Cara cek tarif ongkos kirim Pos Internasional

Mengirimkan surat, dokumen atau paket ke luar negeri memang bisa menggunakan jasa Pos Indonesia, tapi belum tentu anda tahu berapa biayanya bukan? Yang pasti saat saya membutuhkan cuma terpikir semestinya lebih mahal daripada ongkos kirim Pos Domestik, dan untungnya kantor pos menyediakan fitur cek tarif Pos Internasional secara online.
Anda bisa mengaksesnya melalui halaman utama website Pos Indonesia. Selanjutnya buka menu Layanan Pelanggan dan klik Kiriman Pos Internasional.

pos-indonesia-layanan-pelanggan

Halaman perhitungan tarif kiriman luar negeri akan terbuka, cara menggunakannya adalah dengan mengisikan kota asal di kotak Dari:, kemudian negara tujuan di kotak Ke:, berat kiriman wajib diisikan – satuannya adalah gram, sedangkan ukuran volume barang atau paket tidak wajib diisi, tapi kalau terlalu besar akan ikut diperhitungkan di kantor pos saat penimbangan dan pengukuran barang.

Kalau sudah klik Tampilkan Tarif. Disini saya ingin tahu berapa harga pengiriman paket dari Malang menuju Singapura dengan berat 1 kilogram.

pos-indonesia-cek-tarif-kiriman-indonesia-singapura

Tepat di bagian bawahnya akan muncul informasi tarif ongkos kirim Pos Indonesia ke luar negeri, dalam hal ini Indonesia ke Singapura.

pos-indonesia-tarif-kiriman-indonesia-singapura

Ada beberapa produk layanan Pos Indonesia untuk pengiriman internasional yang bisa anda pakai:

  • EMS PRIORITY DOCUMENT
  • EMS PRIORITY MERCHANDISE
  • EMS DOCUMENT
  • EMS MERCHANDISE
  • SURAT R LN
  • PAKET CEPAT
  • PAKET BIASA

Mata uang yang digunakan adalah Dollar Amerika yang dikonversikan menjadi Rupiah saat itu juga. Pada dasarnya semakin mahal adalah yang paling cepat sampainya. Kategori layanannya juga diperhatikan, Document untuk surat juga dokumen, dan Merchandise adalah untuk barang dan paket. Semua ini belum termasuk PPN 10% dan biaya asuransi, jadi memang cukup tinggi juga tarifnya.

Terakhir adalah mengenai Express Mail Service (EMS). Kalau anda nyasar kesini karena mencari tahu mengenai EMS yang memang mengirim dan menerimanya lewat kantor pos. Sudah disediakan sendiri oleh Pos Indonesia websitenya untuk cek tarif EMS dan melacak lokasi paket EMS dengan nomor resinya. Silahkan langsung akses layanan EMS yang anda butuhkan.

1.163 pemikiran pada “Cara cek tarif ongkos kirim Pos Internasional”

  1. Selamat Pagi Mas Chandra,
    saya mau membeli barang dari china Fuzhou fujian china ke bandarlampung via EMS yang per 10 kiloan bukan yang per 500gr adakah? bisakah saya mendapat alamat post cina nya?

    Balas
    • Selamat pagi Fajar, ini maksudnya si penjual mengirimkan barangnya per 500gram? Wah… kok tidak dijadikan satu supaya lebih hemat mas? Bisa kok EMS mengirimkan 10kg mas. Mungkin kalau penjualnya mengalami kesulitan lebih baik anda menggunakan jasa forwarder dari China ke Indonesia, di Kaskus ada banyak yang menyediakan jasa tersebut.

    • Halo Nini, kalau ini mohon maaf saya tidak tahu mbak. Belum pernah mencari tahu bisa atau tidaknya sistem jemput barang di Pos Indonesia.

    • Malam pak ,, sy mau tny kl dr jepang kirim paket berupa kosmetik ato suplement kecantikan ke semarang jawa tengah brp ya kisaran tarif per kg nya ,, mohon di balas ,, makasi 😀

    • Selamat pagi Indah, haha.. aslinya heran kok jadi banyak yang tanya ongkos kirim dari luar negeri ke Indonesia. 😀

      Saya baru cek ternyata tarif pengiriman dari Jepang keluar negeri itu langsung dianggap 0.5kg seharga 2100 Yen dan setelah itu setiap kelipatan 0.5kg ditambah 600 Yen. Dimana saat ini 100 Yen adalah Rp. 12164.35. Jadi 1 kilogram biayanya Rp. 328437.45.

