Cara berhenti berlangganan Telkom Speedy/IndiHome

Last Updated on Oktober 19, 2017

Jadi ceritanya saya sudah mengganti provider internet saya dari Telkom Speedy (sekarang IndiHome) menjadi Innovate Indonesia, dan sudah saya bahas mengenai apa pertimbangan saya sebelumnya. Tentu saja karena saya sudah memasang layanan Innovate di rumah setelahnya adalah mencabut akses Speedy supaya tagihannya tidak berjalan terus. Masa mau bayar terus tapi tidak pernah dipakai? 😀

Yang saya tuliskan ini adalah pengalaman saya untuk berhenti berlangganan Telkom Speedy di kota Malang, misal lokasi anda berbeda mungkin bisa berlainan persyaratannya.
telkom-speedy
Nah… untuk memutus sambungan Speedy yang masih aktif kita tidak bisa melakukan melalui telepon ke customer service Telkom di 147, melainkan harus datang ke Plasa Telkom. Ya ini disebabkan karena ada beberapa hal yang harus diselesaikan sendiri oleh pemilik akun Telkom Speedynya.

Apa saja yang dibutuhkan untuk mencabut akses Speedy? Aslinya yang dibutuhkan cuma: KTP dari pemiliknya dan tentu saja nomor pelanggan Telkom Speedy. Kalau bukan anda sendiri pelanggannya maka bisa diwakilkan, dari pengalaman teman bisa dengan menitipkan KTP atau fotokopinya.

Setelah itu anda tinggal diam duduk manis menunggu customer servicenya mengisikan berbagai macam formulir pembatalan. Nah… kalau ada billing yang masih belum terbayar maka anda harus melunasinya agar bisa dilanjutkan prosesnya, ada biaya administrasinya juga sih. Siapkan saja uang sebesar 2 kali besar tagihan anda setiap bulan, dijamin ada kembaliannya kecuali anda menunggak beberapa bulan.

Terus terang proses menghentikan langgan Speedy atau IndiHome ini tidak berbelit – belit, dan persyaratannya pun mudah cukup kartu identitas asli dan uang untuk melunasi tagihan. Yang bikin frustasi cuma proses mengantrinya, saya menunggu hampir 2 jam baru nomor antrian saya dipanggil. Untung cuma perlu dilakukan sekali dan tidak ada yang kurang, kalau tidak jelas membuang waktu jika perlu diulangi lagi.

172 pemikiran pada “Cara berhenti berlangganan Telkom Speedy/IndiHome”

  1. saya juga udah 2 bulan gak bayar, rencana mau diputus aja. tapi gak ada buat bayarnya.
    apakalah kalau saya diamkan aja akan diputus secara otomatis?..
    atau nanti billing terus berlanjut dan harus tetap dibayar?…

    Balas
  2. Halo mas saya kan sudah 2 bulan gx bayar tapi di handphone masih ada tagihan berjalan selama 2 bulan total 620.000, padahal internet sudah terisolir dan tidak bisa dipakai, apa kalau saya biarkan nanti bakal membengkak tagihannya. atau ada pihak telkom yang datang ke rumah kita.

    Balas
    • Ajukan pemutusan mas. Itu maksimal mestinya 3 bulan + denda sampai dilunasi.

      Selama ini belum tahu saya apakah ada debt collector datang, yang pasti saat berurusan apapun dengan Telkom akan diminta membayar tunggakannya.

    • Mas saya mau tanya,kan saya udah 2 bulan tuh kg pake tu WiFi saya cabut aja tuh,gk saya bilang berhenti langganan ke 147, tapi udah gk ada koneksi nya mas,dan tapi saya malah dapat surat tagihan tuh 2 bulan.apa yg harus yg lakuin mas???

  3. mas mau tanya nih .. saya baru pasang indihome yang 3P. tapi yang saya pakai di rumah cuma internet nya aja. untuk telpon dan tv kabel nya gak kepake . krn saya di rumah gak pake telpon rumah dan gak pake tv juga (tv rusak sebelum pasang indihome)
    jadi mas .apa untuk tagihan nya saya juga harus bayar tagihan tlp dan tv nya ? saya pernah tanya untuk urusan langganan tlp itu mereka blg gapapa karena setiap bulan dpt gratis 1000 menit tlp untuk selama nya . dan bagaimana dgn langganan tv kabel nya ? saya gak berani tanya karena ada ibu saya . (saya rusakin tv tanpa sepengetahuan org rumah)
    mohon balasan nya mas . saya takut nti bayar lebih dari 330k. karena biaya perbulan yg di tawarkan mereka adalah 330k/bulan

    Balas
    • Iya itu sudah satu paket bundling mbak.

