Cara memilih file yang didownload pada uTorrent

Download file menggunakan torrent memang merupakan hal yang mudah, apalagi kalau anda mencari video yang memiliki banyak seri atau episode – biasanya sudah dikumpulkan menjadi satu dan kita tinggal mendownloadnya saja. Umumnya karena kita sudah mengkoleksinya maka wajar apabila sudah ada duplikatnya, dan akan mubazir kalau kita mengunduh ulang file yang sama.

Pada uTorrent kita bisa memilih file apa saja yang didownload yang ada dalam suatu file .torrent, jadi sebenarnya kita tidak perlu mendownload semua file yang ada. Ini selain menghemat bandwidth, mempercepat download file tertentu yang ada didalamnya, juga bisa digunakan untuk mengakali kecilnya kapasitas harddisk untuk menyimpan hasil unduhan – jadi kita download beberapa file dulu saja dan perlahan dicicil sisanya.

Bagaimana caranya? Saat anda membuka torrent dari file yang ingin anda download maka secara default jendela Add New Torrent akan terbuka, perhatikan pada bagian kanan akan ada kotak bernama Torrent Contents. Kalau isinya lebih dari satu maka anda bisa melakukan seleksi file apa saja yang didownload, hilangkan centang di sebelah nama file supaya uTorrent melewatinya (skip) dan hanya mendownload file yang anda tentukan. Kalau sudah klik saja OK.

utorrent-add-new-torrent

Selesai sudah, file yang tidak terpilih tidak akan didownload, jadi ini sekalian menghemat harddisk anda kalau file tersebut tidak dibutuhkan. Tentunya efek positif lain adalah file yang dipilih akan lebih cepat selesainya karena difokuskan ke yang aktif prosesnya.

Bagaimana kalau sudah terlanjur anda mendownload semuanya? Apakah masih bisa diatur mana yang didownload dan mana yang tidak? Jangan khawatir, masih bisa dimodifikasi kok. Anda tinggal memilih file torrent yang sedang aktif tadi, kemudian buka tab Files dan akan muncul daftar filenya.

utorrent-files-dont-download

Kemudian klik kanan pada file yang tidak ingin anda download atau lanjutkan prosesnya, dan pilih Don’t Download. Maka file tersebut akan berubah nonaktif dan statusnya menjadi skip menandakan uTorrent akan melewatinya.

Gampang kan caranya? 🙂

Oh ya, file yang saya download dalam contoh ini adalah Mind Movies and Other Sounds – Vol 1 dan berlisensi?Creative Commons Attribution 3.0 Unported License dari BitTorrent Bundle.

Tulis komentar...