      Bisa dilihat sendiri daftar tarifnya disini mbak: https://www.post.japanpost.jp/english/fee/intel/parcel.html Di bagian Zone 2 (Southeast Asia, Southwest Asia)

  2. Mau tanya, saya mau nerima paket dari Italy yang akan datang 1 minggu lagi, paket itu berisi Samsung Galaxy Tablet 10inc, terus berapakah saya harus membayar atau bagaimana caranya untuk menghitung biaya pengambil barang tersebut? Terimakasih 🙂

    Balas
    • Halo Schnee, masuk merchandise kalau itu. Oh ya nama anda mengingatkan saya pada salah satu tokoh di The New Gate. 😀

    • Halo Bella, dilihat dari beratnya mbak bukan nilai barangnya:
      Tarif EMS Indonesia SURABAYA – 60000 ke MALAYSIA – MY (1 kg)
      Layanan Tarif USD Tarif RP Up to weight (gr)
      EMS DOCUMENT $ 14,3 190,476 1.000
      EMS MERCHANDISE $ 17,5 233,100 1.000

  3. mas saya mau tanya temen saya mau kirim hp samsung note4 dari singapura. terus tarip nya gimana dan siapa yang bayar/ berapa. tolong jelaskan mas..

    Edit:

    singapura ke kendal jawa tengah mas

    Balas
    • Halo Saneko, saya sangat menyarankan jangan kirim gadget ke Indonesia. Pajak impornya masih terkena barang mewah (20%), jadi minimal teman anda membayar 1.4juta (saya cek di Indonesia Samsung Note 4 harganya 7jutaan), belum pajak untuk barangnya sendiri dan lain – lain. Jangan kaget nanti bisa terkena pajak hingga 3 juta.

    • Halo Adam, saya tidak tahu apakan cairan boleh dikirimkan tapi berikut tarifnya untuk 2kg:
      Tarif EMS Indonesia MATARAM – 83000 ke MALAYSIA – MY (2 kg)
      Layanan Tarif USD Tarif RP Up to weight (gr)
      EMS DOCUMENT $ 22,1 294,814 2.000
      EMS MERCHANDISE $ 25,3 337,502 2.000

    • Selamat pagi Emy, ongkos kirimnya lumayan mbak:
      Tarif EMS Indonesia MALANG – 65100 ke MALAYSIA – MY (11 kg)
      Layanan Tarif USD Tarif RP Up to weight (gr)
      EMS MERCHANDISE $ 93,8 1,253,168 11.000

    • Selamat pagi Farah, kok tidak disertakan kota asalnya ya? Haha. Saya asumsikan Jakarta mbak:
      Tarif EMS Indonesia JAKARTAPUSAT – 10000 ke HONG KONG – HK (1 kg)
      Layanan Tarif USD Tarif RP Up to weight (gr)
      EMS DOCUMENT $ 19,8 264,528 1.000

  4. Kak, saya mau kirim rokok dan baju ke jepang berat sekitar 2kg .
    Biaya berapa yaa kak ?
    Pengiriman dri solo

    Balas
    • Halo Nia, kurang lebih tarifnya:
      Tarif EMS Indonesia SOLO – 57100 ke JAPAN – JP (2 kg)
      Layanan Tarif USD Tarif RP Up to weight (gr)
      EMS DOCUMENT $ 32,7 435,564 2.000
      EMS MERCHANDISE $ 35,8 476,856 2.000

    • Pak, saya ada kirim rokok ke Taiwan, seberat2,5kg, ternyata di tahan di pos besar Taichung ,apakah harus bayar tax?kira2 berapa harus bayar ya pak? Makasih

    • Halo Eko, yakin ditahan? Bukan belum diproses saja? Saya kurang tahu sih mas kebijakan pajak impor untuk tembakau dan olahannya di Taiwan. Takutnya kalau rokok ini ada ijin khususnya. Kalau berkenan saya minta tolong mas Eko yang sharing pengalamannya.

