Dimana sebaiknya menyampaikan keluhan ke Zalora?

Akhirnya setelah berbelanja di Zalora saya terkena sedikit masalah pada salah satu produknya, jadi dalam order saya ada isinya sepatu Spotec Grand Lace Taekwondo Shoes buat keponakan saya. Yang jadi masalah ternyata ukuran sepatu keponakan saya sekarang adalah 42 bukannya 41. Waduh… sudah terlanjur checkout walau pembayarannya di tempat (COD: Cash On Delivery).

Nah… berikut adalah pengalaman saya mencoba menghubungi customer service Zalora.co.id untuk mengubah ukuran barang yang sudah saya pesan dan mungkin berguna bagi anda yang ingin menyampaikan keluhan atau komplain kesana. Pada halaman kontak Zalora sebenarnya sudah diberikan beberapa metode untuk melaporkan kasus (calon) pelanggan ke customer service Zalora dan dibedakan menjadi Livechat, Email, dan Telepon ditambah akun media sosial.

Yang pertama saya lakukan adalah mengirimkan email ke [email protected] disertai nomor order dan nama produknya yang ingin diganti. Mungkin karena kebetulan saya membeli di sore hari dan baru sadar ada kesalahan kurang lebih 1 jam kemudian cuma mendapatkan email balasan respon otomatis. Ternyata customer service Zalora cuma aktif jam 9 pagi sampai 6 sore. Wah… telat untuk kontaknya.

zalora-indonesia-email-terimakasih-telah-menghubungi-customer-service

Untuk akun Twitter, Facebook, Instagram milik mereka sebaiknya hanya dibuat melihat katalog atau promo karena nantinya akan diarahkan juga ke halaman kontak Zalora – ini dari pengamatan saya sih dan saya tidak yakin admin social medianya ada 24 jam.

Sebenarnya sambil menunggu balasan pesan lewat email diatas saya menghubungi nomor telepon Zalora Indonesia yang tercantum di (021) 29490100 tapi selalu sibuk dan mungkin karena sudah lewat jam 18.00 akhirnya tidak diangkat. 🙁 Saya tinggal beraktivitas dan tidur jadinya, sambil berharap belum diproses barangnya.
Akhirnya karena saya masih berusaha mengkoreksi order saya karena tidak ingin kerepotan mengurus hal ini setelah barang terlanjur diterima maka saya mencoba Livechatnya yang katanya 24 jam standby dini hari ini. Terus terang kemarin sore sebenarnya sudah saya cari tapi tidak muncul di Mozilla Firefox, akhirnya saya buka di Google Chrome ada label kecil di sebelah kanan halaman. Silahkan diklik saja.

zalora-indonesia-livechat-customer-service

Ternyata memang agen customer service Zalora ada selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu karena saya bisa bertanya mengenai status order saya dan bagaimana cara menggantinya. Walau jawabannya ternyata sudah terlanjur diproses dan hanya bisa diurus setelah diterima barangnya kemudian dikembalikan ke gudang Zalora. Saat saya mau membatalkan transaksi supaya semuanya diulangi dari awal malah saya diingatkan kalau kupon voucher potongan 100ribunya tidak bisa digunakan lagi kalau dicancel. Terimakasih ya mas csnya sudah memberi warning.

Yah… setidaknya ada solusi dan tidak kecewa atas kualitas customer service Zalora lewat Livechat, dan masalah ini bukan karena kesalahan pihak Zalora melainkan saya sendiri yang salah memilih ukuran sepatu saat belanja dan tidak berhasil menghubungi support Zalora pada semua jalur yang ada pada percobaan pertama.

Jadi dari pengalaman saya ini dapat disimpulkan respon tercepat dan terbaik dari pihak Zalora adalah lewat Livechatnya, kalau anda ingin menghubungi mereka sebaiknya menggunakan metode ini langsung.

60 pemikiran pada “Dimana sebaiknya menyampaikan keluhan ke Zalora?”

  1. saya sudah melakukan transfer sejak tanggal 30 mei lalu, tiba tiba pada tanggal 1 juni malam saya mendapatkan email kalau order saya dibatalkan. mohon konfirmasinya

    Balas
  2. Saya belanja di zalora pada tgl 9 november 2017 dengan no.order 267141482 merk le najwa,di kirim via jne,,yg membuat saya kecewa barang tidak di packing dengan semestinya,cuma di bungkus plastik putih bening pembungkus bajunya (bukan plastik packing),dan sudah dlm keadaan sobek,kan rawan kotor di samping itu jg tidak nyaman barang yg kt beli bs di lihat banyak org,beli barang di toko kelontong saja masih di kasih bungkus tas keresek,lah ini ol shop besar sepeti zalora tidak menyediakan pembungkus buat packing…

    Balas
  3. Dear Zalora,

    Kenapa untuk request pengiriman hari ini untuk no order 271989682 tidak bisa dilakukan ? saya mohon dengan sangat untuk dapat dibantu pengiriman bisa sampai di alamat yang sy cantumkan sabtu ini 25 nov 2017 sebelum jam 3sore.
    karna sy mau berikan ke teman sy sebagai hadiah besok.

    Thankyou

    Balas
  4. Ini terjadi ketika dr pihak Zalora salah kirim barang dgn size yang salah hrsnya sy pesan 43 yg di kirim 44, sampai detik ini tdk ada sudah seminggu lebih barang sy tukar tidak sampai ke rumh dan respon dr Instagram tidak ada.. Zalora sangat mengecewakan.. tdk professional dlm penukaran Brg Krn kesalahan dr zalora sendiri .. sy pun sudah memberi email dan no telfon di app Zalora tp smpe detik ini tdk ada respon dr zalora baik cs atau adminnya.. terimakasih Zalora buat saya kapok belanja di Market place anda?

    Balas
    • Kalau kasusnya parah saya biasanya bikin post di Twitter mbak, tag akun mereka.

      Karena ini publik biasanya direspon dengan layak.

Tinggalkan komentar