Bodis : Mencari uang dengan domain tidak terpakai

Sering kali kita membeli domain hanya karena memiliki nama yang bagus atau potensi digunakan dalam membuat website. Tak jarang setelah membeli kita lupa atau tidak sempat membangun situs dengan nama domain tersebut. Daripada domain – domain yang dimiliki menganggur lebih baik diparkir supaya bisa menghasilkan uang.

Jasa parkir domain (Domain Parking) sebenarnya cukup banyak dan salah satu yang terkenal adalah Sedo. Tapi menurut saya pribadi Sedo terlalu banyak syarat sehingga mempersulit pendaftaran domain untuk diparkir dan dijual. Disini saya menggunakan Bodis untuk memarkir domain – domain saya yang belum digunakan daripada dimanfaatkan si mercusuar.info yang otomatis menampilkan halaman webnya kalau tidak ditemukan. Domain Parking dari Bodis akan memasang iklan pada setiap halaman yang diakses dari domain tersebut dan tergantung dari anda sendiri juga bisa mencantumkan harga apabila ingin dijual.

Daftarlah sebuah akun di Bodis sebelumnya untuk menggunakan layanan domain parking-nya.

bodis

Mendaftarkan domain di Bodis

Selanjutnya masukkan domain – domain yang anda parkir di halaman Add Domains.

bodis-add-domains

Anda bisa memasukkan lebih dari satu domain, dan anda bisa mendaftarkan apakah domain tersebut dijual dengan harga tetap (Fixed Price), menunggu tawaran (Inquiry Offer), atau tidak dijual (Do not list for sale). Klik ADD DOMAINS untuk menambahkan domain tersebut ke dalam layanan parkir domain.

Selanjutnya akses DNS domain anda dan ganti NS ke milik Bodis yang tertera di sebelah kanan:

  • NS1.BODIS.COM
  • NS2.BODIS.COM

Kalau anda tidak ingin mengganti nameserver domain anda, alternatifnya adalah menambahkan CNAME record ke alamat yang juga tertulis di sebelah kanan halaman Add Domains ini.

  • www parking.bodis.com
  • (kosong) parking.bodis.com
  • * parking.bodis.com

?

Melihat statistik domain di Bodis

Setelah beberapa lama dipasang tentu ingin mengetahui berapa kali domain anda diakses, kunjungi halaman Manage Domains dan pilihlah View Reports dari masing – masing domain.

bodis-manage-domains

Laporan domain bisa dilihat detailnya, dari berapa kali diakses, berapa kali iklan diklik dan berapa penghasilan anda.

bodis-earning-reports

Melihat pembayaran dari Bodis

Bodis akan membayar anda setiap bulan ke alamat Paypal yang telah anda tentukan sebelumnya dengan minimal sebesar $0.1. Jadi sungguh mudah sebenarnya mendapatkan uang dari Bodis karena batasnya cukup rendah.

bodis-payment-information

Sebenarnya ada cara pembayaran lain seperti deposit langsung ke bank, transfer antar bank atau uangnya dikumpulkan di Bodis. Pilihlah yang menurut anda paling baik.

Anda juga bisa melihat sejarah pembayaran dari Bodis di halaman Payment History.

bodis-payment-history

Setidaknya daripada domain tersebut menjadi percuma tidak dimanfaatkan lebih baik diparkir dan mendapatkan uang bukan. Apalagi kalau anda berminat menjualnya, dengan mendaftarkan status bahwa domain tersebut dijual di Bodis maka setiap pengunjung akan melihat bahwa domain tersebut ditawarkan. Mungkin saja ada peminat yang bersedia membeli domain anda dengan harga mahal.

13 pemikiran pada “Bodis : Mencari uang dengan domain tidak terpakai”

  1. Reviewnya bagus mas.
    1. Jadi intinya domain tanpa content tetap bisa diparking ya, dengan syarat umur sudah 6 bulan. Tapi kalau sudah di parkir ke bodis, registrar kita masih yang lama kan ?

    2. Saya ada domain yang dibeli di indonesia tetapi domain saya registrar lokal karena mau beli dari luar seperti sedo, tidak ada saldo paypal. Kalau domain registrar lokal apakah tetap menarik buat pembeli, berhubung nama domain bhs inggris, mungkin pembeli nya bule ?
    Mohon pencerahannya mas.

    Balas
    • Halo Andi, betul mas jadi kita cuma mengarahkan saja nameserver atau CNAME ke milik Bodis dan sisanya mereka yang atur. Bisa mas, tidak ada bedanya mau beli di registrar lokal atau internasional. Nanti misal ada peminat penawarnya bisa menghubungi lewat Bodis juga.

  2. Katro banget ane ya, baru tahu parkir bisa dapat uang haha

    Oh iya, ada pertanyaan, karena saya lihat agan sangat fast respon dalam menjawab pertanyaan hehe

    1. saya baca di blog tetangga, saat domain diparkir, domain tersebut tidak boleh dibacklink, apa benar?

    2. sekalian kalo agan tahu bisa donk dikasih tahu, syarat parkir di bodis, soal saya search di google ga ktemu, ga tau ya kalo yg versi inggris.. thankyuuu 🙂

    Balas
    • Halo Zuhri, memang bisa kok mas parkir domain tapi kalau yang diparkir sepi trafik ya minim juga pendapatannya. Dulu saya saya parkir blog yang ada trafiknya tapi sudah malas mengelola jadi selama beberapa bulan dapat sekian dollar lah. Terakhir – terakhir paling 1 dollar dalam beberapa bulan. Jadi jangan terlalu diharapkan juga.

      1. Ini… saya kurang tahu juga mas manfaatnya apa. Haha. 😀 Yang saya parkir selama ini campuran dan tidak ada masalah sama sekali.
      2. Tinggal daftar kok mas, setahu saya tidak ada syarat apapun kecuali punya nama domain yang ingin diparkir.

  3. Thanks mas

    jawaban’a sangat membantu dan yang saya suka dari utekno.com benar2 fast respon dalam menjawab pertanyaan 🙂

    Oh iya saya mas, sudah pernah coba semisal… agan punya blog trafik ribuan hingga belasan ribu kemudian disidebar atau disalah satu postingan yang paling bnyak pengunjung ada alamat domain yang terparkir entah disidebar / dalam postingan, apa yang demikian bisa ditoleransi dalam urusan mendatangkan pengunjung dengan cara tersebut? atau malah mendatangkan banned dari bodis? karena yang saya baca di forum tidak sedikit juga yang dibanned, tapi tidak dijelaskan secara detail penyebabnya, apakah karena invalid trafik atau karena minim trafik.. terimakasih mas

    Best Regards,

    Balas
    • Oalah… saya baru paham maksudnya mas ngomongin backlink sebelumnya. Rasanya kalau penempatan link masih dianggap wajar dan tidak dengan sengaja oleh pemiliknya agar mengunjungi link tersebut ya tidak masalah mas. Kan tidak semua pengelola blog sering mengupdate daftar linknya. Tapi hasilnya kalau pengunjung asal Indonesia sangat kecil lho mas, jangan diharapkan. Minim trafik bukan penyebabnya, ada domain saya yang ga ada pengunjung manusia sampai saat ini ya aman – aman saja.

    • Kalau ga salah gabungan keduanya mas, CPM dihitung dan ada CPCnya juga.

      Tapi kalau domainnya minim trafik ya percuma saja.

Tulis komentar...