    • Hi Leen, it would be better if you asked first the seller for approximate weight and volume of the furniture. Where are the seller location? The tariff depends on the originating city too. There area insurance dan wood packaging fee too.

      I answered in English to reduce misunderstanding from communicating using our national languages (Indonesia/Malaysia), even if it’s similar but there are differences and can change the meaning conveyed.

  5. Hello Gan, Jika saya akan kirimkan 3 baju batik dan 2 pcs teh celup kira2 total beratnya 1 kilo, jakarta – Austria. Total yang harus saya bayar berapa IDR kah ?
    Mohon infonya//
    TQ B4

    Balas
    • Selamat pagi Arel, kurang lebih:
      Tarif EMS Indonesia JAKARTAPUSAT – 10000 ke AUSTRIA – AT (1 kg)
      Layanan Tarif USD Tarif RP Up to weight (gr)
      EMS MERCHANDISE $ 29,4 392,490 1.000

      Belum termasuk asuransi dan PPN.

    • Selamat pagi Mila, kurang lebih tarifnya seperti ini mbak:
      Tarif EMS Indonesia MALANG – 65100 ke TAIWAN – TW (5 kg)
      Layanan Tarif USD Tarif RP Up to weight (gr)
      EMS MERCHANDISE $ 62,8 845,288 5.000

    • Kurang lebih Rp.170.000 per kilogramnya, sampai di Taiwan biasanya dalam seminggu tapi kalau sampai di penerimanya bisa lebih lama dan ini tergantung kantor pos setempat.

    • Halo Dhilla, perkiraan tarif 1 kg ya dari wilayah Sulsel ke Sabah, Malaysia sebesar $ 17,5 atau 235,550.

  6. Met Siang pak, kalo saya mo ngirim rokok dari jakarta ke amerika kira-kira 60 bgks bisa gak? dan kira-kira ongkosnya brp ya? minta no hpny pak

    Balas
  7. halo kak.. mau tanya, kan aku mau kirim album dan poster ke brunei, itu masuknya kategori yang mana ya? Dan berapa lama sampenya? Dan ada biaya lg tdk?
    Terima kasih

    Balas
    • Halo Ahya, kalau anda yang mengirimkan sih tidak perlu khawatir apa – apa. Yang menerima di Brunei yang nantinya akan membayar pajak impornya kalau ada. Nah… saya tidak tahu bagaimana aturan tax disana sih jadi tidak bisa menjawab. Perbandingannya di Indonesia kalau anda menerima barang dari luar negeri dibawah $50 maka pajaknya gratis, semoga di Brunei ada aturan sejenis juga.

      Biaya selain ongkos kirim adalah PPN 10% dan asuransi 0.2% mbak.

    • Paling cepat 4 hari, biasanya 1 mingguan dan ini belum termasuk proses pengantaran ke alamat penerima lho ya. Singkatnya bisa 2 mingguan.

    • Halo Jey, kalau ongkirnya saja kira – kira $25,3 atau Rp. 342,309. Belum PPN 10% dan asuransi 0.2%. Berapa harinya ini… biasanya 1 minggu baru sampai mbak.

  8. saya mau nanya mas, saya mau kirim jilbab sekodi berat 6 kg. dimensi paket 46 x 27 x 18 cm. pengiriman depok ke taiwan. kira-kira biaya berapa kalau pakai POS BIASA dan EMS. trus berapa hari? terima kasih infonya…

    Balas
    • Mohon maaf telat membalasnya, tampaknya cuma ada cara cek ongkir EMS sekarang: $ $74,2 atau kurang lebih Rp. 1,005,410. Dalam 1 minggu sampai di Taiwan biasanya, tapi ini belum termasuk lama pengantaran ke alamat penerimanya.

  9. hai kak..mau nanya donk..klo sya mau kirim handphone ke amerika kira -kira ongkirnya berapa ya?sma itu masuknya kategori apa..handphone nya cuma ukuran 4inc dn hrganya gk lebih dari 1jt.makasih

    Balas
    • Halo Riana, dari kota apa ya mbak? Anda juga tidak perlu khawatir kategori barang atau pajaknya, itu urusannya si penerima di Amerika sana kok. 🙂 Jadi anda cuma perlu bayar ongkir+ppn+asuransi saja, dan mungkin packing kayu juga sih.

