Cara cek resi pengiriman paket EMS

Menanti paket atau dokumen yang dikirimkan dari atau keluar negeri (internasional) menggunakan Express Mail Service (EMS) lebih mengkhawatirkan daripada pengiriman domestik, selain melewati beberapa tempat transit kadang masalah custom di bea cukai bisa menahan barang anda untuk sampai di alamat penerimanya. Tapi dari mana kita tahu keadaan paket kita? Bagaimana cara melacak status paket tersebut?

Untungnya kita diberi nomor resi atau barcode untuk melacak lokasi dan kondisi paket kita. Selain ada bisa melakukan cek tarif ongkos kirim EMS, juga dapat melakukan proses tracking EMS dengan mudah di website resmi EMS Pos Indonesia. Untuk memanfaatkan fasilitas trace and tracking EMS kunjungi dulu situsnya.
ems-pos-indonesia

Setelah membuka halaman utama EMS perhatikan kotak di sebelah kanan bernama Track and Trace, isikan nomor resi pada kota Number of shipment dan masukkan kode CAPTCHAnya pada kotak Security Code kemudian klik Search.
ems-pos-indonesia-track-trace

Halaman Shipment Status EMS untuk nomor resi atau barcode yang dicari akan muncul, anda bisa melihat negara asal pengiriman, negara tujuan pengiriman beserta statusnya dalam tabel.
ems-pos-indonesia-shipment-status

Office menunjukkan lokasi kantor pengolahan paket tersebut, Date memperlihatkan tanggalnya, Time untuk jam, dan Status untuk menunjukkan kejadian atau kondisi paket tersebut saat itu.

Menurut pengalaman saya proses pelacakan paket EMS lama sekali updatenya, jadi jangan terlalu sering mengeceknya biar tidak kecewa. Cukup beberapa hari sekali saja, atau kalau anda terlalu was – was memang tidak salah melihat status kiriman EMS setiap hari. Kalau ada pajak bea cukai yang harus dibayarkan saat menerima paket biasanya juga ikut dimunculkan disini berapa biayanya.

753 pemikiran pada “Cara cek resi pengiriman paket EMS”

  1. Om kenapa paket saya belum datang ke Duri ya?
    Padahal tanggal 4april kmarin sudah sampai di pekanbaru. Kata orang posnya suruh ambil sendiri kepekanbaru. Kalao paketnya mau dikirim ke Duri,dikirim dulu ke Dumai untuk penanganan beacukai. Saya sudah tanya orang beacukai dumai. Katanya paket saya gak kena beacukai.

    Balas
    • Ga kena ini sudah datang dan diperiksa atau menurut perhitungannya tidak kena pajak mas? Soalnya kena ga kena pajak tetap diperiksa, dan tampaknya belum datang disana.

  2. Mas ini saya lagi Flavio, kenapa paket saya ada dua kali departed from inward OE ya? Tolong cek ya mas Chandra. Trims

    Nomor resi : EC204481541US

    Balas
    • Itu kan yang Arrival brarti udah di Bekasi mas kok pas udah smpe Bekasi ada depart from inward oe lagi mas? Itu menuju kearah mana ya mas? Klo bisa di xek ya mass trims

    • Ya ga enaknya baca pelacakan kantor pos mas. Kadang sudah sampai itu ditulis berangkat mas, jadi membedakannya dari pengalaman. 🙂

      Kalau barang internasional biasanya tidak diteruskan ke kantor pos cabang karena penerima akan diminta mengambil sendiri barangnya dan sekaligus membayar pajaknya kalau ada.

  3. Maaih di pekanbaru om

    Edit:

    Barusan saya tanya lagi, kena kata orangnya om. Kemarin katanya tidak ? cara ngitungin pajaknya gimna om?

    Balas
    • Mungkin pas tanya cuma barangnya sudah disana tapi belum diperiksa. Kalau nilai barangnya diatas $50 kena mas, dan ini seringnya dicek sendiri oleh bea cukai. Tidak asal percaya label harga yang disertakan.

