Berapa biaya BCA untuk menerima transfer uang dari luar negeri?

Bagi para pekerja online yang menggantungkan pendapatannya dari luar negeri maka tentu ingin membawa uangnya kembali ke Indonesia, dan metode yang umum digunakan antara pakai Western Union atau Wire Transfer (transfer dana) ke rekening bank langsung. Kalau WU tidak ada feenya memang. Tapi kali ini saya sedang ingin tahu berapa biaya untuk menerima kiriman uang di luar negeri menggunakan BCA.

Jadi setelah baca – baca di internet kabarnya simpang siur dari cuma kena fee sebesar $5 per transaksi dan mencapai $20. Bisa mahal sekali ternyata, apalagi kalau yang dikirim tidak sampai $100 bisa sakit sekali potongan biayanya hanya untuk menerima transfer. 🙁

Akhirnya saya putuskan tanya langsung ke Twitter HaloBCA, bisa anda baca balasannya:

Kesimpulannya malah bisa lebih mahal daripada yang disebutkan di internet. Jadi pasti sudah kenal $5 sebagai biaya administrasi dari BCA juga ada tambahan 15-30 USD tergantung bank korespondensinya. Tidak salah kalau saya baca dari pengalaman orang – orang bisa kena 30 dollar. 🙁

Kalau anda tetap ingin menggunakan BCA setelah tahu fee wired transfer diatas maka akan butuh kode SWIFT (BIC) BCA, yakni CENAIDJA.

Sekarang saya sedang mencari – cari bank lain yang potongan biaya untuk menerima transfer dari luar negeri yang murah. Katanya sih Bank Mandiri, Danamon dan BRI adalah yang paling rendah. Semoga saja benar.

436 pemikiran pada “Berapa biaya BCA untuk menerima transfer uang dari luar negeri?”

    • Betul sekali mbak.

      Kalau rekening banknya tipe Rupiah/IDR maka masuknya otomatis dikonversi menggunakan kurs saat itu + fee.

      Beda kalau rekeningnya Dollar/USD, masuknya ya langsung dikurangi fee. Mata uangnya tetap.

Tinggalkan komentar