    • Halo 101092, ini sebaiknya ditanyakan ke kantor pos pusat Pasuruan mas:
      Jl Alun-alun Utara 1. Telepon 0343 424042

      Saya tidak tahu soalnya dan tidak ada caranya cek tarif online untuk kirim sepeda motor.

  10. saya mau nanya pak,
    kalo saya kirim kue kering ke korea dengan berat 6kg,kira” brapa ongkos nya.
    serang – korea..,dan brapa hari nyampenya,,apakah nanti dikenakan becuk,,,?
    makasih,,

    Balas
    • Halo Ramon, kurang lebih $83,7 dan dikurskan menjadi sekitar Rp. 1,134,135. Biasanya 1 – 2 minggu mas sampainya.

  11. Mau nanya kalau mau mengirim barang almari minimalis bahan dari kayu jati..kira2 BERATNYA. 50KG tujuan ke brunei darusalam tepatnya kota lambak kanan berapa ya ongkos kirimnya terimah kasih..sekalian d rupiahkan biar jelas pak

    Balas
    • Halo Charlin, ini dari kota mana ya pengirimannya? Misal dari Jakarta tarifnya ke Singapura adalah $15 untuk 1kg. Sedangkan si penerima di Singapura nanti kemungkinan dibebani pajak impor sih mbak, sayangnya saya kurang paham berapa nilai barangnya yang tidak kena pajak.

  12. halo. sy mia, Pak chandra , sesuai pengalaman bapak, berapa lama pengiriman dari penang /malaysia ke jakarta ?

    sy sudah cek no resi, di website pos laju sudah ditulis sudah dikirim ke jakarta di tgl 14. cuma sampe skrg paket belom sampe ke rumah saya , pdhl paket uda ada di jakarta ?

    pengiriman paket kecil, pake jasa EMS , sy cek di EMS pos Indonesia, jg sama tulisannya klo tgl 14 agus paket sudah dikirim ke jakarta.

    memang lama yah pak butuh waktu lebih dari 2 minggu barang dikirimkan ke rumah say ?

    makasih

    Balas
    • Halo Mia, ya anehnya kalau ke Malaysia cukup 4 harian tapi ke Indonesia bisa 3 minggu. Haha. 😀 Pengalaman pribadi lho ya mbak, teman saya malah lebih cepat cuma 1 mingguan sampai di rumah. Sama – sama herannya kok.

      Kalau selama itu biasanya karena overload kantor tukar atau bea cukainya mbak, ini belum memperhitungkan waktu pengirimannya oleh pos indonesia. Boleh tahu apa nomor resinya?

    • Pos R LN ya? Tampaknya sih iya mbak kalau dipikir – pikir. Minggu lalu saya mengirimkan barang ke teman di Singapura tapi tidak seperti biasanya langsung menggunakan EMS, biasanya minimal ditanya dulu sama petugasnya mau memakai layanan yang mana.

      Nanti kalau ke kantor pos saya konfirmasi lagi. Di situs Pos Indonesia juga sudah tidak ada pengecekan tarif pos internasional soalnya.

    • Halo Ari, maaf telat membalasnya. Tidak online 24 jam soalnya.

      Tarifnya adalah $ 41,9 atau sekitar Rp. 579.850 untuk 4 kg.

    • Halo Irna, pakai Pos Internasional yang biasa juga bisa mbak. Lebih murah dari EMS tarifnya. Cuma kabarnya sudah tidak ditawarkan lagi.

    • Halo Indra, dari kota mana ya mas? Kalau lewat kantor pos biasanya dalam 1 minggu sudah sampai di Amerika sana.

    • Halo Dodi, wah… harganya kurang lebih kalau dirupiahkan Rp.5.906.527. Jelas kena pajak impornya mas. Mungkin bisa mencapai 2 juta lewat taxnya.