  4. Maaf mas ga bisa reply di sesi yang tadi, boleh minta tolong cari tahu kantor pos pusat di Bekasinya ga mas nomor telepon atau email dll agar saya bisa menghubungi kantor pos tersebut dan menanyai keadaan barang saya, much thanks Mr Chandra

    Balas
    • Pasti mas, seluruh kiriman dari luar negeri dibongkar untuk diperiksa isinya. Pengiriman domestik semacam JNE saja paket anda pasti dibongkar kok mas kecuali ada mesin X Ray.

    • Ini mas rr035066775id, pas ngirimnya pegawai posnya sempat bilang jg sih, katanya sekarang tidak bisa di tracking, tp anehnya dapet no resi dan udah 1 minggu shipment statusnya stuck di posting loket, itu kira2 knp ya mas? Aneh,,,,

    • Tampaknya masih bisa dilacak pakai EMS mas dan memang posisinya belum berubah dari Gianyar. Mestinya sih diteruskan ke Jakarta. Kurang tahu kok bisa selama itu kecuali perbedaan jenis layanan karena lebih murah dari EMS.

  5. Kalo posting loket tuh biasanya barangnya masih berada di pos dimana kita kirim paketnya ya mas? Atau di pos lain yg masih berada di kawasan tersebut?

    Balas
    • Nah… disitulah letak rancunya mas. Tergantung bagaimana urutannya, dan memang bisa terjadi beberapa kali dan ini menandakan sedang diteruskan antar cabang pos kadang.

  6. Mas saya mohon dibantu infonya..saya cek paket saya dari china.tertulis process custom di sby..tapi udah 10 hari saya cek status tidak berubah.mohon dibantu infonya RK424223414CN itu nmr resi sya.thx

    Balas
  7. mas mau tanya nomer resi EP000788565RU kok dari tanggal 26 maret 2016, statusnya masih ” Departed from export office “, ini sudah hampir satu bulan belum ada kabarnya, sedangkan dari negara pengirimnya katanya coba di cek ke bagian bea cukai karena sudah diberangkatkan, saya juga sudah menanyakan ke customer service kantor pos katanya coba ditanyakan kembali ke negara pengirimnya, mohon bantuan dan sarannya ya mas. thanks.

    Balas
    • Halo Chris, itu sama – sama benarnya sih. Karena sudah meninggalkan Rusia tapi belum sampai Indonesia ya… tidak bisa ditanyakan lagi mas.

  8. sy 3 hari lalu kirim paketan ke india. kalo skrg emg ga pake isi formulir2 gt ya? soalnya pas sy kasih ke petugas, langsng dicekin tarifnya dan ditanya isiny apa aj, jd kayak kirim paket ke indo aja gt *hmm.. jadi harap2 cemas :/

    btw ini resinya EE156630481ID kok statusny msh blum brubah ya?apa emg lambreto gt?

    Balas
    • Halo Azma, kurang lebih begitu mbak. Barangnya sudah diberangkatkan dari Jakarta tanggal 20 April kemarin dan masih dalam perjalanan sampai saat ini.

  9. sore sam chandra, kalo kena pajak dari malang, apa ngambil.nya harus di kantor pos dekat alun2 itu?? jauh amat, trus kalau mau ngajuin keberatan bea cukai bawa bukti apa aja ya?? soalnya saya beli barang lewat mobile app, harga 98 dollar, karena gak punya CC, jadi lewat doku wallet transfer rupiah, cuma punya bukti itu doang ama screenshot di hp, tambah apalagi ya?? makasih sam…

    Balas
    • Halo Aziz, kurang lebih begitu mas. Memang mengambil sendiri untuk melunasi pajaknya. Wah… kok sudah mau keberatan mas? Itu nanti yang kena pajak $48nya mas, yang $50 itu bebas pajak. Nanti berapa persennya tergantung jenis barangnya. Oh ya, kalau ada NPWP bisa mengurangi pajak juga.

  10. selamat sore , saya kirim paket dokumen ke india tgl 21 april..( hanya cd dan rantai stainles) berat 112 kg no : EE173741142ID dan sampai sekarang belum sampai..wah..sgt melelahkan mengecek tracking tersu menerus..sedang kan saya dijanjikan 5 hari sampai ditujuan di penerima..bagaimana ini Pt pos ? bikin saya kapok dah..bagaimana kita mengecek bea cukai disana?.kalo memang kendalanya di bea cukai.

