Apa perbedaan Windows 8.1 N / VL / WMC?

Saya akui memang terlambat dalam mengadopsi Windows 8 atau Windows 8.1 secara penuh, biasanya cuma menggunakan di komputer kantor. Tapi sewaktu saya ingin memilih jenis Windows 8.1 untuk diinstall di laptop pribadi langsung saja saya bingung, apalagi ini Windows 8.1 N, VL dan WMC?

Kalau berbagai edisi Windows 8 sebelumnya seperti Pro, SL, Enterprise atau RT sudah saya pahami tapi adanya kode huruf lainnya ini menambah hal yang harus dipertimbangkan sebelum menginstallnya di notebook saya nantinya.

windows-8-start

 

 

Ternyata perbedaannya lebih sederhana dari yang saya perkirakan sebelumnya, dan semoga apa yang saya temukan ini juga membantu anda menentukan versi Windows 8.1 mana yang sebaiknya dipasangkan:

  • N – Merupakan jenis Windows yang tidak memiliki Windows Media Player (WMP), jadi anda harus menginstall sendiri audio dan video playernya. Saya rasa ini bukanlah masalah karena jarang sekali kita menggunakan WMP, biasanya yang dipakai untuk memutar video adalah VLC (Video LAN Codec) atau SPlayer. Jenisnya bisa Windows 8.1 N, Windows 8.1 Pro N, Windows 8.1 Enterprises N VL, dan entah kombinasi apalagi.
  • VL – VL (Volume License) adalah jenis Windows yang diaktivasi dengan lisensi massal, bisa diaktifkan berkali – kali tanpa batas. Biasanya digunakan oleh perusahaan yang membeli lisensi Windows 8.1 secara grosir untuk digunakan oleh aset internal. Biasanya yang digunakan adalah Windows 8.1 Enterprise tapi kadang Windows 8 Pro juga bisa termasuk.
  • WMC – WMC (Windows Media Center) merupakan jenis Windows dengan fokus multimedia entertainment system. Kita bisa merekam siaran televisi dan memainkan semua audio dan video simpanan anda dengan media playernya. Jenis ini saya belum pernah menemukan di Indonesia (maksud saya benar – benar digunakan sebagai media center), bukan cuma diinstall kemudian ditelantarkan. Dan setahu saya cuma ada Windows 8.1 Pro WMC.

Ada juga yang saya temukan seperti kode KN yaitu Windows 8 untuk Korea Selatan tanpa WMP juga. Dari hasil pencarian informasi lebih lanjut mengenai variasi edisi Windows 8 ini ternyata kebanyakan adalah kode regional dan memang dibatasi beberapa fiturnya dikarenakan instruksi resmi oleh pemerintah negara masing – masing.

Contohnya adalah Uni Eropa yang tidak memperbolehkan Microsoft menyertakan Windows Media Player di Windows 8 untuk mencegah monopoli software, dan akhirnya terciptalah Windows 8 edisi N. Sehingga tidak salah kalau kesan saat anda membaca perbedaan dari edisi diatas adalah “Hah, cuma itu?”. Ya, saya sendiri juga menganggap ini adalah hal sepele.

Semoga bermanfaat. 🙂

5 pemikiran pada “Apa perbedaan Windows 8.1 N / VL / WMC?”

    • Halo Anwar, yang pasti installer/ISO yang digunakan harus ada edisi tersebut mas. Baru kemudian diaktifkan dengan product key Windows yang diinginkan. Cuma itu saja kok.

Tulis komentar...