Cara cepat membuka System Properties

System Properties adalah lokasi dimana kita bisa mengubah nama komputer, melihat hardware yang di Windows melalui Device Manager, mengatur performa Windows, mengubah profil user, mengatur System Restore dan masih banyak lagi. Kalau di Windows tinggal klik kanan pada icon My Computer dan pilih Properties untuk mengaksesnya, maka pada Windows 7 bertambah satu lagi langkahnya dengan mengklik Advanced system settings.

Karena versi Windows yang berbeda – beda maka biasanya memang akan ada perbedaan baik secara visual maupun lokasi fitur tertentu. Karena System Properties ini bisa dikatakan cukup penting perannya dan karena saya malas menghapalkan dimana saja lokasinya pada setiap jenis Windows maka saya cuma menghapalkan satu cara pasti dan kalau sudah terbiasa akan jauh lebih cepat.

Bagaimana caranya? Langsung saja jalankan Run command dengan menekan tombol shortcut Windows+R dan isikan sysdm.cpl kemudian ENTER.
windows-7-run-sysdm-cpl
Dan akan langsung muncul jendela System Properties. Mudah dan cepat bukan? 🙂

windows-7-system-properties

Alternatifnya kalau anda kebingungan mencarinya adalah dengan membuka Control Panel Windows karena ini adalah salah satu komponennya.

Sedikit update, karena penggunaan Windows sudah terlalu terbiasa saya baru sadar ada 2 hal yang bisa disebut System Properties di Windows. Satunya adalah untuk menampilkan spesifikasi singkat dari komputer terinstall.

Kalau anda perlu akses fitur ini, maka bisa lewat Control Panel > System > About. Nanti akan muncul informasi seperti gambar diatas. Atau cara cepatnya copy tulisan berikut: Control Panel\System and Security\System dan paste-kan di address bar Explorer kemudian ENTER.

Device name UTEKNO
Processor Intel(R) Core(TM) i5-5200U CPU @ 2.20GHz 2.20 GHz
Installed RAM 12,0 GB
Device ID 902171A3-2BD3-40B0-82E2-912D345B6780
Product ID 00331-12345-67891-AA876
System type 64-bit operating system, x64-based processor
Pen and touch No pen or touch input is available for this display

Tidak terlalu mendetail memang, bisa dicopas tapi. Tapi untuk informasi lengkap mengenai sistem operasi dan hardwarenya memang lebih baik pakai aplikasi khusus untuk itu: CPU-Z atau Speccy bisa dicoba.

3 pemikiran pada “Cara cepat membuka System Properties”

Tinggalkan komentar