    Balas
    • Halo Eva, pengantaran di negara tujuan itu tanggung jawab negara masing – masing mbak. Dan lama pengiriman itu estimasi dasarnya. Dan itupun menghitung sekedar sampai di negera tujuan, bukan sampai diantarkan ke penerima. Apalagi kalau tertahan bea cukai, ini sudah diluar kuasa kantor pos mbak. Beda departemen.

      Sebaiknya penerima yang menghubungi bea cukai setempat, beda negara soalnya.

  11. Senang sekali melihat web ini, saya juga mau tanya kiriman saya dari India kok belum berubah statusnya : RK286919782IN

    Kira-kira2 berdasarkan penglaman Pak Chandra ini kenapa ya apa memang masih perlu waktu tunggu atau bagaimana Pak, mohon sarannya.

    Thanks

    Balas
    • Halo Yoyok, masih diperiksa bea cukai mas. Tapi.. dari tanggal 21 April. 🙁 Coba kontak ke EMS langsung: 021 161, lebih enak begitu.

    • Iya kemaren pas telp sudah lewat 5 menit 1500225 dari jam 4 sore. Hari ini mau di coba telp (pesan dari 161 masih di proses). Anyway makasi pencerahannya Pak 🙂

  12. Met Siang, saya mohon bantuan di cek no resi kiriman saya RE836274706SE dari China sudah sampai mana ya…., soalnya saya cek hasilnya sudah sampai di Indonesia (POS INDONESIA), tapi saya track di EMS POS INDONESIA hasilnya tidak ada data. Mohon pencerahannya. Trims

    Balas
    • Halo Tony, mas cek dimana? Saya cek di EMS Indonesia, Cina dan Swedia tidak ditemukan semua adanya kiriman dengan nomor resi tersebut.

  13. Itu barangnya dari China shipping nya Swedia. Ini kronologinya Saya membeli barang dari China di DX.COM, 4 item barang dan dikirim partial (2 paket), satu paket berisi 3 item dengan resi RE836274706SE, dan satu paket 1 item tanpa no resi. . Saya track terakhir IN TRANSIT / LOCAL MAIL TRACKING (POS INDONESIA). Tapi di Pos Indonesia di tracking tak ada data, dan atas saran teman suruh track di website Bea Cukai malah web nya Account Suspended. Yang membuat jadi penasaran adalah 1 paket yang tanpa no resi sudah datang pada Sabtu 30 April 2016 lalu, hadew…
    Trus kalo status LOKAL MAIL TRACKING tu gimana mas, tu belum masuk data ato gimana?

    Balas
    • Halo Ramlan, tidak bisa dilacak mas. Tiba – tiba datang saja, tapi bisa lama sekali. Saya pernah menunggu 3 bulan baru ada surat panggilan, malah sudah lupa saya ada kiriman.

    • oh gitu ya mas, medingan pake china post ya mas…
      kirain saya lebih cepat pake yanwen expres, dari estimasinya max 20 hari, klo china post max 60 hari, saya nyobain belanja di aliexpres mas

    • Yanwen itu aslinya (dari pengalaman dan baca – baca di internet) cuma ekspedisi bayangan yang cepat dapat nomor resinya mas, biar pembeli ga tanya – tanya terus nomor resinya apa. Jeleknya cuma bisa ditrack dari Yanwen sendiri. Nantinya juga pakai kantor pos kok ngirimnya.

      Pernah saya bahas sekilas dulu: http://utekno.com/cara-cek-resi-yanwen-10533

  14. Halo lagi mas Chandra, masih inget dengan saya 🙂 kemaren barang saya di hold oleh customs dan suruh return to origin. Kemudian saya forward lagi ke Skypax dan hari ini sudah sampai, menurut mas ini saya pakai kurir Royalmail, DHL atau UPS…apa nanti di seized lagi sama custom….rugi berlipat donk nih hiks

    Thank you mas

    Balas
    • Saya sudah lupa mas. Haha. 😀

      Boleh tahu nomor resinya? terus kok bisa dikembalikan ke asalnya ya? Barangnya apa ya mas?

    • Iya mas barangnya Suplemen Obat, harus minta ijin BPOM ijin SAS gitu deh..sy udah mikir repotnya hehe…nah kira2 menurut mas untuk kurir Skypax.com pilih mana ya…? Thx

    • Tebakan saya sih ya kurir pos biasa mas. Mungkin kalau pakai DHL atau FedEx bisa otomatis dilewatkan sih, ga enaknya pajaknya ga bisa nawar.

