Mengatasi audio terputus-putus saat main game di Windows

Bertemu sahabat lama yang masih aktif ngegame di PCnya sebelum lebaran ini. Ternyata sambil tanya-tanya dan demo mainnya, ini baru ganti VGA (NVIDIA tampaknya) dan ada masalah baru terjadi dimana saat main game suaranya jadi putus-putus. Ga lancar dan jelas jadinya mengganggu pengalaman bermain.

Yang pasti pakai GPU lama tidak ada masalah lagi. Ini sudah sempat kepikiran retur ke sellernya di Tokopedia tapi karena masih penasaran dari sore sampai malam kami troubleshooting masalahnya… dan akhirnya teratasi.

microsoft solitaire collection

Masalah audio terputus-putus/stutter ini ternyata asalnya dari motherboard untuk CPU AMD Ryzen dengan chipset X570. Teknisnya bisa digoogle sendiri tapi sederhananya ada konflik antara PCIE gen 4 dengan X570, disini saya membagikan solusinya saja.

Pada setting BIOS cari opsi PCI Express dan ubah dari Auto atau PCI Express 4 menjadi PCI Express 3. Restart dan tes lagi, seharusnya akan normal semuanya.

Tampaknya karena pakai kartu grafis baru motherboardnya ganti defaultnya ke auto atau PCIE4 dan terjadilah kendala ini. Bandwidth PCIE yang ada tidak cukup sehingga menyebabkan proses audio game seperti patah berulang kali.

Oh ya, saya baca-baca hal yang sama bisa menyebabkan koneksi perangkat USB terputus hubungannya. Bisa dipertimbangkan kalau mengalami hal yang sama.

Tinggalkan komentar