Cara berhenti berlangganan Telkom Speedy/IndiHome

Jadi ceritanya saya sudah mengganti provider internet saya dari Telkom Speedy (sekarang IndiHome) menjadi Innovate Indonesia, dan sudah saya bahas mengenai apa pertimbangan saya sebelumnya. Tentu saja karena saya sudah memasang layanan Innovate di rumah setelahnya adalah mencabut akses Speedy supaya tagihannya tidak berjalan terus. Masa mau bayar terus tapi tidak pernah dipakai? 😀

Yang saya tuliskan ini adalah pengalaman saya untuk berhenti berlangganan Telkom Speedy di kota Malang, misal lokasi anda berbeda mungkin bisa berlainan persyaratannya.

Nah… untuk memutus sambungan Speedy yang masih aktif kita tidak bisa melakukan melalui telepon ke customer service Telkom di 147, melainkan harus datang ke Plasa Telkom. Ya ini disebabkan karena ada beberapa hal yang harus diselesaikan sendiri oleh pemilik akun Telkom Speedynya.

Apa saja yang dibutuhkan untuk mencabut akses Speedy? Aslinya yang dibutuhkan cuma: KTP dari pemiliknya dan tentu saja nomor pelanggan Telkom Speedy. Kalau bukan anda sendiri pelanggannya maka bisa diwakilkan, dari pengalaman teman bisa dengan menitipkan KTP atau fotokopinya.

Setelah itu anda tinggal diam duduk manis menunggu customer servicenya mengisikan berbagai macam formulir pembatalan. Nah… kalau ada billing yang masih belum terbayar maka anda harus melunasinya agar bisa dilanjutkan prosesnya, ada biaya administrasinya juga sih. Siapkan saja uang sebesar 2 kali besar tagihan anda setiap bulan, dijamin ada kembaliannya kecuali anda menunggak beberapa bulan.

Terus terang proses menghentikan langgan Speedy atau IndiHome ini tidak berbelit – belit, dan persyaratannya pun mudah cukup kartu identitas asli dan uang untuk melunasi tagihan. Yang bikin frustasi cuma proses mengantrinya, saya menunggu hampir 2 jam baru nomor antrian saya dipanggil. Untung cuma perlu dilakukan sekali dan tidak ada yang kurang, kalau tidak jelas membuang waktu jika perlu diulangi lagi.

172 pemikiran pada “Cara berhenti berlangganan Telkom Speedy/IndiHome”

  1. salam … terimakasih sebelumnya atas respon nya,,
    iya memang agak kompleks, , kalau untk dtg langsung ke Plasa Telkom, sy belum pernah, malah disebelah mana tempatnya juga sy belum tau, sy di Jaksel, selama ini sy hanya lewat sales dri Telkom, wktu juga yg sangat terbatas, kalau memang harus ke Plasa Telkom, sya harap sekali jalan, dengan persyaratan penuh agar tidak ada penundaan lagi.
    Ada permasalahan lagi, yg baru sy tau tadi siang, sy baru tanya sma pihak pembayaran bulanan di tmpt sy, ternyata tidak ada bukti, karna sistem pembayaran melalui HSBC, jadi tidak ada kertas seperti pada umumnya,
    menurut saudara bgaimna baiknya mengatasinya ?
    dan kalau boleh sy tau contoh dari surat mengenai perjanjian yang isinya kurang lebih pendaftar sudah tidak tinggal disana dan yang tinggal ditempat tersebut ingin mencabut langganannya.
    terimakasih sebelumnya….
    salam,,

    Balas
    • Ini rumah anda sendiri atau kontrak mas? Saya tidak mengajarkan melanggar hukum sih… tapi kalau anda biarkan tidak dibayar 3 bulan akan diputus sendiri oleh Telkom mas. Nantinya yang jadi masalah cuma pas anda mau menggunakan produk Telkom lagi, harus melunasi tunggakan 3 bulan juga mungkin denda. Tapi karena bukan atas nama anda ya… tampaknya aman.

      Buktinya difoto saja mas, ada semacam mutasi rekening tidak di internet banking HSBC? Sedangkan isi perjanjiannya sudah lupa mas, dituliskan kok oleh mbak csnya. Cuma tanda tangan saja dan bayar materai saja jadinya.