  15. Maaf mas mau tanya. kalo mau cek harga EMS dimana ya yg lebih prktis selain musti ke kantor pos nya untuk tanya? Saya rencana mau krim barang ke china & argentina nah itu bingung carif taris EMS selain musti ke kantor pos dulu tanya. Karena menurut saya kurang efektif 😀 Terima kasih sebelumnya mas.

    Balas
  16. Selamat siang mas, mau nanya resi dengan dengan nomer EE171751924ID sudah sampai mana ya ? saya cek ems-nya status masih collection padahal udah dikirim dari seminggu yang lalu. Dan juga ada kesalahan kode pos penerima, padahal saya nulis di formnya sudah benar, kalau seperti itu gimana ya mas ? Terimakasih mas mohon bantuannya..

    Balas
    • Halo Aulia, wah… kok aneh ya mbak. Coba besok mbak telepon langsung ke EMS Indonesia: 021 161, ini ga wajar soalnya. Dan sekalian koreksi alamat tujuan kalau bisa sih.

    • Iya mas, barusan dikabarin katanya masih dalam proses pendataan dan pengiriman, sepertinya barang masih ada di Indonesia, wah rugi dong ini, dikenakan biaya pengiriman yang paling mahal dgn janji seminggu nyampe malah barang belum dikirim sampai sekarang. Oh iya, nomor telepon itu tidak bisa dihubungi, katanya tidak terdaftar atau apalah itu. Adakah nomor telepon lain yang bisa dihubungi selain itu mas ? nomor kantor cabang pun tidak diangkat.

    • Mbak telepon dari hp? Coba pakai telepon rumah/PSTN mbak.

      Ya repotnya kirim keluar negeri kadang begini mbak. Kita sudah cepat – cepat tapi karena lewat banyak tangan kadang ada saja masalahnya. 🙁

  17. Sore, mas..saya kirim paket ke Israel/palestine tanggal 13 kemarin, setelah dua hari pengiriman saya tracking no resi tidak ditemukan. No resi ems EE 1787583121D.

    Edit:

    Maaf mas tanggal 14 hari sabtu ??, kira2 apa belum terdata ya, saya ngirimnya dari kantor pos cabang tanjungbalai asahan mohon bantuannya mas..

    Balas
    • Halo Erpi, tampaknya belum didata di kantor pos pusat mas. Ini saya sarankan tanya langsung ke EMS Indonesia: 021 161.

  18. Mas saya kirim barang dari cina no track kok gak ada kode hurufnya cuma angka no track nya 35295382577 bilang seleranya track di mty.track….. aku cek di ems.posindonesia kok gak falid. Apa no track nya fake ya

    Balas
    • Halo Wisnu, oh… di MTY Track memang ada sih mas. Menurut statusnya sudah dibawa kurir pos sejak tanggal 14 Mei kemarin. Coba tanyakan ke kantor pos pusat di tempat anda.

      Catatan: Saya belum pernah pakai ekspedisi ini. Kemungkinan tipe pengiriman tak tercatat sehingga tidak bisa dilacak di Indonesia.

  19. Hai Mas Chandra,

    Saya bisa minta tolong untuk cek paket yang saya kirim pada tanggal 30 April 2016 dari Tanjung Selor, ke USA dengan no resi RR008506053ID. Karena tidak bisa dilakukan tracking online dan saya tidak tahu posisi paket ada dimana

    Trims.

    Balas
  20. Apakah ada yg punya pengalaman pengiriman barang dgn EMS dari Chine ke Indonesia, butuh waktu brp lama yach ?

    Status pengiriman saya dari tgl 21 Mei sudah 3 hari masih “Departure from outward OE”

    Balas
    • Halo Riza, ya macam – macam mbak. Mulai dari seminggu hingga 3 bulan. Tergantung jenis layanan kirimannya.

  21. Selamat siang admin yg baik, saya beli barang lewat jasa beli luar negeri dari HK pake flytexpres no resinya 70918392222 . Bisa minta tolong di check ? Soalnya sy tracking barangnya udh di indonesia namun tdk jelas skrg dimana posisi barang saya. Terima kasih

    Balas
    • Halo Tovan, mas nomor resinya ga salah? Saya cek di Flyt Express sendiri tidak ditemukan.

