Apakah BitTorrent itu?

Dibandingkan mengunduh file menggunakan download manager kadang torrent merupakan alternatif cara download yang lebih baik. Apalagi kalau file tersebut berukuran besar seperti file video, ISO dari sistem operasi, musik, software dan sebagainya. Kecepatan download yang dapat dicapai torrent pun cukup tinggi bila seeder dari file yang diunduh berjumlah banyak dan tentunya koneksi internet anda harus cukup besar untuk memaksimalkannya.
bittorrent-logo

Sebenarnya apa sih BitTorrent itu?

BitTorrent merupakan protokol bersifat peer to peer (P2P) yang digunakan sebagai penyebaran file, anda bisa membuat file torrent dan menguploadnya dan tentu saja mendownload file torrent yang diupload dari orang lain. Jadi download menggunakan torrent tidak memerlukan server karena memang tidak ada.

Kalau file Torrent itu apa?

Untuk mendownload file yang didistribusikan menggunakan BitTorrent maka akan diperlukan file yang biasa memiliki ekstensi *.torrent. Jadi dengan mengunduh file ini menggunakan aplikasi client torrent akan langsung dikenali dan didownload. Alternatifnya anda bisa menggunakan link magnet untuk download file torrent.

Bagaimana program torrent mengetahui lokasi file yang didownload?

Di setiap file torrent terdapat informasi layanan pelacak dan disebut dengan tracker. Saat anda mendownload file dengan ekstensi .torrent maka program downloader BitTorrent akan menghubungi tracker torrent tersebut dan akan diberikan data dimana saja file tersebut berada dan kondisinya. Teknologi yang mendukung deteksi informasi torrent adalah DHT (Distributed Hash Table), dimana tidak dibutuhkan layanan tracking torreng terpusat untuk mengetahui jumlah seeder dan leecher dari torrent yang didownload.

Mengapa saya bisa mendownload torrent yang belum selesai diupload?

Kalau anda pernah mendownload torrent dengan jumlah seeder 0 jangan putus asa dulu, mash ada kemungkinan download tersebut berhasil karena protokol BitTorrent didesain seperti ini untuk meningkatkan daya hidup file yang didistribusikan.

Kalau masih ada yang mendownload file selain anda (leecher) anda masih bisa berharap mereka memiliki part – part yang berbeda sehingga bisa menjadi satu file utuh kembali.

Semua proses ini bisa terjadi tanpa menunggu proses upload selesai karena sistem download torrent akan langsung menyebarkan segmen – segmen torrent yang berbeda ke si pengunduh (leecher). Si pembuat torrent (seeder) awal tidak akan merasa terbebani karena banyaknya request download file tersebut dari komputernya.

Karena file torrent disebarkan dalam potongan – potongan kecil maka lebih besar kemungkinan selesainya download menggunakan torrent, karena proses download torrent tidak mewajibkan adanya yang bertugas mengupload saja walau akan lebih baik adanya si seeder ini. Jadi masih ada resiko tidak selesainya download torrent.

Kenapa download torrent bisa sangat cepat atau sebaliknya sangat lambat?

Ini yang mengakibatkan kecepatan torrent bisa maksimal atau minimal karena anda akan mendownloadnya dari banyak komputer orang lain. Triknya supaya download torrent bisa cepat adalah dengan mencari file yang memiliki jumlah seeder yang besar. Karena kecepatan download torrent juga dipengaruhi oleh koneksi internet dari komputer orang lain juga.

Apa saja aplikasi client torrent yang bisa digunakan?

Untuk mendownload torrent anda bisa menggunakan uTorrent, Deluge, Transmission atau qBitTorrent. uTorrent bisa dikatakan yang paling populer diantara semuanya. Sedangkan yang lainnya memiliki dukungan multiplatform seperti Windows, Mac, FreeBSD, Android dan Linux.

Lainnya

Beberapa aplikasi terkenal seperti StarCraft 2 dan World of WarCraft menggunakan protokol BitTorrent untuk sistem updatenya. ini disebabkan kecepatan torrent yang bisa maksimal dan penghematan bandwidth servernya.

Torrent juga memiliki reputasi sebagai cara download film, game, software, lagu dan sebagainya yang ilegal atau bajakan. Padahal tujuan dibuatnya bukanlah ini, beberapa penyedia distro sistem operasi Linux juga telah mengadopsi torrent sebagai media distribusinya. Jadi tidak semuanya masuk area hitam.

2 pemikiran pada “Apakah BitTorrent itu?”

  1. gimana cara mendownload sebuah file torent yang berisi puluhan file dengan total size mencapai puluhan gb ? kemarin baru saja browsing ke situs anime , kebetulan mau donlot tv series , tapi sizenya lumayan gede 16 GB tapi saya akalin pas di halaman awal utorent saya cuma pilih file 1-3 (total ada 17 file) , awalnya koneksi donlot untuk file 4 dst mati , tapi pas kompi saya hidupin lagi , eh 4 dst ikut jalan , akhirnya lama , cara menskip file gede gitu biar tetap jalan gimana ya ?

    Balas
    • Halo Iswandi,

      Hmmm… agak aneh juga kalau file yang sudah dipilih untuk tidak didownload masih dijalankan juga setelahnya, yakin prioritasnya adalah skip?

      Cuma kepikiran ini adalah private tracker(download torrent harus mendaftar akun dulu) yang memang banyak syaratnya, mungkin memang tidak boleh dipilih – pilih. Kalau sudah terlanjur berjalan downloadnya anda masih bisa melakukan seleksi download kok.

Tulis komentar...