      Saran saya kalau mau sedikit lebih hemat, cek apakah ada yang 2P atau 1P. Sedikit lebih murah. Kemudian ajukan penggantian paketnya, nanti alat – alatnya akan diminta dikembalikan ke plasa telkom.

  4. mas saya mau tanya, wifi dirmh saya dh dri bln des-apr ini blom dibayar karna ditinggal mudik, koneksi terputus mulai dri bulan des akhir. saya maunya diputus aj, tapi gamau byr bulanannya, karna dri bulan des akhir koneksi sudah terputus , jd klu saya lapor ke kantorny saya hrus byr denda? atau harus bayar denda dan bulanan yg nunggak? klu saya biarin apakah tunggakan trs berjalan?

    Balas
  5. Mas saya kan udh ga pake WiFi tu2 bulan,saya diemin aja tuh gk saya bilang ke147 putus langganan,dan koneksi nya pun udah ga ada,tapi tadi saya dpt surat tagihan.gimana ni mas apa yg harus saya lakukan.tolong jawab please

    Balas
    • Mas aq kn udh gk pk wifi hmpir 6 bulan krna pindah rumh,trs it kena denda sm bayr bulanan ap gmna mas,sedangkn kabel wifi d rumah yg lama,gmna cara cabut kabel wifi nya mas,soal nya kabel wifinya drmh yg lama dan aq udh gak tinggal drumah yg lama mas,tolong mas jawaban nya

  6. Kalo sampe masuk penjara negara dholim, haknya belum kita pake kewajibannya suruh bayarin terus. itulah rumitnya berurusan dengan produk negara. Saya juga pelanggan indihome baru 2 bulan sudah co id gak bisa bayar, mau diputus aja tapi harus nyiapin uang 2 kali tagihan. Baru bayar tangl 18 September 2019, cabut balikin perangkat STB ke plasa telkom tgl 24 sudah kena penalti bayar sebulan full jadi total 1 bulan ke luar uang 700 rb.

    Balas
  7. Min mau tanya.misalkan mau cabut dr langganan indihome.tagihan terakhit kan sudah dbyr tgl 20 oktober kemarin.lha kalo cabutnya tgl 2 november tagihannya dihitung sejak tgl 20 kemarin apa mulai tgl 1 ya?

    Balas
  8. Hallo mas, saya berlangganan indihome muali oktober 2019, lalu sudah bayar 5 nov 2019, nah kan saya ngekos anak-anaknya pada protes lemot, dari pada pusing saya berencana mau cabut saja, tapi tadi ke telkom di tolak harus berlangganan 3 bulan dulu, tapi anak-anak kos lain udh pada gamau bayar, gimana yah mas? Emang harus 3 bulan dulu? Atau harus gimana yah saya bilang ke telkom nya, soalnya ini atas nama ibu kosannya kemaren daftarnya
    Terimakasih mas

    Balas
  9. Mau nanya mas..klo mw stop langganan biasanya ne kayak indovision dll…klo gak dibayar2 ya otomoatis di putus…orgnya jg gak nagih2…smuanya kelar….klo indihome apa akan ditagih kermh ya…

    Balas
  10. Saya mau tx seputar tagihan indihome,,,tgl 21 januari jrinagn wifi saya sdh tdk ada,,,sebulan berikutnyan ,,ada tagihan ke sy slm 2 bulan,,,smnta pebruari modemnya sdh dicabut knp tagihannya jalan smntar jaringn sdhbdk dipake lagi,,,ini kan merugikan konsumen

    Balas
  11. Kak aku mau tanya, nyambung dg ini. Misal aku mau berenti bulan januari, nah tagihan di bulan januari alisan pembayaran buat bulan desember itu blm dibayar, nah kalo mau berhenti berlangganan apakah harus membayar tagihan pemakaian bulan desember dan januarinya langsuny pd saat mau memutuskan??

    Balas
    • Wah telat, kalau ingin berhenti Januari mestinya diajukan bulan Desember supaya tidak ditagihkan. Memang tetap bayar yang pemakaian Desember tapi jatuh temponya Januari seperti katanya.

      Kalau sekarang, berarti bisa berhenti di Februari. Tinggal ke plasa telkom saja bulan ini.

Tinggalkan komentar