[Review Buku] Belajar membuat program sistem informasi dengan Visual Basic .NET

Terakhir saya menyentuh pemrograman Visual Basic .NET adalah sewaktu kuliah dahulu, dan saya masih ingat dengan susah payah memahami syntax dari VB.NET dan belajar logika pemrograman. Itupun masih menggunakan Microsoft Visual Studio 2008 pemberian kampus tercinta melalui MSDN AA (sekarang namanya adalah DreamSpark). Dalam tahun baru 2015 ini saya mendapatkan tugas untuk membangun program sederhana untuk tempat kerja saya, sederhana yang diminta: membuat sistem informasi stok barang untuk penggunaan internal.

Karena sudah lama saya tidak terjun di dunia pemrograman secara serius maka saya berinisiatif membeli buku tentang pemrograman tapi langsung yang membahas pembuatan program yang berfungsi di dunia nyata. Jadi bukan tentang dasar – dasar pemrograman, terlalu lama nantinya saya membaca teori tapi tanpa aksi. Segera saja saya ke Gramedia untuk mengecek apa saja buku yang tersedia.

Setelah mempertimbangkan berbagai macam buku dalam kategori Visual Basic .NET saya merasa cocok dengan buku berjudul “Cara Mudah Membangun Sistem Informasi Menggunakan VB.NET dan Komponen DXperience” yang ditulis oleh Stefano S.Kom dan diterbikan oleh ANDI.

cover-buku-membangun-sistem-informasi-vbnet-dxperience-stefano

Apa yang ditawarkan (setidaknya dari cover buku) sungguh membuat saya tertarik karena langsung dalam membangun software dan disediakan source codenya. Jadi untuk yang mau cepat bisa segera membuat berdasarkan kode program yang telah disertakan dalam CDnya.

Kita akan menggunakan Microsoft Visual Studio 2012, Microsoft SQL Server 2012 sebagai databasenya, dan komponen DXperience untuk tampilan visual dan beberapa bagian komponen programnya.

Bagaimana dengan kualitas bukunya? Terus terang saya hanya membaca sekilas bagian – bagian awalnya karena berisi teori dan beberapa tips & trik yang saya sudah ketahui karena dulu saya cukup mampu dalam pemrograman, jadi saya cuma menyimak secara sekilas untuk menyegarkan ingatan saya mengenai dasarnya.

Berikutnya saya langsung membaca isi bukunya dan wow… saya merasa sangat terbantu karena saya diajarkan dari awal mulai desain database menggunakan Microsoft Access, desain form, logika program, dan sebagainya. Hasilnya program anda akan memiliki fitur – fitur program inventory seperti stok masuk, stok keluar, garansi, servis, sistem user, laporan dari masing – masing data yang ada, dan banyak lagi.

Tentu saja tidak ada one size fits all, program hasil ciptaan panduan buku ini belum tentu memenuhi seluruh kebutuhan kita dan memang saya pasti akan melakukan modifikasi terhadap beberapa bagian, bahkan yang tidak perlu akan saya hapus supaya tidak membuat bingung saat membacanya.

Terus terang saya sangat menyarankan buku?”Cara Mudah Membangun Sistem Informasi Menggunakan VB.NET dan Komponen DXperience” baik untuk pemula, mahasiswa yang menempuh skripsi atau seperti saya yang cuma karyawan yang ditugaskan membuat program sistem informasi inventory toko. Memang benar – benar mudah sesuai klaim judul bukunya. 😀

2 pemikiran pada “[Review Buku] Belajar membuat program sistem informasi dengan Visual Basic .NET”

Tulis komentar...