      Kalau pakai jasa semacam DHL atau FedEx lebih mahal sih mas tapi bisa dengan cepat dikirimkan ke penerimanya. Misal ada pajak pun akan ditalangi dulu oleh mereka, jeleknya penerima memang harus membayar penuh. Tidak bisa negosiasi lagi.

      Sedangkan EMS lebih murah, tapi biasanya bisa lama di bea cukai dan kalau barangnya mahal begini agak beresiko juga pengirimannya. Si penerima tampaknya akan dipanggil ke kantor pos untuk melunasi pajaknya. Bagusnya bisa menawar pajaknya.

      Apa tidak sebaiknya dibawa sendiri ke Indonesia mas?

    • Halo Deana, kurang lebih $ 17,5 atau sekitar Rp. 246,925 untuk 1 kilonya. Masalah obatnya tidak terlalu dicek sih mbak, asalkan bukan golongan terlarang. Lain kalau di negara Malaysia diperbolehkan atau tidak, urusan penerimanya kalau ini.

    • Selamat malam Heny, langsung saya hitung 3 kg ya:
      Tarif EMS Indonesia SELONG – 83600 ke TAIWAN – TW (3 kg)
      Layanan Tarif USD Tarif RP Up to weight (gr)
      EMS MERCHANDISE $ 40,1 567,816 3.000

    • selamat pagi pak saya mohon ijin bertanya, ini saya mau dikirimkan hp(meizu m2 note) harga 1,9jt dari surabaya ke shibuya tokyo apakah bisa dikirim melalaui EMS dan berapa kira2 pajak yang harus dibayar sampai dijepang terimakasih mas sebelumnya.

    • Hi Junaidi, you are Malaysians right? I think you asking in the wrong topic. Haha.. 😀 I checked it myself and you can find the international delivery tariffs from Malaysia here: http://www.poslaju.com.my/services/?id=9

      Specifically for Malaysia to Indonesia:
      Transit time: 2-3 days.
      First 500 gram: RM 45
      Next 500 gm: RM 6
      Weight Limit: 30 kg

      So approximately it would cost you RM 63 to send parcer from Johor to Lombok. Hope it helps. 🙂

    • Saya mau kirim photocard seukuran KTP keluar negeri pakai Registered bisa? Itu Registered memang tarifnya gak sampai ratusan ribu? Kemungkinan risiko buruknya besar gak?

      Maaf banyak tanya..

    • Wah… tergantung negara tujuannya mbak, seingat saya dulu bedanya dengan EMS antara 10-30% lebih murah. Jadi ada kemungkinan tetap di angka ratusan ribu ongkirnya. Tetap bisa dilacak kok mbak, tapi ini beberapa tahun lalu sih sekarang saya menggunakan EMS terus soalnya. Aslinya kalau pengiriman internasional biasa dan EMS bedanya di kecepatan saja, kalau ada masalah sama – sama gigit jari mbak. Lha barangnya sudah di luar negeri sana. Untungnya belum pernah kejadian hilang, dikembalikan pernah tapi sekali saja.

      Ga usah sungkan mbak, saya juga dulu banyak tanya. 🙂 Tidak ada ceritanya langsung bisa. Hehe.

    • Halo Sodik, mengirim bisa mas tapi saya tidak tahu loh aturan impor produk tembakau di Taiwan. Coba ditanyakan ke penerimanya mas daripada nanti bermasalah. Ini mau mengirim dari kota apa?

  13. Sore mas, aku mw tny kalo mau kirim sampel jamu untuk keperluan penelitian di Republik Ceko, ongkosnya kena berapa ya?
    Trus mau tanya beda EMS, paket cepat dan paket biasa? sebaiknya pakai yang mana ya? trims ya Mas

    Balas
    • Selamat malam Ririn, ini dari kota apa ya mbak? Soal beda masing – masing layanan itu terutama di kecepatan dan harganya mbak. Dari pengalaman EMS lebih cepat sampainya, tapi kalau mau lebih ekonomis pakai yang lainnya juga tidak apa – apa.

    • Selamat sore Darko, dari negara mana tidak ngefek sih mas sepengetahuan saya. Ini maksudnya pajak impornya bakal kena berapa ya? Tergantung jenis barangnya mas dan nilainya. Kalau diatas $50 minimal kena 15%, sisanya ditambahkan pajak kategori barangnya dan apakah nanti termasuk barang mewah atau tidak.

