Bisakah Ram DDR3L digunakan pada slot DDR3?

Apakah DDR3L itu? merupakan memory atau RAM yang digunakan pada mesin (mainboard) dengan sistem “low voltage”. Biasanya pada processor Intel 4th Generation keatas sudah menggunakan DDR3L.

Pada RAM untuk menandakan DDR3L atau bukan, bisa dilihat pada stiker yang tertempel. Apakah tertera PC3 atau PC3L? PC3 = DDR3 , jika PC3L = DDR3L.

Nah apakah DDR3L bisa di pakai pada slot DDR3? jika melihat sifatnya bahwa DDR3L merupakan dual voltage yang bisa berjalan pada 1,35V dan 1,5 V. Maka jawaban dari pertanyaan di atas adalah bisa.

Slot DDR3 hanya berjalan pada tegangan 1,5V, karena ram DDR3L bersifat dual voltage alias juga berjalan di 1,5V. Maka seharusnya ram DDR3L bisa bekerja dengan normal di slot DDR3. Namun hal ini tidak berlaku sebaliknya, slot DDR3L tidak bisa dipasang RAM DDR3.

Walaupun begitu disarankan sebisa mungkin hal ini dihandari, mengapa? meskipun tidak semua, tetapi ada kasus dimana ketika slot DDR3 diapasang ram DDR3L pada awal pemakaian tidak ada masalah. Namun setelah berapa bulan pemakaian error mulai terjadi.

Error yang sering terjadi antara sering Blue Screen dan layar blank (power menyala tetapi tidak ada tampilan). Meskipun sudah diganti dengan ram DDR3L yang lain error masih terjadi, namun ketika dikembalikan ke ram DDR3 error pun hilang.

Jadi saran saja sebisa mungkin gunakanlah RAM yang sejenis, namun jika terpaksa karena DDR3 sudah mulai sulit dicari baru pergunakan ram DDR3L.

26 pemikiran pada “Bisakah Ram DDR3L digunakan pada slot DDR3?”

  1. Latop saya slot ramnya ddr3 , saya pasangkan ram ddr3l 4gb. Untuk beberapa bulan ini gak ada masalah. nah sekarang saya mau tambah ram lagi jadi 2 x 4gb , tapi yang satunya saya mau tambah ram ddr3 biasa saja. Apakah masalah?

    Balas
  2. Widy Jantiko – Bandung, Indonesia – Perkenalkan saya Widy Jantiko, saya menawarkan berbagai macam kebutuhan Properti dengan skema Flexible dari hunian, kavling siap bangun hingga aset produktif di Bandung Raya. Gunakan kesempatan ini untuk mengamankan aset masa depan anda

    Gan, mau curhat, ane beli 4gb DDR3LV merk Visipro, udah ane garansiin, pertama beli, kedetected di BIOS asus x453ma, tapi begitu masuk boot OS, entah windows 8.1 atau linux manjaro selalu keluar pesan error, ane pikir rusak memorynya, ya udah ane bawa aja ke IT klinik visipro, dan seminggu kemudian ditukar ama yang baru karena masih garansi, dan ane cobain lagi ke laptop, dan berhasil login baik di kedua OS tadi, tapi anehnya error di Linux, system menjadi Freeze secara random pas udah beberapa menit,, di Windows langsung BSOD setelah beberapa detik, yang jadi pertanyaan, ini kenapa ya? laptop gak support?
    terima kasih pencerahannya

    Balas
    • Kalau dari kronologi kemungkinan besar laptop tidak support dengan ram DDR3L. Karena ciri2 sering hang atau freeze setelah ganti ram, 99,9% karena tidak cocok dengan mobo. Coba pinjamkan ke teman yang support DDR3L gan untuk memastikan lebih lanjut.

  3. Misi gan, setelah baca spek laptop ane hp g4-1314au di web hp ram nya pc3-10600 nah tapi pas ane buka belakangnya, di stiker yg nempel di ram kok pc3L-12800 yah, lebih cocok yg mana ya untuk upgrade buat dual channel, ngikutin yg di web apa yg sama kaya di laptop aja?
    Terimakasih

    Balas
  4. Tambahan aja gan. Slot Ddr3l tidak dapat diisi ram card ddr3. Ya mungkin memang sudah keliatan dari voltase sih. Cuman ya tambahan aja. Hhe. Ya efeknya layar kaya keterangan di atas sih. Cuman klo di balikin ke ddr3l-nya normal lagi kok

    Balas
    • ya om nanya kalau ram bawaannya ddr3l apa boleh ditambahkan ram dengan ukuran gb sama tapi jenisnya ddr3 bukan l ? apa ada resikonya?

  5. Laptop saya compaq cq43 default nya ddr3 dan baru hari ini ditambahkan ddr3l, setelah pasang coba cek memory lewat bios, alhamdulillah lancar dan dicoba beberapa jam alhamdulillah tidak ada kendala, semoga awet

    Balas

Tulis komentar...