Penyedia layanan CDN gratis

Ingin mengoptimalkan kecepatan website dan memaksimalkan uptimenya? Maka sebuah layanan CDN (Content Delivery Network) bisa menjadi solusinya. Dengan menggunakan CDN akan membuat situs, blog atau forum anda menjadi lebih cepat loadingnya, mengurangi konsumsi kuota bandwidth hosting, mengamankan dari serangan spammer, hacker atau DDoS. Semuanya ini bisa didapatkan dengan gratis! Ya, saya akan memberikan daftar layanan CDN yang disediakan gratis.

CloudFlare

CloudFlare merupakan layanan CDN berbasis proxy yang menyediakan versi gratisnya untuk umum, tergantung dari setting yang anda gunakan anda bisa menggunakan CloudFlare hanya untuk CDNnya atau menggunakan fitur optimalisasi seperti RocketLoader dan Minify. Kemampuan menampilkan halaman website saat server hosting anda sedang down merupakan nilai plus, apalagi ada fitur mengurangi dampak serang DDoS ke situs anda. Kalau tertarik anda bisa mengikuti artikel saya sebelumnya mengenai pemasangan CloudFlare di website.

cloudflare-analytics

Incapsula

Incapsula merupakan layanan pengamanan dan penyeimbang beban kerja website, sedangkan CDNnya (berbasis proxy juga) adalah sebuah bonus. Fokus dari Incapsula lebih kearah penanganan serangan spammer, hacker atau malware. Tampilan analyticsnya sendiri menurut saya lebih baik dibanding CloudFlare karena lebih mendetail. Jika anda lebih khawatir masalah keamanan maka Incapsula merupakan pilihan tepat, cara setting up Incapsula cukup mudah kok.

incapsula-website-traffic-statistic

Swarmify

Sedangkan Swarmify merupakan layanan CDN dengan teknologi yang memanfaatkan protokol WebRTC yang terdapat di browser modern. Singkatnya file – file yang didukung oleh Swarmify akan tersedia menggunakan sistem Peer to Peer (P2P), jadi semakin banyak pengunjungnya maka kecepatan aksesnya semakin cepat. Cara menggunakan Swarmify adalah dengan menyisipkan sebuah kode JavaScript yang akan menggantikan lokasi asal file tersebut.

swarmify-overview

Google PageSpeed Service

PageSpeed Service merupakan layanan CDN dari Google, sistem kerjanya berbasis proxy juga. Jadi seluruh request ke website anda akan melalui layanan PageSpeed Service. Saat ini masih dalam tahap Beta dan belum mendukung penggunaan naked domain (non www), tapi anda bisa mencoba menggunakan Google PageSpeed Service kalau anda diterima.

google-pagespeed-service-setup-origin-server

CoralCDN

Lain halnya dengan CoralCDN yang merupakan proyek dari MIT dan berbasis P2P, disini anda menggunakan link langsung ke file anda yang juga dihosting di CoralCDN. Misal alamat file anda adalah http://utekno.com/favicon.ico maka di CoralCDN akan menjadi http://utekno.com.nyud.net/favicon.ico, jadi anda tinggal menambahkan url nyud.net untuk mengakses file statis dari website anda.

coralcdn

JetPack Photon

Pengguna WordPress benar – benar dimanjakan karena Automattic sebagai pihak pengembangnya juga membuat layanan CDN gratis bernama Photon untuk gambar. Jadi seluruh gambar atau foto yang ada di situs anda akan dihosting menggunakan CDN WordPress. Bagaimana cara mengaktifkannya? Anda perlu menginstall plugin Jetpack dan aktifkan opsi Photon.

jetpack-photon

Lainnya

Daftar CDN gratis ini akan selalu saya update bila ada yang baru atau berubah, dan jangan sungkan untuk bertanya apabila ada kesulitan yang anda alami saat setting CDN untuk website anda.

5 pemikiran pada “Penyedia layanan CDN gratis”

  1. Gratisan CDN dari CloudFlare emang mantap >.<

    Pengen pake MaxCDN tapi per bulan 100rb an "__"

    Edit:

    CloudFlare memang mantep CDN gratisnya, apalagi rocket loadernya

    Dulu pernah pake Incapsula, tapi kayaknya masih kalah sama CloudFlare di performance

    • Saya malah mematikan Rocket Loadernya, kadang terjadi konflik script JavaScriptnya saat dimuat belakangan (lazy loading). Sangat disarankan untuk diujicoba dahulu setelah mengaktifkannya di situs.

      Kalau Incapsula dibandingkan dengan CloudFlare tampaknya lebih baik dibidang keamanan, sedangkan performanya sih setidaknya lebih baik daripada tidak menggunakan sama sekali.

    • Halo Chika, perbedaan paling jelas adalah harus keluar uang. 😛 Hehe.

      Tergantung sih mbak, ini membandingkan CDN gratis mana dan yang berbayar yang mana. Kalau yang anda bicarakan adalah CloudFlare dan yang berbayar misalnya adalah MaxCDN maka jenis CDNnya yang berbeda.

      CloudFlare dan Incapsula adalah layanan reverse proxy dengan fitur CDN, sedangkan MaxCDN atau Amazon CloudFront misalnya adalah layanan CDN konvensional seperti Pull Zone dan Push Zone. Jadi tidak bisa dibandingkan secara langsung.

      Tapi secara umum perbedaan CDN gratis dan berbayar adalah fitur – fitur advancednya seperti kompresi konten, minify script, lokasi POP yang lebih banyak, penggunaan SSL, dan sebagainya.

Tulis komentar...