  14. Hallo Mas Chandra! Saya mau kirim 1 buah CD lagu rohani gereja saya, dari Jakarta ke Melbourne, Australia. Kira-kira tarifnya berapa? CD itu sendiri harganya 75 ribu rupiah. Teman saya itu ingin membelinya & membayar ongkos kirimnya. Jadi saya butuh perkiraan jumlah biayanya. Thanks before, Mas! 🙂

    Balas
    • Halo Patty, tidak mengirim barang lain sekalian mbak? 1 kgnya sekitar $25,5 atau kalau dirupiahkan menjadi Rp. 368,985. Kalau masih ada Surat RLN pakai itu saja mbak, harganya bisa separuhnya EMS tapi beratnya pun bisa cuma 50gram, sangat lebih murah untuk pengiriman barang kecil.

  15. Hi Mas Chandra. Mau tanya kalau kirim barang dari malaysia ke indonesia berapa ya beserta cara perhitungan pajak dan biaya2 lainnya yang akan dikenakan? Saya mau kirim sepatu sekitar 4 kotak. Terima kasiihh.

    Balas
    • Jangan lupa disertakan fotocopy invoice ya mas, daripada nanti nilai barangnya diganti oleh petugasnya karena tidak percaya.

      Kurang lebih ya mas, saya konversikan ke USD karena itu standarnya:
      FOB Barang (USD) 609
      Kurs 1 USD (Rp) 14619
      Tarif Bea Masuk (%) 25
      Tarif PPN (%) 10
      Tarif PPnBM (%) 40
      Tarif PPh pasal 22 (%) Tidak Pakai NPWP(15)
      Pembebasan FOB (USD) Kiriman Pos-PJT(50)
      Asuransi (USD) 0.4 (Total (FOB+Freight) * 0,5%)
      Freight (USD) 6.7 (10% dari FOB)

      dan… 7 juta sekian mas jatuhnya kalau ikut rumus pajak impor. 🙁 Kalau harga sepatunya per pasang diatas 1 juta otomatis kena pajak barang mewah 20% atau 40%.

  16. Selamat malam. Mau tanya beda antara paket cepat dan EMS merchadise untuk pengiriman paket (pakaian) dari Jakarta Utara ke Melbourne, Australia. Krn kelihatanya pakai EMS lebih mahal, kelebihannya apakah hanya lebih cepat sampai? Kalau pakai paket cepat kantor pos berapa hari sampainya? Harga yg tertera belum termasuk pajak, kalau berikut pajak jadi berapa? Rencana mau kirim baju sekitar 5 kgs. Trims

    Balas
    • Halo Daniel, kalau sebatas pengetahuan saya memang cuma beda di kecepatan mas. Tapi keduanya sama – sama kantor pos yang mengurusnya. Selisihnya antara 3 – 14 hari.

      Pajak untuk pengiriman hanya PPN 10% mas dan ditambah biaya administrasi (5 ribu seingat saya), dan tergantung kemasan anda bisa kena biaya packing.

    • Selamat sore Denis, kurang lebih pakai EMS sebesar $55,1 atau sekitar Rp. 809,419 mas. Belum PPN, biaya administrasi dan mungkin packing.

    • Halo Helena, kalau berapa slop saya kurang tahu mbak tapi maksimal beratnya 30kg. Mungkin kena batas ukuran paket, tapi ini saya lupa dan sedang saya cari tahu.

  17. Selamat Pagi Pak Chandra. Saya berencana untuk mengirimkan paket dari Bogor ke Fukuoka, Jepang yang berisi pakaian, sepatu dan buku dengan kondisi untuk digunakan sendiri, tanpa tag harga, dengan estimasi berat 10 kg. Saya sudah cek harga dari setiap jasa yang ditawarkan di http://ems.posindonesia.co.id/ratepiol.php.

    Pertanyaannya:

    1. Jika memang kecepatan waktu pengiriman yang menjadi perbedaan, kira-kira berapa estimasi waktu pengirimannya dari Bogor ke Fukuoka untuk setiap jenis pengiriman?