  2. selamat mlm ,, terimakasih atas respon nya..
    ceritanya ini rumah, sudah dibeli sama bos sy,, sy yg kelola semua, dri pertama beli sudh ada telpn dsb..tapi untuk pembayarn bulanan semuanya di kendalikan oleh sekretarisnya,,
    berhubung sekretarisnya sudh lanjut usia (saudara dri bos), maka beliau tidk mau ribet, semua pembayarn dia lakukan via HSBC,,
    sya sudh sarankan untk jngn dibayr, tapi karena dri awal tagihan pembayaran masuk ke alamat beliau, maka ..mau gk mau beliar harus membayar nya, mengingat jika tidak dibayar nanti malah jadi membengkak tagihannya, tu menurut beliau..
    sya sudh ada alternatif nya si,,cukup ilegal juga,,tpi demi kelancaran saja, toh yg di mksd dri pihak Telkm, agar tidak ada tuntutan dekemudian hari dari yg berkuasa atas Nomr tlpn tsb..
    itu menurut pandangan sy pribadi si,,
    bagaimana menurt pandangan saudara ?

    sebelumnya sy ucapkn banyak terimaksih atas masukan2 nya,,
    salam …

    Balas
    • Ya… mungkin sebaiknya mas siapkan saja hal – hal yang berhubungan. Terus datang langsung ke Plasa Telkom dan coba ajukan pencabutan langganan. Kalau langsung bisa bagus lah, tapi kalau ada syarat – syaratnya lagi tapi mas bisa penuhi ya dituruti saja. Misal tidak mungkin baru mas biarkan saja sampai nanti diputus sendiri oleh Telkom, otomatis kok setelah 3 bulan. Baru jadi masalah kalau pada alamat tersebut atau nama pelanggan yang menunggak ingin menggunakan produk Telkom. Lunasi tunggakan dan denda, jadi billingnya ya tidak berlanjut terus mas kalau tidak dibayar.

  3. selamat pagi admin saya mau bertanya , jika saya mau memutus jaringan telkom indihome dengan tidak membayar tagihannya apakah akan di kenakan denda / sanksi . terima kasih sebelumnya

    Balas
    • Halo Topan, saya tidak menganjurkan memutus langganan Telkom dengan cara nunggak sih mas. Walaupun bisa. Memang tidak akan ditagih tapi ada dendanya nanti. Totalnya nanti 3 bulan langganan + denda. Nah.. dendanya ini perhitungannya harus tanya Telkom, semestinya tidak terlalu besar juga.

  4. min, mau tanya … ane seharusnya bayar indihome tgl 20 januari tapi g ane bayar, terus pas bulan februari sekitar tnggal 8 wifinya dimatiin dari sana + notif suruh bayar + di telp pihak indihome,,, tanggal 20 bulan februari juga g bayar indihome tapi pas tanggal 23 februari wifinya bisa dipake lagi, apa emang gitu??

    kalo dibiarin g bayar selama 3 bulan berarti indihome nya otomatis dicabut kan? kita dapet sanksi/denda ga? terus tagihan selama 3 bulan beneran g usah dibayar gpp kan?

    Balas
    • Halo, wah.. saya belum tahu ada kasus seperti anda mas. Soal tunggakan ya, ini jangan dijadikan pegangan, tapi selama ini dari teman dan tetangga yang menunggak tagihan dan akhirnya tidak dibayar – bayar. Sudah 1 tahun lewat dan yang satunya masuk 3 tahun ya tidak ada yang menagih. Saya ga ngajarin hal jelek, cuma cerita saja seperti apa nasibnya kalau ga bayar – bayar tagihan Speedy/IndiHome. Dulu masuk bulan ketiga baru diputus.

      Ada sanksi/dendanya mas, tapi nanti dibayarkan saat anda ingin membayar tunggakan.

    • Selamat malam mas,
      Saya mw tanya saya mw pasang myrepublic d tmpt kontrakan saya tp yang nempatin kontrakan saya sudah pasang indihome tetapi belum di bayar hampir 6 bulan, kalo saya mw pasang myrepublic apa bisa tidak membayar tagihan indihome yg sebelumnya?.

