ATM darurat sebenarnya ada dimana – mana

Sekarang bukan jamannya bawa uang tunai kemana – mana dalam jumlah banyak. Banyak transaksi yang bisa dibayar dengan kartu, ATM maupun credit card. Tapi pada saat urgent dan wajib memakai cash dalam membayar suatu hal maka mau tidak mau kita pergi ke mesin ATM bank yang anda miliki atau apabila terpaksa ya ke ATM bank lain dengan fee tambahan. Tapi bagaimana kalau tidak menemukan satupun ATM dalam perjalanan anda?

Nah… tahukah anda bahwa minimarket (Indomaret, Alfamart, Alfamidi, dan seterusnya) yang anda lewati walaupun tidak ada mesin ATM yang dititipkan disana tetap bisa digunakan untuk mengambil uang? Ya, saya yakin anda pernah menggunakan fasilitas pembayaran melalui debit lewat kartu ATM anda di kasirnya, dan hal ini bisa dimanfaatkan lebih jauh dengan mencairkan dana yang ada dalam tabungan anda.

ATM BCA Transaksi lain

Prosedurnya sama persis kok, cuma butuh kartu ATM dan pastikan minimarket yang anda kunjungi mendukungnya. Ini biasanya berarti BCA dan Mandiri, dan kadang BRI atau bank – bank lainnya tergantung kemitraannya.

Dan kita tidak bisa langsung menarik uang lewat kasirnya, syarat paling umum adalah kita wajib belanja dulu produk – produk mereka disana. Setidaknya di Indomaret dan Alfamidi (kedua tempat yang sering saya gunakan untuk tarik tunai) adalah minimal belanja sebesar Rp. 50.000, cukup besar kalau dihitung dan belum tentu kita butuh barang – barangnya. Dan minimal dana yang ditarik adalah Rp.50.000 juga, dengan maksimal Rp.500.000 untuk sekali transaksi.

biaya-tarik-tunai-bca-indomaret

Tapi ada satu catatan lagi, entah saja kapan Indomaret (atau mungkin minimarket lainnya juga?) menambahkan biaya sebesar Rp. 7.500 untuk setiap prosesnya. Dan ini tidak pernah diinformasikan oleh petugasnya. Jadi kalau dihitung – hitung ya sama saja kita ambil uang dari ATM Bank lain karena ada biayanya.

Bagaimana dengan pengalaman anda? 🙂

Tulis komentar...