Cara blokir website di modem Huawei

Salah satu fitur yang sering saya gunakan di kantor (atau bisa dirumah) adalah kemampuannya memblokir akses ke alamat website tertentu pada modem Huawei. Jadi kalau anda tidak ingin karyawan anda browsing Facebook, Twitter, YouTube, atau situs 18 tahun keatas (dewasa) dan sebagainya maka bisa dengan mudah mematikan aksesnya.

Terus terang saya lebih menyukai modem Huawei HG-532e saya dibandingkan TP-LINK TD-W8151N di rumah, selain fiturnya lebih detail juga “tampaknya” lebih dapat diandalkan juga. Mungkin kelas kedua modem WiFi ini memang berbeda, yang pasti keduanya bisa didapatkan secara gratis dari bundling Telkom Speedy.

Tertarik? Bagaimana cara mengaktifkan fitur blokir situs ini? Silahkan akses halaman administrasi modem Huawei melalui alamat IP 192.168.1.254 pada browser anda. Login menggunakan akun administrator, kalau lupa silahkan coba admin dan admin.

huawei-hg532e-login

Sudah diganti passwordnya? Jangan khawatir masih ada username dan password default lainnya dari Telkom Speedy. 😉

Setelah itu buka menu Advanced, buka Filter dan akhirnya klik tab URL Filter. Isikan URL website yang ingin diblokir, kemudian prioritasnya (isikan saja 1 kalau bingung), dan statusnya (Disable untuk tidak menggunakan aturan filter ini, Reject untuk memblokir semua akses untuk URL ini, dan Accept untuk menerima semua akses menuju URL tersebut). Kalau sudah klik saja Submit.
huawei-hg532e-advanced-filter-url-filter
Bagaimana hasilnya kalau domain atau situs tersebut berhasil diblokir? Tergantung apa yang anda gunakan maka saat dibuka menggunakan browser akan muncul pesan error “The webpage is not available” atau “Server not found”.
mozilla-firefox-server-not-found

Pergunakan secara bijak dan jangan sampai salah memasukkan alamat website, apalagi dilupakan kalau anda pernah mensetting filter url ini. Bisa frustasi ingin memperbaikinya ternyata masalahnya bukan di komputer atau handphone melainkan di modem Huawei-nya sendiri. 😀

32 pemikiran pada “Cara blokir website di modem Huawei”

    • Halo Dewi, maksudnya history yang ada di browser? Hmmm… saya pernah mencobanya tapi juga tetap diblokir sih. Modemnya sama kan mbak?

      Untuk subdomain… ini cuma teori saya sih, sudah coba menggunakan wildcard mbak? Tambahkan simbol bintang/asterisk (*) sebelum nama domainnya. Misal *.youtube.com.

  1. Gan Chandra Utama, saya berhasil block situs2 itu, cuma yang gak bisa di block adalah m.facebook.com atau m.youtube.com nah semau yg berisi ‘mobile’ itu gak bisa diblok, gmn caranya? mohon bantuan. @ Malesi bahasa yg baik dikit ya..belajar….

    Balas
    • Halo Alit, itu url yang otomatis dialihkan saat mengakses dari handphone ya? Kalau diisikan alamat lengkapnya tidak bisa? Sudah coba memasukkan url berikut? https://m.facebook.com misalnya, kemungkinan karena ini menggunakan protokol HTTPS jadinya tidak diblokir.

  2. Sudah gan.. Saya isi lengkap nama url nya. Yg ini jg gak bisa diblokir httpa://id-id.facebook.com dll yg berisi alamat id. Thanks gan..

    Balas
  3. modem saya HG532e, stelah sy block situs” kyk facebook.com, youtube.com dll dan sudah sy reboot jg modemnya tapi kok tetap aja situs” tersebut bisa terbuka lg

    Balas
    • Selamat sore Anthony, berarti sudah persis langkah – langkah diatas ya mas? Hmm… bisa disertakan hasil perintah tracert ke situs yang diblokir mas? Sama dengan hasil nslookup.

      Eh mas, ini anda menguji tidak berhasil diblokir darimana? Handphone? Browsernya apa?

    • Selamat malam Tole, wah.. ini modem 3/4G untuk seluler ya mas? Ya sangat terbatas kalau ini mas, saya membahasnya modem Huawei untuk koneksi internet dari ISP soalnya.

    • Halo Aldhi, oh wajar sih mas karena untuk streaming video YouTube tidak hanya menggunakan url youtube.com. Masalahnya saya sendiri tidak tahu url apa saja yang digunakan. Mungkin nanti saya cari tahu.

  4. Iya mas, ternyata protokol https ga bisa diblok dengan HG8245A. Tapi broser tertentu saja yang tidak bisa mengakses situs yang kita blok, misalnya IE dan opera. tapi kalau chrome & firefox jebol terus.
    Terpaksa ngemodal 1 unit cpu bekas pasangin smoothwall 😀

    Balas
    • weleh.. ada reply jg toh dari mas chandra..hehe
      iya mas, aku pakai 2 router 1 server, akibatnya hamburger deh listriknya. mas chandra, pakai Mikrotik Router RB941-2nD-TC HAP Lite dikawinkan dengan HG8245A (wirelessnya dinon-aktifkan), bisa ndak? saya lihat sih di marketplace sekitar harganya 277.000.

Tulis komentar...