Audio di Windows 10 bertukar bergantian

Oke, judulnya memang agak susah dipahami. Yang saya maksudkan itu di laptop saya tersambung 3 perangkat audio: internal speaker, bluetooth speaker dan wireless earphone TWS. Kadang kalau setelah menggunakan satu jalur audio dan mematikannya, yang terjadi malah bisa pingpong antara 2 perangkat sisanya. Walaupun tidak tersambung koneksinya. Ya bergantian aktif tanpa kendali.

Nah, saya ketemu satu solusi yang bekerja untuk masalah saya. Saya tidak menjamin ini bisa mengatasi kasus anda juga, tapi tidak ada salahnya dicoba.

Hapus driver audio yang terinstall

Pertama yang perlu dilakukan adalah menghapus driver audionya. Dalam hal ini Realtek High Definition Audio Driver. Tapi dari pengalaman saya kalau dari Add Remove Program tidak ada efeknya. Yang saya lakukan adalah membersihkan dari Device Manager. Untuk mengaksesnya bisa lewat Start Menu ketikkan device.

windows 10 device manager realtek audio

Kemudian pada bagian Sound, video and game controllers. Klik saja. Pada bagian Realtek Audio klik kanan dan pilih Uninstall Device juga drivernya sekalian saat dikonfirmasikan.

Restart dan install driver audio terbaru

Kedua, Restart PC atau laptop anda dan kemudian bisa install ulang drivernya secara otomatis dari Windows Update. Atau memasangnya secara manual dari download driver audio untuk motherboard atau pabrikan laptopnya.

Yang saya alami, cukup setelah restart maka Windows 10 akan mengenali kembali perangkat audio Realtek dan menginstall secara otomatis kelengkapan drivernya. Dan normal kembali begitu saja.

Penyebabnya kalau saya tebak ada pada update tidak secara benar terpasang atau ada yang korup firmwarenya. Karena itu inti perbaikannya sederhana, cuma uninstall driver audio dan restart. Tapi yang orang awam akan terlewat itu membersihkan drivernya dari Device Manager baru ampuh.

Sekian dan semoga bermanfaat. 🙂

Tinggalkan komentar