    • Halo Fery, flat mas per bulan. Adanya FUP pun tidak berpengaruh ke tarifnya. Anda tidak salah langganan paket kan? Dulu memang ada paket yang berdasarkan penggunaan, sejak jaman Speedy kadang ditawarkan. Sudah baca rincian tagihannya mas?

  5. mas mau nanya,,saya mau berhenti berlangganan , untuk bulan maret tgl 20 saya sudah melakukan pembayaran, untuk bulan april tanggal 20 skrg masih belum mlkukan pmbyaran, berarti kalok saya berhenti berlangganan saya harus bayar yg bulan april ini saja ya,,,, trimaksi

    Balas
    • Halo Agum, betul mas akan kena tagihan bulan berjalan. Tapi saya sarankan bulan Mei dicek lagi, saya dan pengunjung lain pernah mengalami masih kena tagihan walaupun cuma sekitar 30ribuan. Setelah itu baru tidak bisa dicek lagi.

    • tagihan saya dibulan april ini 550 ribu mas , yang bulan maret sudah saya bayar,, berarti saya bayar bulan april ini saja ya mas ???
      takutnya saya bayar 2x lipatnya mass…… tks

    • Betul mas. Nanti mas membayar tagihan berjalan, tidak penuh kalau tidak sampai akhir bulan. Kasusnya ya itu, kadang bulan depan masih ada dan mungkin kesalahan billing dimana masih ditagihkan. Kecil sih cuma 30ribuan, tampaknya biaya sewa telepon atau semacamnya. Bulan depannya lagi tidak ada. Karena itu saya bayar saja dan biarkan daripada repot.

  6. Mas mau tanya saya dari dulu sudah pakai speedy dan belum pindah ke indihome kalau saya berhenti langganan speedy yg sekarang apakah no telopon saya akan di cabut oleh pihak telkom ?

    Balas
    • Halo Ahmad, seingat saya sendiri – sendiri mas kalau masih Speedy. Jadi bisa Speedynya saja yang diputus. Kalau IndiHome jadi satu, kalau berhenti maka lenyap semuanya, jadi saran saya pakai nomor baru saja nanti kalau langganan.

    • Makasih Mas, betul hanya speedynya saja yang diputus kalau telopon gak diputus. Mas kalau kalau modem+router tp-link td-w8961n bisa digunakan sebagai router saja?, karena saya mau pasang biznet home internet tapi gak beli router lagi dari biznetnya,kan lumayan kalau modem yang dari speedy dulu masih bisa dipakai sebagai router.
      Terimakasih

  7. Mas saya mau tanya. Kan bln april sdh saya bayar sblm tgl 20 april klo saya cabutnya bln mei sblm tgl 20 apakah nanti disuruh byr? Kan blm tgl 20 masa disuruh bayar buat tagihan bln mei. Sebaiknya saya cabut bln ini apa mei sblm tgl bayar nya tgl 20 itu. Enak nya gmn yah mas Biar gk kena billing gitu sih hehe

    Balas
    • Halo Shinta, loh… itu masih kena tagihan penuh mbak. Yang anda bayar bulan April itu tagihan bulan Maret. Misal tanggal 20 Mei anda ingin memutusnya berarti nanti anda bayar tagihan bulan April ditambahkan tagihan bulan berjalan Mei (1-20).

      Kalau tidak mau kena billing atau cuma sekali saja maka berhentinya ya sebelum bulan depan. Tinggal 2 hari lagi berarti.

    • Haha, iya mbak kadang bikin salah paham memang. Kan sistemnya pasca bayar, kita pakai dulu baru bayar. Kalau pada ISP lain seperti MyRepublic itu prabayar, seperti beli pulsa.

  8. mas mau nanya kalau misalkan saya bayar untuk bulan mey ini, terus sekalian pemutusan apa kah saya di kenakan biaya 2x lipat? pemakaian speedy sudah lebih dari 3 tahun

    Balas
    • Halo Adit, kalau mas bayar bulan ini berarti tagihan April yang dibayar dan untuk bulan Mei dikenakan tagihan bulan berjalan, jadi cuma dihitung 2 hari kalau mas minta putusnya tanggal 2 Mei.

