Dimana sebaiknya menyampaikan keluhan ke JNE?

Apakah paket atau dokumen yang dikirim melalui JNE terlambat, kecewa, terlalu lama, hilang entah kemana, tidak jelas kondisinya, rusak saat diterima dan mengalami musibah – musibah lainnya? Kalau anda terkena salah satu masalah seperti itu dalam pengiriman paket JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) kemana anda harus mengeluh atau komplain?

JNE menurut saya merupakan salah satu perusahaan ekspedisi yang benar – benar memanfaatkan kehadirannya di internet dengan baik, anda bisa menemukan berbagai medium atau fasilitas untuk menanyakan keadaan dari paket yang dikirim. Anda juga bisa memberikan saran, kritik, keluhan, klaim ganti rugi, pengaduan, pertanyaan, dan sebagainya dengan mudah dan direspon cukup cepat.

Tapi sebelumnya silahkan anda cek resi JNE terlebih dahulu, dan bila ada yang tidak dimengerti maka pahamilah maksud kode dalam status JNE. Ini supaya anda mengetahui sendiri bagaimana prosesnya sebelum melabrak JNE mengenai masalah di paket tersebut.

Sekarang sebaiknya dimana kita menyampaikan keluhan ke JNE yang akan diberikan jawaban yang memuaskan? Setidaknya ada sedikit penjelasan kenapa masalah itu terjadi dan solusi apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Nah.. anda bisa mencoba salah satu dari beberapa tempat untuk menghubungi JNE berikut ini. Semoga sukses.

Menghubungi JNE lewat email

Anda bisa dengan mudah menghubungi JNE untuk mendapatkan update status kiriman paket anda, alamat emailnya adalah [email protected] Malas membuka akun email untuk mengirim email? Gunakan Form Trace and Tracking JNE yang fungsinya sama untuk mengirimkan surat elektronik ke bagian pelayanan pelanggan.
jne-trace-and-tracking-form

Isikan dengan informasi paket anda dan tunggu balasannya.

Mengubungi JNE lewat Kaskus

JNE memiliki thread sendiri di forum terbesar di Indonesia, bahkan sekarang sudah mencapai part ke-6. Anda bisa mengunjunginya di halaman Perwakilan JNE Pusat, link ini akan saya update kalau sudah mencapai bagian baru.
jne-kaskus

Menuliskan komplain bisa lebih mudah dan cepat responnya kalau di forum karena banyak mata yang membaca, bisa dikatakan image dari JNE akan terlihat dari bagaimana melayani pelanggan di muka umum.

Menghubungi JNE lewat Twitter

JNE sendiri bisa dikatakan cukup aktif di Twitter, anda bisa menanyakan langsung status dari kiriman anda dengan mudah dan dibalas dalam waktu yang cukup cepat. Anda bisa mengunjungi akun Twitter JNE: @JNE_ID
jne-twitter
Ini menurut saya juga ada hubungannya dengan menjaga public relationship antar JNE dan pelanggannya.

Menghubungi JNE lewat Facebook

Kalau dibandingkan bagaimana cara JNE berinteraksi dengan pelanggannya daripada melalui Kaskus dan Twitter, tampaknya di Facebook lebih dianaktirikan. Banyak pertanyaan yang diabaikan dan malah memberikan kesan negatif terhadap reputasi JNE (setidaknya di Facebook), walaupun memang beberapa komentar pelanggan termasuk sadis kepada JNE. Ini mungkin disebabkan oleh sikap acuh tak acuhnya JNE di Facebook terhadap keluhan pelanggan. Alamat Facebook Page JNE: JNEPusat.
jne-facebook-page
Jadi saya tidak menyarankan menghubungi JNE melalui Facebook Pagenya. Daripada anda sudah capek – capek mengetik tapi tidak dibalas. Kalau mau nulis komplain yang panjang lebih baik di Kaskus saja, yang singkat langsung mention Twitter JNE.

Lainnya

Seluruh akun JNE yang dihubungi diatas adalah JNE pusat, jadi belum tentu masalah yang dialami adalah akibat dari JNE yang dikomplain. Tapi setidaknya pengaduan anda akan disampaikan ke cabang JNE di kota anda, jadi bisa dikatakan perannya nanti bisa sebagai fasilitator penyelesaian masalah anda.

3.439 pemikiran pada “Dimana sebaiknya menyampaikan keluhan ke JNE?”

