Berapa biaya BCA untuk menerima transfer uang dari luar negeri?

Bagi para pekerja online yang menggantungkan pendapatannya dari luar negeri maka tentu ingin membawa uangnya kembali ke Indonesia, dan metode yang umum digunakan antara pakai Western Union atau Wire Transfer (transfer dana) ke rekening bank langsung. Kalau WU tidak ada feenya memang. Tapi kali ini saya sedang ingin tahu berapa biaya untuk menerima kiriman uang di luar negeri menggunakan BCA.

Jadi setelah baca – baca di internet kabarnya simpang siur dari cuma kena fee sebesar $5 per transaksi dan mencapai $20. Bisa mahal sekali ternyata, apalagi kalau yang dikirim tidak sampai $100 bisa sakit sekali potongan biayanya hanya untuk menerima transfer. 🙁

Akhirnya saya putuskan tanya langsung ke Twitter HaloBCA, bisa anda baca balasannya:

Kesimpulannya malah bisa lebih mahal daripada yang disebutkan di internet. Jadi pasti sudah kenal $5 sebagai biaya administrasi dari BCA juga ada tambahan 15-30 USD tergantung bank korespondensinya. Tidak salah kalau saya baca dari pengalaman orang – orang bisa kena 30 dollar. 🙁

Kalau anda tetap ingin menggunakan BCA setelah tahu fee wired transfer diatas maka akan butuh kode SWIFT (BIC) BCA, yakni CENAIDJA.

Sekarang saya sedang mencari – cari bank lain yang potongan biaya untuk menerima transfer dari luar negeri yang murah. Katanya sih Bank Mandiri, Danamon dan BRI adalah yang paling rendah. Semoga saja benar.

464 pemikiran pada “Berapa biaya BCA untuk menerima transfer uang dari luar negeri?”

    • Betul sekali mbak.

      Kalau rekening banknya tipe Rupiah/IDR maka masuknya otomatis dikonversi menggunakan kurs saat itu + fee.

      Beda kalau rekeningnya Dollar/USD, masuknya ya langsung dikurangi fee. Mata uangnya tetap.

  1. Harus buka rekening BCA yang khusus dollar dulu ya biar lebih mudah transaksi menerima uang dari luar negeri,agar tidak langsung terkonversi ke rupiah ?
    Apakah bisa tidak kita tukarkan langsung dari dollar ke rupiah?

    Balas
    • Betul sekali mas, kalau rekening tujuannya USD maka akan langsung masuk sesuai nominalnya. Dengan fee tentunya.

  2. Saya juga mau nanya nih ka, saudara sya kirim uang dari singapur hari jum’at 30 Mei 2021 sekitar pukul 11. Nahh sampai skrg uangnya belum masuk ke rek saya pake BCA. Biasanya cepet tapi baru kali ini seperti ini.

    Balas
  3. Saya juga mau nanya kak, saudara saya ada kirim uang dari singapura di tgl 3 mei 2021 melalui atm dbs dan ke rek saya bca, tapi sampai sekarang belum masuk juga padahal sudah success di sms nya ka.. Itu gimana ya ka? Mohon dibantu ka, tks.

    Balas
  4. Berarti fee-nya langsung kepotong dari uang yang ditransfer kak?
    Tapi kalau kita disuruh bayar lewat bank gimana kak?

    Balas
    • Betul sekali mbak, akan otomatis diambil dari transferan yang masuk. Kita cuma terima bersihnya saja.

      Contohnya bayar lewat bank seperti apa ya mbak? Transfer? Harap tahan dulu, kalau ragu langsung ke banknya. Takutnya modus penipuan.

  5. Mohon bantuan informasinya kak, saudara saya kirim uang dari Bank DBS Singapore ke rekening BCA saya, dari laporannya terkirim tapi saya belum menerima dari aplikasi mobile BCA, perlu waktu berapa lama untuk masuk ke rekening saya?

    Balas
    • Kirimnya hari apa mbak? Kalau akhir minggu baru diproses hari seninnya, kemudian dalam 1-2 hari akan masuk.

  6. Jadi saya itu dapat email dari bank Amerika katanya saya dikenakan biaya senilai 1000 USD untuk meneruskan transfer uang agar uang tersebut masuk ke rekening saya,saya bingung kok saya dikenakan biaya lagi pas saya minta langsung potong saja pada uang yang ditransfer mereka malah bilang kalo biaya yg saya bayar itu sudah peraturan yang diminta bank Indonesia,jadi intinya mereka memaksa saya buat transfer mereka ..gimana ya kak apa ini penipuan?
    Mohon balasannya kak

    Balas
    • Ga ada mbak aturan begitu.