      Mestinya kerjasama dengan kantor pos mas untuk pengantarannya.

  22. Siang dear admin, saya pesan brg melalui ebay dr Jepang, no resi RR924855587JP,
    Status skr klo sy track lwt ems.posindonesia Tangerang 15000 2016-05-27 07:38 Arrival at delivery/Transit Office
    Berarti di kantor pos Tangerang 15000 ya?
    Klo misalnya sy ambil lgsng ke kantor poa bisa tidak ya
    Terima kasih

    Balas
    • Halo Aristama, betul mas itu semestinya ada di kantor pos pusat Tangerang. Bisa dicoba diambil sendiri kalau mau. Asal sudah lewat bea cukai pasti bisa.

    • Terima kasih admin, kmrn cb mau ambil tp ternyata sdh tutup, kesorean 🙂
      Biar bsk diantar sm pos nya aja

  23. Pak paket saya tersendat di malaisia saya harus bayar bea dan cukai mahal sekali bagaimana solusinya pak apakah paket langsung bs di ambil dimalaisia atau bagaimana? tolong infonya TKS

    Balas
    • Halo Azmila, ini mengirimkan barang ke Malaysia? Sudah dapat berapa besar pajaknya? Ya harus dibayar kalau mau diambil mbak. Bayarnya di bea cukai/kantor pos Malaysia lho mbak. Langsung dan tidak ada transfer. Nomor resinya apa ya?

  24. Om udah 1 tahun barang Q blm jg sampe tolong cek lagi donk katanya jasa Online lagi transit kog lama bgt nie resinya LJ891712597

    Balas
    • Itu mas ngeceknya dimana? Langsung tanya kantor pos mas: 021 161. Kiriman internasional kesana, atau ke bea cukai pasar baru.

  25. Mas . kalo skrg paketan saya dari malaysia sudah di mcp surabaya, kira2 di antar ke alamat atau kita ambil kesana ?

    Edit:

    EE031653529MY itu nmer resinya via ems

    Balas
  26. Paket saya yg dari malaysia kok sampai 1bulan blm datang …apakah via EMS itu pasti lama?bolehkah bantu cek EH 13 159 819 8MY .dan apakah benar itu resi malaysia?(takut kena tipu2 resi palsu)…trimakasih

    Balas
    • Kantor pos wilayah penerima maksudnya mas? Tinggal menunggu surat panggilan misalkan ada pajak impornya. Atau mas pas cek resinya sudah ada di kantor pos setempat langsung datang saja ambil sendiri.

    • Dear Mas Chandra.
      Status masih sama, hampir 15 hari, apakah bisa kita langsung ambil di bandara?
      kalau bisa, apa saja ya prosedurnya?
      atau no yang bisa di hubungi ke bagian bandara langsung, karena saya cari di web2 tertentu, no bisa di hubungi tapi tidak pernah di angkat.

      Mohon Pencerahannya mas

      Thanks
      Anton

    • Kalau ke bandara langsung ga bisa mas soalnya urusannya lain, nunggu ke kantor posnya baru bisa diambil sendiri. Sudah coba kontak bea cukai soekarno hatta atau EMS Indonesia mas?

  27. selamat siang .
    kemarin sebelum lebaran ayah saya berkenalan dengan seseorang bernama ely susanti . setelah itu dia menceritakan riwayat hidup , tunggl di london ditinggl suami meninggl bla bla bla .

    setelah itu dia meyakinkan ayah saya dengan suatu surat yang akan dikirim kantor UK new flight delivery . dia aka memindahkan uang warisan suami yang kita akan mendapat jatah 20% dr uang kiriman tsbt . dia meyakinkan ayah saya dengan surat” , pasport dirinya setelah beberapa hari menunggu kabar akhirnya dia memberi kabar kalau dia menerima pesan dr pihak delivery akan di kirim ke indonesia melalui courir yang kita tidak diperbolehkan menemui di bandara dan berkata courir akan memberi paket/parsel ke alamat rumah langsung .