  1. Mohon izin tanya paket saya blm datang datang… Saya pendatang baru di kebumen nomor resi ” 023830001438420″ takutnya kurirnya ngga nelfon cuman nanya nanya doang jadi ngga ada yg tau saya.. Krn saya pendatang

    Balas
  2. Mohon jne bogor barang segera dikirim k jakarta,saya cek resi 080310038006720 belum juga transit k jakarta..masih di jne bogor padahal udah 3 hari dr tgl pengiriman mohon bergerak cepat supaya tidak mengecewakan

    Balas
  3. Halo, mas.. saya mau tanya tentang pesanan saya, dengan nomor resi 8822162035738845 dan 8822162037676555
    Sudah dr tgl 19 mei 2020 status masih sama (ditempat pengirim, jakarta) dan belum ada pengiriman ke bekasi. Pembelian dari shopee. Saya sudah mencoba tlp ke 02150868880 tp tidak dapat terhubung. Krn barang itu urgent mohon info kapan barang saya nasibnya gimana ya??
    Terimakasih

    Balas
  4. Dh,
    Barang sy yg belum diterima melalui pengiriman JNE Reguler dengan No resi 8822162041968840, yg di
    SHIPMENT RECEIVED BY JNE COUNTER OFFICER AT [JAKARTA] tgl 27 Mei 2020

    Balas
  5. Mas ini gimana. Paket saya terakhir di sorting center tanggal 9.
    Resi : 541740013464620
    Masa tanggal 10 dan 11 hari ini belum juga update prosesnya? Kan barang punya estimasi sampai. Kalau begini kan namanya memperlambat. Terlebih itu isinya makanan.

    Balas
  6. Hallo JNE paket sya dari tgl 12 juni s/d skrg tgl 19 juni masih belum datang² dgn resi 011910079622420 malah sya cek tracking tgl 16 kok ya alamt tidak valid, padahal saya beli online pakai alamat yg itu² aja. Gimana JNE ?

    Balas
  7. TOLONG TANGGAPI KOMENTAR SAYA, KURIR YG INI KURANG AJAR RIDAK ADA SOPAN SANTUN DAN TATARAMAH NYA. SAYA INGIN MELAPORKAN KURIR INI KE PUSAT JNE.

    Balas
  8. Paket saya dgn no. Resi 8823902008658267 kok kn proses terus ya, gk ada pergerakan bisa tlong diinfokan, saya cek resi juga on proses terus

    Balas
  9. Barang belanja saya dari Jakarta menggunakan jasah kiriman REGULER melalui JNE FRAYA Jl. Sunter Kemayoran no. 52 RT
    4/RW. 2 Sunter Jaya Tj. Priok Jakarta Utara nomor resi : TJR0674184301886, dikirim dari tgl. 1 Sept sampai tgl. 5 sept, saya cek di aplikasi JNE …. CEK RESI PAKET JNE…. barang tsb. belum dikirim dari JNE Jakarta … MENGAPA DEMIKIAN JNE FRAYA… MENGAPA TERLAMBAT…. Jawab dong JNE FRAYA

    Balas
  10. Saya pernah beberapa kali dikecewakan, kalo masalah yang dikirimkannya barang yang tidak cepat basi sih gpp, masih maklum, ini pakai jasa jne yes ko telat aja ya, alasan penjual memakai JNE YES BINTANG yang akan sampai keesokan harinya, saya ga ngerti. setelahnya saya order kembali barang yang sama karena tidak ada pilihan kurir selain JNE, dan wanti2 kepada penjualnya agar dikirimkan sebelum jam cutt off time penjemputan, penjualnya mengirim jam 13 31 diupdate baru malam hari pukul 20.31 dan sampe dua hari setelah penjemputan, setelah complain ya alasannya memakai JNE yes bintang , selain itu status resi ” delivered” tapi sebetulnya belum saya terima pada kenyataannya. dan baru diterima keesokan harinya, lalu mengapa sudah diupdate kalo barang sudah terima padahal belum terkirim? dari namanya aja JNE YES yakin esok sampai,. tapi ko baru bisa diterima dua hari setelah barang di pick up. komplen ke customer care akan dilaporkan yang memakan waktu 4 hari, lapor sama batas waktu pengiriman barang lamaan pelaporan.

    Balas
  11. Hallo ini saya pesen barang dari bandung ke babat lamongan, dan sudah sampai di surabaya pd tgl 29,biasanya keesokan harinya akan dikirim.
    Tapi ini sampai tgl 31,sudah 3 harian gak berubah. Gimana jadinya?

    Balas
  12. Paket saya,saya sudah lacak sudah diterima di tangan kurir sejak tanggal 21 Desember 2020 tapi sampai sekarang belum datang juga mohon konfirmasinya tempat terakhir ada di Probolinggo sedangkan pengiriman nya menuju ke kota Lumajang, Surabaya ke Lumajang memakan waktu tanggal 18 Desember 2020 – 2 Januari 2021 2 Minggu lebih bagaimana ini apa barang saya hilang saya tunggu konfirmasi dari pihak JNE!!!

    Balas

Tinggalkan komentar