Cara cek resi Philippine Post

Tampaknya walau hari raya Lebaran masih jauh (3 bulan lagi) sudah mulai banyak yang mengirimkan bingkisan ke sanak saudara di Indonesia dari luar negeri melalui EMS (Express Mail Service). Salah satu kenalan saya mendapatkan kabar dari kakaknya di Filipina telah dikirimkan sebuah paket berisi hadiah dan disertakan nomor resinya.

Karena teman saya ini penasaran apakah paketnya sudah berada dimana kalau di Filipina dan apakah sudah keluar dari negara tersebut maka pelacakan menggunakan EMS kurang memenuhi kebutuhannya karena hasilnya hanya secara umum. Kalau mau tahu tahap demi tahap yang terjadi di Filipina perlu menggunakan layanan pelacakan surat dan paket milik kantor pos nasionalnya (Philippine Postal Corporation atau PHLPost).
phlpost
Langsung saja setelah mengakses situs resminya anda klik menu Track & Trace di sidebar kirinya.

Halaman pelacakan paket akan muncul silahkan isikan apa nomor resinya (International Item Identifier) kemudian klik Find.
phlpost-track-trace
Akan muncul tabel berisi informasi mengenai paket tersebut. Mulai dari tanggal dan waktu, statusnya apa, dimana posisinya saat itu. Kalau ada keterangan tambahan akan disisipkan juga.
phlpost-track-trace-result
Berikut contoh isi tabel dari tracking paket Philippine Postal Corporation:

Tracking No.: CP302458273PH

DATE & TIMESTATUS OF YOUR ITEMOTHER INFOCOUNTRY
3/20/2015 3:02:00 PMReceive item at origin country gatewayPHILIPPINES
3/21/2015 7:19:14 AMPrepare dispatch to destination countryPHILIPPINES
3/26/2015 10:11:00 AMReceive at country of destinationIndonesia

Sebenarnya fitur tracking Pos Filipina ini malah lebih baik kalau digunakan untuk melacak status paket yang dikirimkan dari Indonesia ke Filipina karena akan muncul detail – detailnya dibanding hanya melalui EMS Pos Indonesia.

Tulis komentar...