  9. mas mau bertanya lagi.jika saya mengganti speedy ke indihome 2p (internet+telfon 10mbps).nah yg mau saya tanyakan apakah indihome cocok untuk masalah online gaming (pingnya) jika sewaktu2 saya sdng play online game dan seseorang sedang browsing

    Balas
    • Oh… kalau sudah pakai Fiber Optic pingnya bagus kok mas. Rata – rata dibawah 30ms bahkan bisa 10an ms. Pokoknya nilai ping untuk FO itu normalnya 20-30an ms. Diatas itu berarti ada masalah dengan koneksi.

  10. Mas mau tanya dong.. saya kan di rumah pake telepon rumah terus + pasang speedy. nah sekarang internet speedy biasa nya berubah begitu saja menjadi speedy instan, saya kalau mau make internet sekarang harus beli dulu voucher speedy instan dgn memasukan user & pass. nah kan saya bayar nya lewat voucher speedy instan, apakah telepon dan internet nya akan tetap ada tagihan?? saya sudah lama juga tidak membayar.

    Balas
    • Halo Rifki, terus terang saya kurang tahu mas kalau masalah ini. Sudah tidak ada Speedy di wilayah saya, semuanya ganti IndiHome. Paling mudah sih mas datang saja ke loket pembayarannya dan coba membayar, kalau ada berarti aslinya ditagihkan. tapi tebakan saya tidak ada sih mas, voucher Speedy Instan itu sudah include semuanya seingat saya.

  11. Bang, Help me. bingung ni.
    saya bulan april kemaren pasang spidi. gak sampe sebulan pemakaian karena pas tgl 20an sudah terisolir. yaudah gak saya bayar sekalian sampe sekarang, nah tadi dapet sms and telp dari telkom. disuruh bayar gitu di bulan april and may nya. total ya sekita sejuta lah. ni saya gak bisa bayar karena udah gak kerja mas, alias gak punya duit, sedangkan rumah yang saya pakai itu juga rumah kosong. rumah kakek saya yg gak kepake ( dl rencana buat usaha semacam Mcent tu lo) nah enaknya gimana ni mas? saya gak punya duit buat bayar. saya paham anda pasti tidak menyarankan saya untuk melarikan diri. karena itu melanggar hukum. tapi kalo saya melarikan diri, apakah akan aman? ( saya kapok pake ISP spidi, jadi kalo mau pasang isp ya mungkin myrepiblic or citranet.)

    Balas
    • 2 bulan = sejuta + denda + biaya pemutusan(500rb) + 2x besar tagihan = 2jt mas.
      sesek mas, internetan gak nyampe ssebulan tp bayarnya jutaan :(. emang sih salahku

    • Halo Dita, sebenarnya bisa mencoba negosiasi di Plasa Telkom mbak kalau mau. Tapi ngomong – ngomong tidak membayar… saya cuma cerita dari pengalaman teman saja, kurang lebih sama kasusnya dikecewakan Telkom dengan tagihannya dan akhirnya tidak dibayar. Sudah mati juga internet dan teleponnya. Alat – alatnya tidak diambil. Ini sudah masuk tahun ketiga.

      Dari semua orang yang saya tahu belum membayar tagihan sampai akhirnya diputus tidak pernah dikejar orang Telkom atau datang Debt Collector mbak. Yang terjadi itu saat ingin memasang kembali atau pas di alamat lain ingin pasang wajib bayar tunggakannya termasuk denda. Bila tidak ya hukumannya masuk blacklist saja.

      Sekali lagi saya ga mengajari tapi cuma sharing saja selama ini apa yang terjadi.

  12. Pak mau tanya, kemaren saya juni awal ngajuin berhenti langganan indihome lewat twitter @TelkomCare, apakah bulan depan masih ada tagihan? Soalnya skrg wifi masih bisa dipakai..

    Balas
    • Memang bisa mas? Soalnya diwakilkan ke Plasa Telkom saja tidak boleh, konfirmasi identitas pemohon apa sesuai dengan pelanggan soalnya. Pakai materai lagi.