    kemarin setelah dapat kabar katanya courirnya di tahan di bandara sokarno hatta dan disuru menrasfer uang sebesar 5jt 500rb untuk menyelesaikan biaya cukai dan itu katanya uda kebiasaan . pihak inggris dan ely tsbt terus menghubungi untuk segera menstransfer dari situ saya akhirnya sadar . setelah saya cek nomer seri di new delivery ternyata tidak ada dan setelah saya mencari info di berbagai web ternyata ini modus penipuan dan pengiriman parsel berupa uang itu ILEGAL dan AKAN DISITA . terima kasih pada forum ini karna sangat membantu banyak orang

    Balas
    • Sama – sama mas Faris. 🙂 Memang cukup bahaya dan apabila tidak sadar karena ini katanya hadiah jadi banyak orang yang terbawa untuk mengikuti apa maunya. Untunglah kalau sebelum dilanjutkan mencari tahu di Google.

    • Halo Ayyub, yang pasti sudah diberangkatkan dari Soekarno Hatta tanggal 15 Juli mas. Coba kontak EMS Indonesia di 021 161 mas.

  28. Maaf mas mau tanya.no resi aku EA129976449CN.da sampai jakarta saya liat.barang yg saya pesan dari china. Ada 2 macam harga $63.75 sama $59.54.yg saya mau tanya,apa kena pajak bea cukai?
    Kalo kena,kira2 brp ya? Bisa di info dan saya harus ambil dmn barang nya..thx ya

    Balas
    • Halo Tommy, nanti semuanya akan dikirimkan surat panggilan ke rumah mas. Buat ambil sendiri ke kantor pos pusat di wilayah anda. Soal pajak, berapanya tergantung jenis dan nilai barangnya. Tapi mestinya ga mahal mas.

  29. Selamat siang mas chandra.. mohon bantuannya ya bisa ngak di cek kan nomer resi saya cp045747892th. pengiriman diberangkatkan tanggal 22 juni 2016. menurut saya sudah 1 bulan tapi ga ada update-an di ems.posindonesia.co.id. mohon pencerahannya mas chandra. Terima kasih banyak.

    Balas
    • Eh… itu belum sampai Indonesia mas. Hampir yakin pakai jalur laut karena khasnya lama sekali, nunggu kargo penuh baru berangkat dan bisa transit dan ini nunggu lagi.

  30. hi mas Chandra,

    aku mau tanya, kemaren tgl 26 aku kirim paket melalui emske indo-jerman, sebelumnya aku juga pernah mengunakan jasa ems, cuma aku perhatiin untuk paket yang sekarang ketika aku cek kok ga ada keterangan dari indonesia ke jerman ya, cuma from indonesia to : blank, dan di keterangan setatus terakhir cuma departure from OE, apa perlu aku tanyakan ke cust service? tp di tlp sudah sekali, apa ada kesalahan dr pihak ems tidak mengimput alamat tujuan kah?

    thanks

    Balas
  31. Hello min, mau tanya dong, aku kan ngetrade sama orang, yg aku kirim
    Ke dia udag sampe tapi paket aku yg dari dia(di AUS) blm sampe , udh dikirim dr 3 minggu lalu dan gak ada tracking numbernya>< itu brati cara ngeceknya gimana ya?? Takutnya lost mail dsb,

    Balas
  32. hallo pak chandra,
    saya mau nanya kalau kiriman paket dari hongkong status sudah di Office MPCJAKARTA – 10900 sejak 09 Agustus 2016 dan Status masi : Processing document by Customs
    sampai 22 agustus 2016 kira2 knp yah ? koq lama skali, biasa nya cm +- 1 mgg saja. apa krn minggu lalu ada 17 agustus-an jadi nya bnyk pending ?

    Balas
  33. Selamat malam mas chandra/admin..mau tanya? Apakah memang benar setelah dikirim no resi EMS kita baru bisa melacak 7-10 hari kemudian…apakah ad cara lain untuk memastikan barang itu sdh d proses atau belum? Terimakasih. Dtunggu pencerahanya

    Balas
    • Halo Rahmad, ini kalau beneran pakai EMS dan tipenya registered biasanya dalam 24 jam sudah bisa dilacak mas. Ya dicek resinya pada kantor pos negara asal paling akuratnya.

Tulis komentar...