Cara cek resi Korea Post

Baru – baru ini diminta tolong untuk melacak paket yang dikirim dari Indonesia ke Korea Selatan. Sebenarnya hal ini tidaklah sulit, mungkin kalau belum tahu dimana letaknya dan bagaimana caranya saja yang membuat bingung. Dan tampaknya kenalan saya ini khawatir kalau nanti tulisannya menggunakan abjad Korea (Hangul kalau tidak salah).

Karena pengiriman paket ini menggunakan EMS (Express Mail Service) maka sebenarnya kita bisa mengetahui statusnya secara umum dari situs Pos Indonesia. Tapi untuk mendapatkan informasi yang lebih detail maka kita perlu memanfaatkan situs resmi Korea Post.
korea-post-track-trace
Yah.. untungnya tersedia dalam bahasa Inggris, kalau tidak dijamin bingung mau klik yang mana. Langsung saja pada kotak Track & Trace isikan kode AWB (AirWay Bill) atau nomor resi yang anda miliki kedalam kotak yang disediakan. Jangan lupa pilih jenisnya, ada 3 macam: International Parcel, International Registered Item, dan EMS Item. Kalau sudah klik saja OK.

Kalau setelahnya muncul pesan (EasyKeytec v2.0(??? ??)? ?? ???????
[??] ? ???? ?????? ?????.) disusul tulisan Korea langsung saja klik Cancel (bisa 2 kali), ini adalah popup untuk menginstall plugin yang entah apa gunanya saya tidak tahu. Disini saya menggunakan Mozilla Firefox.

Dan akhirnya kita bisa melihat tabel yang berisi tahap – tahap dari pengiriman paket tersebut. Setiap baris akan berisi data seperti tanggal, status, lokasi dan detailnya.
korea-post-delivery-status
Dari sini kita bisa mengetahui nasib paket kita di Korea Selatan, dan setidaknya menggunakan bahasa Inggris sehingga kita bisa lebih mudah memahaminya.

3 pemikiran pada “Cara cek resi Korea Post”

  1. Halo mas, thank you buat ulasannya. Saya juga ada di posisi yang sama sekarang, kirim documents dari Indonesia ke Korea via EMS. Saya kirim dari Magelang ke Seoul kemarin Jumat 24 Maret. Lumayan khawatir karena documents harus sampai di penerima rabu besok (29 Maret) sedangkan last update di tracking system adalah departed from export office (Jakarta) dini hari minggu (26 maret). Rekan saya yang ada di Seoul berusaha untuk mengambil documents secara langsung apabila sudah sampai di Korea. Apakah memang membutuhkan waktu 2 hari sejak dikirim dari Jakarta sampai ke International Post Office nya Korea?

    Balas

Tulis komentar...