Cara cek tarif pengiriman paket JNE

JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) merupakan salah satu jasa kurir pengiriman paket yang paling populer di Indonesia, setidaknya setiap penjual online pasti akan menawarkan JNE sebagai opsi nomor 1 dalam mengirimkan barangnya.

Biasanya si penjual akan menawarkan harga dagangannya tanpa menghitung ongkos kirimnya, jadi perhatikan dahulu berapa harga total barang tersebut setelah menambahkan biaya ongkirnya. Bila anda langsung menghubungi si seller dan meminta harga paling murah – jangan lupa menanyakan berapa biaya pengirimannya, menggunakan jasa kurir apa dan berapa beratnya. Anda bisa menggunakan asuransi bila ingin lebih aman lagi, tapi tentu dengan tambahan biaya – asuransi di JNE relatif murah kok, kalau barang yang dibeli sudah jutaan lebih baik anda meminta diasuransikan juga.

Menurut pengalaman pribadi saya ada beberapa seller yang memanipulasi ongkos kirimnya:

  1. Ini bisa dilakukan dengan berat yang tidak sesuai, misal beratnya cuma 1 Kg tapi anda diminta membayar 2 Kg.
  2. Penggunaan layanan yang lebih murah:
    • OKE (Ongkos Kirim Ekonomis) paling murah tapi lebih lama sampainya.
    • REG (Reguler)merupakan yang standar dan tentunya lebih cepat dibanding OKE.
    • YES (Yakin Esok Sampai) adalah yang paling cepat dan termahal, biasanya dalam 1 hari barang sudah ditangan anda.jne-jenis-layanan

Jadi saran saya anda memverifikasi apakah ongkos kirim yang diberikan oleh si penjual memang benar, caranya cukup akses website JNE.

jne

Kemudian cari kotak bertuliskan “CHECK OUR TARIFF NOW”. Isikan kotak FROM dengan kota lokasi penjual dan TO dengan lokasi kota anda sebagai pembeli. Jangan lupa isikan berat barang yang dibeli, minimal berat yang dihitung JNE adalah1 1 Kilogram walaupun beratnya kurang dari itu. Selanjutnya klik Submit dan akan keluar verifikasi CAPTCHA, isikan tulisan yang bisa anda baca tersebut dan klik Submit kembali.

jne-check-our-tariff-now

Akan muncul informasi mengenai tarif JNE untuk pengiriman kota asal ke kota tujuan yang dibedakan berdasarkan jenis layanan seperti OKE, REG dan YES. Juga disertai perkiraan kapan sampainya paket tersebut ke tempat anda di bagian ETD (Estimates Days).

jne-tariff

Setelah anda mengkonfirmasi berapa tarif JNE yang diminta oleh seller anda bisa melanjutkan transaksi, tapi kalau ongkos yang diminta tidak sesuai menurut saya ini sudah lampu kuning karena si penjual mencari – cari cara yang tidak baik untuk memaksimalkan keuntungannya. Memang kualitas barangnya bisa baik, tapi kalau ada apa – apa dan si penjual bertipe seperti ini besar kemungkinan akan dipersulit saat ada masalah.

124 pemikiran pada “Cara cek tarif pengiriman paket JNE”

    • Tetap dihitung 1kg mbak:
      JTR Paket IDR 55000
      JTR250 Paket IDR 1200000
      JTR250 Paket IDR 1500000
      OKE Document/Paket IDR 24000 3 – 6 D
      REG Document/Paket IDR 28000 2 – 3 D
      YES Document/Paket IDR 30000 1 – 1 D

    • Ini mas:
      Nama Layanan Jenis Kiriman Tarif ETD(Estimates Days)
      JTR Paket IDR 60000
      JTR250 Paket IDR 1600000
      JTR250 Paket IDR 2200000
      OKE Document/Paket IDR 19000 2 – 3 D
      REG Document/Paket IDR 22000 1 – 2 D
      SPS Document/Paket IDR 483000
      YES Document/Paket IDR 34000 1 – 1 D

  1. maz klo kirim hp iphone dri jakarta ke sidoarjo hnya dalam 2 hari…lewat JNE itu brp… apkh benar ongkos kirimnya 125000 maz… ktanya sgtu betulkah…

    Balas
  2. Kalau same day service dari semarang ke surabaya bisa gak ya hari minggu? Trus packing kayu kena berapa? Barangnya hp

    Balas

Tulis komentar...