    EMS PRIORITY MERCHANDISE USD 147,92 (IDR 2.168.507,-) 10.000
    EMS MERCHANDISE USD 142,60 (IDR 2.090.516,-) 10.000
    PAKET CEPAT USD 117,80 (IDR 1.726.948,-) 10.000
    PAKET BIASA USD 39,50 (IDR 579.070,-) 10.000

    2. Berdasarkan penjelesan Pak Chandra, PPn yang dibayarkan adalah 10%. Selanjutnya bagaimana cara menghitung Harga Tanggungan Nilai Barang yang dibebankan ke pengirim?

    3. Setelah barang sampai di Fukuoka, Jepang, apakah penerima di Jepang diwajibkan membayar pajak seperti pada saat kita menerima barang dari luar negeri di Indonesia?

    4. Apakah kita bisa kirim rendang ke Jepang? :))

    Terima kasih atas jawaban Anda :))

    Balas
    • Halo Andrian, wah… komprehensif sekali pertanyaan – pertanyaannya. Saya jawab sebisanya ya mas:
      1. Walau secara teori ada perbedaan kecepatan pengiriman dan kadang memang terasa, tapi semuanya rata -rata dalam 7 – 21 hari mas. Walau pakai EMS Priority kadang bisa sangat molor juga, tapi jarang terjadi. Pengamatan saya ini karena semua yang mengurus tetap saja kantor pos, bukan ekspedisi lain. Masalah bea cukai sendiri menambah waktu.
      2. Nanti anda akan ditanya berapa nilai barang pas di kantor pos mas, nah… ini HTNBnya. Sisanya tinggal petugas bea cukai disana percaya tidak dengan deklarasi nilai barangnya. Disini invoice ada gunanya, tapi kalau hadiah semua ya repot menilainya.
      3. Semestinya iya mas, tapi saya kurang tahu berapa nilai bebas pajaknya. Pas baca – baca ini pusing kepala saya: http://www.customs.go.jp/english/summary/tariff.htm Kalau di Indonesia kan $50.
      4. Wah… bukan makanan kering ya mas. Kalau ini suka – suka anda, bisa anda sebutkan isinya dan ada kemungkinan ditolak atau diam saja dan dikirimkan. Saya ga mengajari melanggar aturan lho mas, cuma cerita saja. 🙂

    • 1. Oh begitu ya Pak. Jadi kalau saya ambil Paket Biasa (karena berniat untuk menekan cost), ada kemungkinan barang saya sampai 21 hari kerja bahkan lebih ya Pak?

      2. Nah ini yang sebenarnya sedikit memusingkan. Masalahnya, barang yang akan dikirim adalah barang yang akan saya gunakan di sana. Memang pakaian dan sepatu yang biasa saya pakai, jadi tidak ada invoice seperti kita membeli barang dari luar.

      3. Kalau saya cek link yang Bapak berikan, besar kemungkinan barang yang saya kirim masuk ke dalam kategori Other Products dengan tariff 5%. Lumayan juga ternyata

      4. Sepertinya sih besar kemungkinan ditolak ya Pak karena makanan basah meskipun packingnya sudah sangat baik. Kalau dibawa langsung, dimasukkan ke bagasi, apakah bisa Pak? Mungkin Bapak bisa share pengalamannya.

      Terima kasih

    • 1. Yup benar mas, itu jenis layanan pengiriman untuk menguji kesabaran. Secara kualitas rata – rata sama saja kok mas.
      2. Saya coba cari di internet ternyata sulit juga ya menemukan referensinya. Isi saja sebagai hadiah dan misal anda diminta mengurus pajaknya di Jepang bilang saja untuk penggunaan sendiri. Semoga bisa dinegosiasi.
      3. Itu kalau kena pajak sih mas, dan 5% termasuk rendah kalau dibandingkan Indonesia. Haha. 😀
      4. Kalau di bagasi pesawat sih membawanya dari Indonesia selama ini tidak masalah mas, yang jadi masalah apakah di Jepang boleh membawa masuk makanan, cairan dan semacamnya? Sama petugasnya minimal ditanyakan itu apa sih, kalau paham biasanya bisa lewat dengan aman.

Tulis komentar...