      Saya pernah membantu pembaca disini memahami permintaan bank BCA. Yang memang uangnya ditahan sementara tapi karena nominalnya terlalu besar, kalau dirupiahkan sekitar 4 milyar dari saudaranya. Kalau saya sendiri paling banter belasan juta saja.

      Ini perlu dokumen dan notaris untuk mencegah pencucian uang. Dan uang sebesar itu pun tidak ada namanya fee yang diminta transfer oleh bank, nasabah terima jadi saja setelah dipotong semuanya. Kecuali biaya notaris setahu saya. Lagi, terima bersih.

      Ini transfernya ke bank apa? Langsung saja ke call centernya mbak untuk konsultasi, jadi konfirmasi lagi ke pihak banknya secara resmi.

      Soal modus penipuan: https://utekno.com/modus-penipuan-barang-kiriman-luar-negeri-8588/

      Dan bisa kirimkan foto/screenshotnya percakapannya ke [email protected] supaya privasi terjaga.

  7. jika seperti ini benar atau tidak ya
    saya mendapat tranferan dr teman saya tetapi saya harus membayar terlebih dahulu

    Hello madam This is a message from international central bank. Hello with this notification, we herely inform that we have understood. A special Fund Transfer Policy Letter from the Central Bank Contents of the Letter clarifies that the transfer of your initiated funds is temporarily withheld by the Central Bank due to the newly decompiled Nore-Resident Offshore Account Transfer Rules transferred to you within the consolidated dollar rate. Before you successfully receive your funds. You have an exchange rate bill payable. you will need to make a 5,000,000 million indonasia rupees Fund payment After payment you will successfully receive your funds when you receive this message. The funds please contact us as soon as possible and DM for payment. Central bonds (___TRANSACTION___)

    Madam you have to make exchange rate payment because more money is transferred to you to dollar value you have to make exchange rate payment before more changes go into your account Madam

    $…dollar was transferred to your account you have to make the payment for exchange rate so that the money will reflect to your account thank you….

    Balas
    • Abaikan saja mbak. Biaya transfer internasional otomatis dipotong dari dana yang masuk.

      Kalau ragu langsung kontak saja call center BCA.

  8. Halo kak, saya mau tanya, kemarin tanggal 11 mei 2021 saudara saya yg di Canada Tf uang ke saya, saya kasih rek.Bca saya, keterangannya di sana 7 hari kerja, tapi sampai skrg saya blm dapat email/sms dari pihak WU, itu gmna ya kak? Terimakasih sebelumnya?

    Balas
  9. hallo kak , kalau dapet transferan dri luar negeri 5000 USD ke rekening BCA pada hari jumat kira kira proses nya berapa lama yaa?

    Balas
    • Disini kita cuma bisa bilang garis besarnya, yakni minimal 15 USD bu. Kalau transfernya melewati bank lain dalam rutenya (tidak langsung) ini per titik bakal kena fee juga.

  10. Bg , klo menerima 2.750 USD ke bca , dalam bentuk rupiah langsung .

    Biasanya dipotong sebesar berapa biaya admin penerimaan ? Via bca expresi

    Balas
  11. 15-30 usd itu hanya kisaran.
    Bank bca sendiri tidak tau berapa maksimum di kenakakan untuk koresponden.
    Contoh saya kena 5usd fee administrasi ditambah 37usd koresponden.
    Total biaya 42usd

    Balas
  12. Halo kak Chandra,

    Sudah coba pakai bank apa saja ya utk terima uang dari luar negeri? Ada ga Bank yang koresponden fee nya kecil atau malah 0?

    Balas
  13. Halo kak Candra…
    mau nanya apakah ada batasan pengiriman uang dari LN ke BCA yang harus menggunakan notaris itu sampe kisaran berapa dollar??
    mohon dijawab…
    terima kasih

    Balas
  14. Kak, mau tanya.
    Kalau kita akan menerima kiriman uang dari hongkong yang nominalnya sekitar 65jutaan, itu harus mempersiapkan apa saja ya? Masuknya ke rekening BCA. Apa harus punya npwp atau hal lain? Karena ini gaji dari pekerjaan online. Terima kasih

    Balas

Tinggalkan komentar