabilannya setelah menerapkan modifikasi dukungan memori yang lebih besar ini.
windows-7-system

Menghidupkan fitur Physical Address Extension melalui Command Prompt

Jalankan command prompt dan ketikkan perintah berikut bcdedit /set [{ID}] pae ForceEnable dan tekan Enter.
windows-7-command-prompt-pae-forceenable

Setelah itu restart komputer anda, semoga saja perubahan diatas mampu membuat Windows dipaksa menggunakan RAM lebih besar dari 4 GB.

Mematikan fitur?Physical Address Extension di Windows 7

Untuk mematikan PAE di Windows ketikkan 2 perintah berikut, salah satunya digunakan untuk mematikan DEP (Data Execution Prevention) terlebih dahulu:
bcdedit /set [{ID}] nx AlwaysOff

windows-7-command-prompt-nx-alwaysoff

bcdedit /set [{ID}] pae ForceDisable
windows-7-command-prompt-pae-forcedisable

Kemudian tekan Enter setelah mengetikkan setiap perintah diatas. Jangan lupa jalankan command prompt menggunakan hak administrator sebelumnya, pasti gagal kalau tidak memiliki hak akses yang tinggi.

Cara ini merupakan yang paling mudah dan setidaknya saat saya mencobanya pada 1 laptop berhasil membuat Windows 7 mengenali memori lebih dari 3,5 GB menjadi penuh 4 GB. Memang tampak tidak banyak perubahannya, tapi daripada tidak pernah digunakan sisanya kan lebih baik dimaksimalkan.

Ada cara alternatif lain yang membuat Windows 7 bisa menggunakan PAE dan mampu menggunakan memori 8 Gigabyte juga, tapi ini membutuhkan kemampuan hex editing dengan program seperti XVI32 dan membuat patch kernel Windows. Ini belum saya coba karena resiko merusak sistem operasi, tapi lain kesempatan akan saya update halaman ini dengan cara ini.

Tulis komentar...