      Cek saja tagihannya lewat ATM bulan depan mas. Kalau masih ada ya berarti lanjut.

  13. Halo mas, mau nanya..saya barusan ke plastel buat urus pencabutan indiehome, tapi pas sampe kos kok internetnya masih bisa dipake ya ? Saya takutnya bulan depan bayar lagi, mengingat indiehome itu sistemnya pasca bayar. Mohon pencerahannya mas..

    Balas
    • Halo Ninda, dari pengalaman memang iya mbak. Saya bulan depannya masih dapat tagihan lagi, tapi cuma 26 ribu. Entah buat apa. Yang pasti bulan setelahnya saya cek tagihan sudah tidak ditemukan data pelanggannnya.

  14. Permisi mas, speedy saya nunggak 2 bulan. Nah saya memang sengaja karena memang tidak ada yang memakai lagi. Kalau dibiarkan saja apakah akan ada saksinya mas? seperti di tuntut,dsb. Terimakasih

    Balas
    • Halo Bing, kalau anda takut didatangi debt collector sih ga terjadi mas. Tapi nanti repotnya kena blacklist anda, mau daftar telepon atau indihome lagi harus bayar tunggakan dulu.

  15. halo mas Admin yg guanteng
    mau tanya mas, saya dulu pelanggan speedy yg lalu otomatis beralih ke indihome
    lalu karena beberapa alasan, akhirnya keluarga saya memutus indihome tsb via phone
    dan selama proses pemutusan via phone tsb, percakapan yg terjadi antara ortu saya dan pihak telkom pun sdh d rekam (info dr pihak CS telkom)
    dan memang bulan berikutnya sudah tidak aktif baik dr wifi maupun nomor telpon rmh saya, begitu juga td saya coba untuk telpon ke nmr rmh saya yg lama, dapat informasi bahwasan nya nmr rmh saya tdk dapat menerima panggilan masuk
    iseng2 td juga menelepon ke 147 (CS telkom) untuk mengecek status dari nmor lama saya, dan memang kata petugas nya sdh tdk aktif dan sdh tdk ada tagihan lg yg masuk
    yg menjadi pertanyaan saya, apakah dgn hal ini menurun mas Admin sdh cukup?karena dr yg saya baca d atas saya lihat lbh baik pemutusan melalu plasa telkom dsb, padahal, td saya tlvn pihak CS telkom nya bahwa jika pemutusan via telpon pun sdh cukup
    yang saya takutkan hanya jika someday ada tagihan yg tiba2 masuk atau datang ke rmh mas, pdhal keluarga saya sdh memutus indihome selama lbh dr setahun
    bagaimana saran Anda??
    fyi, saya sdh tdk perduli dengan nomor tlvn saya dan yg lain, yg saya butuhkan hanya kejelasan jika saya sdh memang tdk berlangganan lagi, terimaksih

    Balas
    • Saya benar – benar mohon maaf Melky, setengah tahun baru dibalas. Terlewatkan. 🙁

      Kalau mas cek biling sudah tidak ada ya aman mas. Saya tahu bisa lewat telepon, tapi mungkin lebih sreg datang sendiri biar jelas. 🙂

      Coba cek lewat ATM saja bisa tidak bayar tagihan Telkom, kalau gagal ya aman.

  16. telkom saya udah 6bln gak dibayar.
    malas aja, masak tagihan perbulan 256rb. padahal gak pernah dipake lho.
    misal datang ke telkom untuk memutus itu kena denda banyak gak mas??
    kalo kena banyak,saya ogah bayar. biarin di blacklist gpp.
    males berhubungan dengan yg seperti ini lg dan kapok.

    Balas
    • Halo Restu, seingat saya kalau sudah 3 bulan tidak dibayar tagihannya akan berhenti sampai situ mbak. Tapi ada dendanya misal ingin melanjutkan kembali atau putus. Dendanya dulu ga semahal tagihan totalnya.

      Kalau mbak yakin tidak akan berhubungan lagi dengan Telkom, baik dengan identitas yang sama atau alamat yang sama ya tampaknya tidak jadi masalah. Belum pernah tahu juga Telkom pakai debt collector, dibiarkan biasanya.

Tulis komentar...