Cara cek layanan CDN apa yang digunakan sebuah website

CDN (Content Delivery Network) tampaknya mulai sering digunakan pada website – website populer Indonesia. Ya, memang manfaatnya cukup banyak dengan ongkos yang terjangkau membuatnya memiliki daya tarik lebih. Tapi bagaimana kita bisa menentukan mana layanan CDN terbaik? Baik layanan CDN gratis maupun berbayar tentu ada yang lebih unggul karena menentukan mana CDN provider yang kita gunakan tidak hanya masalah harga.

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan mana layanan CDN yang terbaik untuk situs anda adalah dengan meniru situs lainnya. Cara ini menjamin kualitas penyedia dan kecepatannya, dan kalau harga tentu harus kita cek sendiri apakah cocok di kantong.

Kita bisa menggunakan CDN Finder untuk menganalisa layanan CDN apa saja yang digunakan dalam satu website, tinggal anda masukkan saja alamat situsnya dan klik Full site lookup.

cdn-finder

Akan langsung muncul hasilnya dan memang benar uTekno menggunakan MaxCDN dikombinasikan dengan CloudFlare biar tambah sakti. 🙂 Sedangkan hasil – hasil lainnya harap anda perhatikan apa hostnamenya, bila bukan berisi nama domain anda maka ini adalah konten yang dimuat pada website anda dan memang biasanya menggunakan CDN.

Tulis komentar...