Cara cepat membuka Network Connections di Windows

Network Connections merupakan salah satu bagian penting dalam Windows untuk setting jaringan baik menggunakan kabel maupun wireless. Dari pengalaman saya tampaknya banyak yang kesulitan dalam mengakses langsung Network Connections karena memang cukup banyak tombol yang harus diakses dan lokasinya sendiri bisa berbeda tergantung jenis Windowsnya.

Karena saya sendiri bukan orang yang rajin menghapalkan perbedaan setiap jenis Windows (baik XP, Server, Vista, 7, 8, dan 10) dalam letak Network Connections maka saya cuma mengandalkan satu cara pasti yang bisa dilakukan semua jenis Windows yang pernah saya coba.

Bagaimana caranya? Saya menggunakan perintah yang dijalankan melalui Run dialog, tinggal tekan tombol shortcut Windows+R, kemudian isikan perintah ncpa.cpl dan tekan ENTER.

windows-7-run-ncpa-cpl

Maka akan langsung muncul jendela Network Connections yang berisi jaringan yang ada di komputer anda, baik yang aktif maupun tidak.

windows-7-network-connections

Dari sini anda bisa mengganti alamat IP, mengubah DNS server yang dipakai untuk menghindari blokir, dan masih banyak lagi.

Kalau ditotal dengan cara ini cukup 2 langkah saja dan akan langsung ke tujuan sehingga bisa dikatakan sebagai cara cepat membuka Network Connections Windows. Alternatifnya anda bisa mengakses Control Panel untuk membuka hal yang sama dan sedikit lebih banyak langkahnya. Tapi keduanya masih lebih cepat daripada klik pada icon LAN/Wireless di system tray dan mengikuti arahannya.

3 pemikiran pada “Cara cepat membuka Network Connections di Windows”

Tulis komentar...